5 Manfaat Kincir Air untuk Kehidupan Masyarakat

Berikut 5 manfaat kincir air dalam kehidupan sehari-hari yang dapat diterapkan dengan mudah.
Image title
14 Oktober 2021, 16:39
Warga menggunakan manfaat kincir air tradisional berbahan bambu di Kalinegoro, Magelang, Jateng, Minggu (4/10/2020). Kincir air bambu atau Jinontrot biasa digunakan petani setempat saat musim kemarau untuk menaikkan air dari sungai ke persawahan yang leta
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Warga menggunakan manfaat kincir air tradisional berbahan bambu di Kalinegoro, Magelang, Jateng, Minggu (4/10/2020). Kincir air bambu atau Jinontrot biasa digunakan petani setempat saat musim kemarau untuk menaikkan air dari sungai ke persawahan yang letaknya lebih tinggi.

Manfaat kincir air sudah banyak dirasakan pada kehidupan manusia. Mulai dari irigasi atau pengairan untuk pertanian, sumber listrik, hingga objek wisata.

Mengutip dari Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, litbang.pu.go.id, kincir angin merupakan alat berbentuk lingkaran yang dibangun di sungai.

Alat ini berputar pada sumbunya karena adanya dorongan aliran air sungai yang cukup deras. Sejalan dengan berputarnya kincir, alat ini sekaligus mengambil air dari sungai dan menumpahkannya ke talang/ penampung air. Selanjutnya air dari talang didistribusikan secara ke daerah yang membutuhkan.

Energi Kincir Air

Energi gerak yang dihasilkan kincir air cukup kuat. Karena kekuatan tersebut, energi gerak dari perputaran kincir air ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk pembangkit tenaga listrik.

Aliran air yang lebih cepat, seperti air terjun dan arus sungai, dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar pula untuk memutar kincir air. Kincir air yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik adalah kincir raksasa yang disebut turbin. Alat ini memiliki berat mencapai ribuan ton dan dilengkapi dengan mesin yang disebut generator dan dirancang untuk menghasilkan energi sebanyak mungkin.

Arus air akan mendorong baling-baling agar turbin berputar. Perputaran tersebut dihubungkan ke generator yang mengubah energi mekanik menjadi listrik. 

Pemanfaatan Kincir Air

1. Membantu Pengairan dan Irigasi

Bila pergi ke pedesaan dengan pertanian sebagai sumber mata pencaharian utama, kita akan dengan mudah menemukan saluran irigasi di setiap sisi jalan. Namun, tidak semua sawah kebagian jatah air, terutama yang berada jauh dari saluran irigasi.

Sawah yang letaknya cukup jauh dari sumber air biasanya mengandalkan air hujan. Sawah ini hanya berproduksi saat musim hujan, karena pasokan air mencukupi untuk mengairi sawah sehingga lahan kurang produktif.

Dengan menggunakan kincir air saluran irigasi bisa dialiri air hingga ke sawah-sawah. Sehingga kebutuhan air untuk irigasi tercukupi dan sawah lebih produktif.

2. Menjadi Pompa Penyalur Air

Kincir air juga dapat dimanfaatkan untuk menyalurkan air ke berbagai tempat yang membutuhkan seperti ke kolam ikan atau kolam penampungan. Selanjutnya digunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk sumber air bersih yang didistribusikan ke rumah-rumah penduduk. Sehingga masyarakat yang lokasinya jauh dari sumber air juga bisa mendapatkan akses air.

3. Energi Alternatif Pembangkit Listrik

Proses kerjanya aliran air akan menggerakkan kincir air yang kemudian menggerakkan generator sehingga dihasilkan energi listrik.

Walaupun masih sangat sederhana dan bergantung pada tekanan dan aliran air namun energi listrik yang dihasilkan ramah lingkungan karena memanfaatkan apa yang ada di alam. Berbeda dengan pembangkit listrik lain seperti pembangkit listrik yang menggunakan minyak bumi, batu bara, atau gas alam sebagai bahan bakar yang tidak ramah lingkungan.

Pemanfaatan kincir  air sebagai pembangkit listrik sudah banyak digunakan di dunia. Hydroelectric atau tenaga air dari bendungan sungai dapat menyumbang 19% kebutuhan listrik dunia. Bahkan di Kanada mencapai 61%.

4. Membantu Proses Pengolahan Kayu

Pengolahan kayu dalam skala besar juga banyak yang memanfaatkan energi dari kincir air. Industri memanfaatkan kincir air untuk proses pemotongan kayu lebih cepat. Pemanfaatan kincir air lebih efektif dan efisien untuk pengolahan kayu, dibandingkan memotong dengan cara manual atau menggunakan mesin berbahan bakar fosil. Energi kincir air lebih murah karena tidak menggunakan bahan bakar, serta ramah lingkungan.

5. Menjadi Objek Wisata

Pesona kincir air juga dapat dijadikan objek wisata sehingga menjadi potensi pemasukan tambahan bagi suatu daerah. Apalagi jika pemandangan di sekitar sumber air seperti sungai dan air terjun sangat indah, dengan penataan dan perawatan yang baik dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Pemerintah daerah juga dapat meningkatkan infrastruktur menuju tempat wisata seperti memudahkan akses jalan, membangun penginapan atau hotel yang memadai, dan lain sebagainya sehingga wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung.

Apalagi, keberadaan kincir air bukan suatu hal yang lazim ditemukan di suatu daerah. Sehingga bagi sebagian masyarakat, melihat kincir air dapat menjadi hiburan tersendiri. Baik hanya untuk sekedar diamati atau juga untuk berfoto dan diunggah di media sosial.

Demikianlah definisi dan manfaat kincir air yang dapat dipelajari dan dipraktikkan di rumah. Dengan keberadaan kincir air, maka dapat menjadi salah satu penyumbang energi alternatif sebagai pengurang emisi karbondioksida yang dihasilkan dari energi fosil. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait