15 Jenis Ikan Mas Koki Populer Beserta Harganya

Image title
18 Oktober 2021, 14:31
Ikan mas koki goldfish.
Pexels.com
Ikan mas koki goldfish.

Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias yang cukup populer di kalangan kolektor. Kehadiran spesies ini mampu menambah warna serta mempercantik tampilan akuarium.

Ikan dengan nama ilmiah Carassius auratus ini termasuk jenis ikan yang pertama kali berhasil dipelihara dan dibudidaya oleh manusia.

Advertisement

Ikan dengan perawatan cukup mudah ini memiliki tampilan tubuh dengan sirip ekor ganda berbentuk bulat. Ikan mas koki memangsa krustasea, serangga, dan tumbuh-tumbuhan air.

Jenis Ikan Mas Koki

Dari sekitar 300 ras atau varietas, berikut beberapa jenis ikan mas koki yang populer di Indonesia beserta harganya.

1. Ikan Mas Koki Ryukin

Ikan yang berasal dari Jepang ini memiliki bentuk seperti ikan koi. Ikan mas Ryukin memiliki ciri khas bertubuh pendek, berpunuk, dan bersirip lebar.

Ikan dengan nama lain Ribbontail Jepang, Fringetail, Veiltail, dan Fantail ini termasuk jenis mas koki yang langka sehigga dijual dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar Rp75.000 hingga Rp300.000 di beberapa marketplace tergantung ukuran dan warnanya.

2. Black Moor

Sesuai namanya, ikan Black Moor memiliki warna hitam pekat. Bukan cuma itu, ikan ini memiliki ciri khas tekstur yang halus serta mata menonjol.

Ikan dengan nama lain Black Telescope ini bisa tumbuh hingga 15 sentimeter (cm) dengan rentang usia 6-25 tahun. Ikan mas koki Black Moor dibanderol Rp35.000 – Rp130.000 di beberapa marketplace.

3. Bubble Eye

Ikan yang nampak mengemaskan dengan sisi wajah yang mengembang layaknya balon ini memiliki beragam warna, yakni putih, oranye, kuning, hingga hitam. Dengan panjang 3-4 inci, ikan mas Bubble Eye sensitif terhadap benturan. Bahkan, beberapa di antaranya dapat menyebabkan infeksi.

Ikan mas koki Bubble Eye dijual sekitar Rp 130.000.

4. Celestial Goldfish

Mirip seperti Bubble Eye, Celestial Goldfish memiliki ciri khas mata menonjol dengan kepala menyerupai ikan hiu martil dan tidak memiliki sirip punggung. Tampilan tersebut membuatnya diberkahi kemampuan berenang dan penglihatan yang baik.

Ikan mas koki Celestial Goldfish umumnya dijual seharga Rp20.000 hingga Rp250.000 di pasaran.

5. Oranda

Ikan mas koki Oranda memiliki gumpalan kecil menyerupai buah beri di atas kepalanya. Selain itu, ikan ini memiliki sirip di atas badannya, ekor panjang, serta warna putih yang mendominasi.

Ikan dengan warna dan corak yang cantik ini tergolong ikan yang tidak mudah stres. Ikan yang bisa tumbuh hingga 10 cm ini dijual sekitar Rp50.000.

6. Lion Head

Mirip ikan mas Oranda, Lion Head juga memiliki gumpalan di atas kepalanya. Selain itu, ikan ini memiliki ciri khas lain berupa ekor pendek, perut buncit, dan tidak memiliki sirip di atas punggungnya.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement