Pembangkit Kincir Angin Sidrap Tahap 2 Siap Beroperasi 2019

Image title
3 Juli 2018, 13:41
Pembangkit Tenaga Angin
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe
PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sindereng Rappang (Sidrap) tahap kedua ditargetkan selesai dan dapat beroperasi  tahun depan. Jumlah kincir angin yang akan dibangun lebih sedikit dari tahap pertama yang mencapai 30 unit.

"(PLTB Sidrap) yang kedua nanti, di bawah 30 tower. Total kapasitasnya 65 megawatt (MW)," kata Direktur Utama PT Binatek Reka Energi Erwin Jahja di kawasan PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan, Senin (2/7).

Proyek PLTB tahap kedua ini dikembangkan oleh PT UPC Sidrap Bayu Energi dengan nilai investasi yang dikeluarkan diharapkan tidak sampai US$ 100 juta. PT UPC Sidrap Bayu Energi merupakan konsorsium perusahaan yang terdiri dari UPC Renewables Asia I, UPC Renewables Asia III, Sunedison dan Binatek Energi Terbarukan.

(Baca: Diresmikan Jokowi, PLTB Sidrap Bisa Alirkan Listrik ke 70.000 Rumah)

Erwin memastikan harga jual listrik pada PLTB yang rencananya mulai dibangun tahun ini, di bawah 7 sen dolar per kilowatt jam (kWh). Harga jualnya lebih rendah dari PLTB tahap pertama yang mencapai 11 sen/kWh dengan kontrak selama 30 tahun.

Erwin mengaku pihaknya tidak masalah dengan harga jual listrik yang begitu murah. Menurutnya harga jual ini masih sesuai dengan keekonomian PLTB tersebut. "Pokoknya dengan catatan harus punya kapasitas yang besar juga. Kalau kapasitasny kecil, tidak bisa," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...