15 Jenis Ikan Mas Koki Populer Beserta Harganya

Ikan mas koki merupakan jenis satwa air yang cukup banyak diburu pecinta ikan hias. Bentuk dan coraknya yang beragam mampu mempercantik tampilan akuarium. Berikut 15 jenis ikan mas koki dan harganya.
Image title
18 Oktober 2021, 14:31
Ikan mas koki goldfish.
Pexels.com
Ikan mas koki goldfish.

Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias yang cukup populer di kalangan kolektor. Kehadiran spesies ini mampu menambah warna serta mempercantik tampilan akuarium.

Ikan dengan nama ilmiah Carassius auratus ini termasuk jenis ikan yang pertama kali berhasil dipelihara dan dibudidaya oleh manusia.

Ikan dengan perawatan cukup mudah ini memiliki tampilan tubuh dengan sirip ekor ganda berbentuk bulat. Ikan mas koki memangsa krustasea, serangga, dan tumbuh-tumbuhan air.

Jenis Ikan Mas Koki

Dari sekitar 300 ras atau varietas, berikut beberapa jenis ikan mas koki yang populer di Indonesia beserta harganya.

Advertisement

1. Ikan Mas Koki Ryukin

Ikan yang berasal dari Jepang ini memiliki bentuk seperti ikan koi. Ikan mas Ryukin memiliki ciri khas bertubuh pendek, berpunuk, dan bersirip lebar.

Ikan dengan nama lain Ribbontail Jepang, Fringetail, Veiltail, dan Fantail ini termasuk jenis mas koki yang langka sehigga dijual dengan harga yang cukup mahal, yakni sekitar Rp75.000 hingga Rp300.000 di beberapa marketplace tergantung ukuran dan warnanya.

2. Black Moor

Sesuai namanya, ikan Black Moor memiliki warna hitam pekat. Bukan cuma itu, ikan ini memiliki ciri khas tekstur yang halus serta mata menonjol.

Ikan dengan nama lain Black Telescope ini bisa tumbuh hingga 15 sentimeter (cm) dengan rentang usia 6-25 tahun. Ikan mas koki Black Moor dibanderol Rp35.000 – Rp130.000 di beberapa marketplace.

3. Bubble Eye

Ikan yang nampak mengemaskan dengan sisi wajah yang mengembang layaknya balon ini memiliki beragam warna, yakni putih, oranye, kuning, hingga hitam. Dengan panjang 3-4 inci, ikan mas Bubble Eye sensitif terhadap benturan. Bahkan, beberapa di antaranya dapat menyebabkan infeksi.

Ikan mas koki Bubble Eye dijual sekitar Rp 130.000.

4. Celestial Goldfish

Mirip seperti Bubble Eye, Celestial Goldfish memiliki ciri khas mata menonjol dengan kepala menyerupai ikan hiu martil dan tidak memiliki sirip punggung. Tampilan tersebut membuatnya diberkahi kemampuan berenang dan penglihatan yang baik.

Ikan mas koki Celestial Goldfish umumnya dijual seharga Rp20.000 hingga Rp250.000 di pasaran.

5. Oranda

Ikan mas koki Oranda memiliki gumpalan kecil menyerupai buah beri di atas kepalanya. Selain itu, ikan ini memiliki sirip di atas badannya, ekor panjang, serta warna putih yang mendominasi.

Ikan dengan warna dan corak yang cantik ini tergolong ikan yang tidak mudah stres. Ikan yang bisa tumbuh hingga 10 cm ini dijual sekitar Rp50.000.

6. Lion Head

Mirip ikan mas Oranda, Lion Head juga memiliki gumpalan di atas kepalanya. Selain itu, ikan ini memiliki ciri khas lain berupa ekor pendek, perut buncit, dan tidak memiliki sirip di atas punggungnya.

Ikan mas koki Lion Head bisa tumbuh hingga 16 cm dengan varian yang cukup beragam. Di pasaran, ikan hias ini dijual sekitar Rp 15.000 – Rp 50.000.

7. Butterfly Tail

Ekor ikan hias yang satu ini lebar dan cantik layaknya sayap kupu-kupu. Dengan campuran warna hitam, merah, oranye, dan putih pada tubuhnya, ikan ini bisa tumbuh hingga 5-7 cm.

Ikan mas koki Butterfly Tail tergolong ikan hias mahal, yakni sekitar Rp100.000. Bahkan, di beberapa marketplace, sejumlah pedagang menjajakan Butterfly Tail dengan harga hingga Rp700.000.

8. Mutiara

Diberi nama Mutiara karena ikan ini memiliki bentuk tubuh bulat seperti mutiara. Ikan hias yang satu ini memiliki sisik menonjol dengan sirip-sirip kecil di bagian atas, samping, dan bawah tubuhnya.

Walaupun memiliki warna umum, beberpaa ikan mas koki Mutiara memiliki corak warna yang tidak biasa, seperti hitam dengan corak oranye maupun kuning. Dengan panjang antara 5-7 cm, ikan hias populer ini dijual Rp10.000 – Rp50.000.

9. Komet

Ikan mas koki Komet memiliki ciri khas berupa sirip yang menonjol dan ekor panjang mencapai tiga perempat ukuran tubuhnya. Ikan yang berasal dari Washington pada akhir 1800an ini memiliki banyak variasi, seperti oranye metalik.

Di pasaran, ikan ini biasa dijual dengan kisaran Rp1.500 – Rp5.000.

10. Shubunkin

Ikan hias Shubunkin memiliki tubuh ramping dengan ciri khas berupa corak pada permukaan tubuhnya dengan warna hitam, putih, dan oranye. Semakin bervariasi coraknya, semakin mahal harganya. Umumnya, ikan mas koki Shubunkin dijual dengan harga Rp25.000 per ekornya.

11. Ranchu

Ikan mas koki Ranchu tergolong baru di Indonesia. Spesies ini memiliki ciri khas badan bungkuk dan tidak memiliki sirip pada bagian atas badannya. Selain itu, ikan ini berekor pendek dan memiliki gumpalan kecil di sekitar kepalanya.

Ikan yang bisa tumbuh hingga 30 cm dengan usia hingga 10 tahun ini dibanderol Rp30.000 per ekornya.

12. Watonai

Ikan hias tergolong mewah ini memiliki warna tubuh kuning keemasan dengan bentuk tubuh yang proporsional. Untuk memiliki ikan mas koki Watonai para pecinta ikan hias perlu merogoh kocek lebih dalam yakni sekitar Rp200.000 per ekornya.

13. Meteor

Ikan mas koki Meteor memiliki ciri khas tubuh menonjol ke bawah serta warna hitam, emas, dan perak yang berpadu sebagai daya tariknya. Ikan yang dapat tumbuh mencapai 5-7 cm ini biasa dijual dengan harga Rp10.000 per ekornya.

14. Fancy Panda

Dinamai Fancy Panda karena ikan ini memiliki warna hitam putih seperti panda. Ikan ini memiliki ciri khas tubuh berbentuk bulat dengan panjang 20-30 cm. Ikan yang tergolong langka ini dijual di pasaran seharga Rp100.000 per ekornya.

15. Ikan Mas Koki Mini

Ikan ini memiliki tubuh mungil dan tidak dapat tumbuh besar. Ikan mas koki mini dijual dengan harga bervariasi, yakni Rp20.000 – Rp35.000 per ekornya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait