Keunikan Ikan Dori, dari Bentuk, Rasa, dan Habitatnya

Image title
14 Oktober 2021, 16:22
Penampilan ikan dori yang hidup di air laut
scubaverse.com
Penampilan ikan dori yang hidup di air laut

Ikan dori memiliki nama ilmiah Zeus faber atau dikenal juga sebagai John Dory, St Pierre atau Peter's Fish. Tampilan ikan dori berbentuk lonjong dengan tubuh kurus, rata, dan berwarna hijau keabu-abuan.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian, habitat ikan dori meliputi wilayah Atlantik Timur dari Norwegia ke Afrika Selatan, termasuk Azores, Madeira dan Kepulauan Canary. Ikan ini juga dapat ditemukan di Mediterania, Laut Hitam, Australia, Selandia Baru, Jepang, dan Korea.

Di Indonesia, produk ikan dori fillet yang dijual di pasaran ternyata sering disalahartikan. Ikan dori fillet yang dijual adalah merek dagang dari Vietnam yang terbuat dari daging ikan patin (Pangasius sp.), bukan ikan dori (Zeus faber) yang hidup di laut.

Pernyataan tersebut diterangkan oleh Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), Nilanto Perbowo, melalui siaran pers Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang diterbitkan dalam situs kkp.go.id.

Lantas, apa itu ikan dori? Simak penjelasan berikut ini.

Keunikan Ikan Dori

Merujuk pada publikasi Oceana, ikan dori adalah ikan laut yang termasuk predator aktif. Spesies ini memakan berbagai jenis ikan dan invertebrata. Ikan ini hidup dalam kisaran kedalaman mulai dari lima meter hingga 360 meter.

Jenis ini biasanya tinggal di dekat dasar laut. Panjangnya mencapai 65 sentimeter dengan berat mencapai lima kilogram. Ia memiliki 10 duri panjang pada sirip punggungnya dan empat duri pada sirip duburnya.

Sekeliling tubuh ikan ini dipenuhi sisik mikroskopis dan tajam. Siripnya berduri dan berwarna kehitaman. Uniknya, ikan dori memiliki kepala yang tampak tidak biasa karena besar dan berduri dengan mata di dekat bagian atas kepalanya.

Ketika spesies ini berusia tiga hingga empat tahun, mereka siap untuk bereproduksi. Ini terjadi sekitar akhir musim dingin. Ikan ini termasuk penghambur substrat. Artinya, mereka melepaskan sperma dan telur ke dalam air untuk pembuahan. Masa hidup mereka mencapai sekitar 12 tahun di alam liar.

Rasa Ikan Dori

Dilansir dari situs Australian Fisheries Management Authority, ikan dori memiliki daging yang segar dan berwarna putih. Rasa ikan ini dominan manis dengan tekstur halus. Ikan ini bisa dikonsumsi dengan cara dipanggang, dibakar, digoreng, dikukus atau direbus.

Dalam konsumsi, produk ikan dori fillet yang halus dan rapuh seringkali dilapisi atau dibungkus dengan kertas timah untuk dimasak. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan bentuk dan tekstur ikan sehingga tidak hancur ketika diolah.

Berkurangnya Spesies Ikan Dori

Menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam atau International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), ikan dori berperan penting secara komersial, rekreasi, dan dalam habitat akuarium. Namun, tidak ada upaya konservasi khusus untuk spesies ini.

Di sekitar wilayah Mauritania, jenis dori mengalami tingkat penurunan biomassa sebesar 7% selama 24 tahun. Hal tersebut terjadi karena ikan dori terus dieksploitasi secara besar-besaran di Mauritania.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...