Ikan Aligator dan Jenis Lainnya yang Dilarang di Indonesia

Image title
18 Oktober 2021, 12:32
Ikan aligator.
Pexels.com
Ikan aligator.

Ikan aligator (alligator gar) merupakan ikan berbahaya karena memiliki sifat invasif. Ikan ganas ini dapat tumbuh dengan cepat dan mengancam satwa endemik lainnya.

Ikan dengan nama ilmiah Atractosteus spatula ini memiliki kemampuan adaptasi dengan berbagai salinitas dari danau air tawar, payau, rawa-rawa, muara, dan teluk. Ikan aligator memiliki kantung renang yang terhubung ke usus oleh saluran unik, sehingga memungkinkan untuk menelan udara dari permukaan dan hidup di air dengan kadar oksigen yang rendah.

Habitat dan Mangsa Ikan Aligator

Mengutip National Geographic, ikan dengan habitat asal Sungai Amazon Amerika Serikat ini bisa memiliki panjang hingga 3 meter dan berat mencapai 158 kilogram (kg). Ikan bergigi tajam dan kepala lebar menyerupai buaya ini merupakan spesies air tawar terbesar yang hidup di wilayah Amerika Utara.

Walaupun berpotensi mengancam ekosistem, ikan yang diperkirakan muncul pertama kali pada 157 juta tahun yang lalu ini nyatanya tidak menyerang atau memangsa manusia jika tidak ada ancaman. Namun, telurnya yang berfungsi sebagai mekanisme pertahanan berbahaya jika dikonsumsi.

Ikan yang bisa hidup hingga usia 50 tahun ini biasanya memangsa ikan lainnya, kura-kura kecil, kepiting biru, burung, unggas air, hingga mamalia kecil.

Sebelum menerkam mangsanya, alligator gar biasanya akan menunggu beberapa meter di bawah permukaan air, setelah mengunci target, dengan gerakan cepat, ikan rakus ini akan menangkap dan menusuk mangsa dengan gigi tajamnya.

Sementara itu, pemangsa alami ikan aligator adalah buaya. Beberapa spesies lainnya juga memangsa ikan-ikan aligator muda.

Jenis Ikan Aligator

Ada beberapa jenis ikan aligator yang hidup di wilayah Amerika Utara, di antaranya:

Alligator gar (Atractosteus spatula)

Lantaran kehilangan habitat dan upaya pemusnahan oleh sebagian orang, ikan berjuluk ‘monster sungai’ ini terancam punah. Beruntungnya, masih ada sejumlah orang melakukan upaya penyelamatan dan pengembangbiakan ikan ganas ini.

Ikan tutul (Lepisosteus oculatus)

Ikan aligator yang hidup di perairan jernih dan bervegetasi ini memiliki bentuk yang mencolok. Ikan ini memiliki badan panjang dengan bintik-binting pada permukaan tubuhnya.

Longnose gar (Lepisosteus osseus)

Ikan dengan bentuk tubuh serta rahang yang ramping ini banyak ditemukan di wilayah selatan Kanada hingga Meksiko. Wujud giginya yang menyerupai kerucut  membuat Longnose gar dapat dengan mudah menangkap mangsanya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...