5 Manfaat Kincir Air untuk Kehidupan Masyarakat

Image title
14 Oktober 2021, 16:39
Warga menggunakan manfaat kincir air tradisional berbahan bambu di Kalinegoro, Magelang, Jateng, Minggu (4/10/2020). Kincir air bambu atau Jinontrot biasa digunakan petani setempat saat musim kemarau untuk menaikkan air dari sungai ke persawahan yang leta
ANTARA FOTO/Anis Efizudin/aww.
Warga menggunakan manfaat kincir air tradisional berbahan bambu di Kalinegoro, Magelang, Jateng, Minggu (4/10/2020). Kincir air bambu atau Jinontrot biasa digunakan petani setempat saat musim kemarau untuk menaikkan air dari sungai ke persawahan yang letaknya lebih tinggi.

Manfaat kincir air sudah banyak dirasakan pada kehidupan manusia. Mulai dari irigasi atau pengairan untuk pertanian, sumber listrik, hingga objek wisata.

Mengutip dari Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, litbang.pu.go.id, kincir angin merupakan alat berbentuk lingkaran yang dibangun di sungai.

Advertisement

Alat ini berputar pada sumbunya karena adanya dorongan aliran air sungai yang cukup deras. Sejalan dengan berputarnya kincir, alat ini sekaligus mengambil air dari sungai dan menumpahkannya ke talang/ penampung air. Selanjutnya air dari talang didistribusikan secara ke daerah yang membutuhkan.

Energi Kincir Air

Energi gerak yang dihasilkan kincir air cukup kuat. Karena kekuatan tersebut, energi gerak dari perputaran kincir air ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, antara lain untuk pembangkit tenaga listrik.

Aliran air yang lebih cepat, seperti air terjun dan arus sungai, dapat menghasilkan tenaga yang lebih besar pula untuk memutar kincir air. Kincir air yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik adalah kincir raksasa yang disebut turbin. Alat ini memiliki berat mencapai ribuan ton dan dilengkapi dengan mesin yang disebut generator dan dirancang untuk menghasilkan energi sebanyak mungkin.

Arus air akan mendorong baling-baling agar turbin berputar. Perputaran tersebut dihubungkan ke generator yang mengubah energi mekanik menjadi listrik. 

Pemanfaatan Kincir Air

1. Membantu Pengairan dan Irigasi

Bila pergi ke pedesaan dengan pertanian sebagai sumber mata pencaharian utama, kita akan dengan mudah menemukan saluran irigasi di setiap sisi jalan. Namun, tidak semua sawah kebagian jatah air, terutama yang berada jauh dari saluran irigasi.

Sawah yang letaknya cukup jauh dari sumber air biasanya mengandalkan air hujan. Sawah ini hanya berproduksi saat musim hujan, karena pasokan air mencukupi untuk mengairi sawah sehingga lahan kurang produktif.

Dengan menggunakan kincir air saluran irigasi bisa dialiri air hingga ke sawah-sawah. Sehingga kebutuhan air untuk irigasi tercukupi dan sawah lebih produktif.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement