8 Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Sehat dan Indah

Memelihara rambut dapat dilakukan dengan memberikan nutrisi yang cukup, salah satunya dengan menggunakan minyak zaitun. Simak manfaat minyak zaitun untuk rambut berikut ini.
Image title
26 Juli 2021, 20:51
Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut Sehat dan Indah
pixabay.com
Ilustrasi minyak zaitun untuk rambut

Nutrisi untuk rambut sehat dapat dipenuhi menggunakan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah menjaga kekuatan rambut. Dengan berbagai kandungan seperti vitamin E dan K yang baik untuk kesehatan rambut.

Rambut sehat memerlukan kelembapan dan nutrisi yang cukup. Seringkali, rambut tidak mendapatkan nutrisi cukup karena sering ditata menggunakan alat, pemrosesan kimia, surfaktan dalam sampo, dan polusi di kehidupan sehari-hari.

Tak hanya itu, minyak zaitun memiliki manfaat untuk mencegah kerusakan pada rambut akibat radikal bebas. Kulit kepala memiliki folikel rambut yang dapat tersumbat karena radikal bebas, sedangkan kandungan antioksidan dan antijamur pada minyak zaitun mampu mencegah hal tersebut.

Minyak zaitun cocok untuk orang-orang yang memiliki rambut keriting atau sangat kering. Ini karena, tekstur rambut tersebut secara alami lebih cepat kehilangan kelembapan dan mudah kusut sehingga memerlukan banyak nutrisi yang terkandung dalam minyak zaitun.

Advertisement

Jenis minyak zaitun untuk rambut

Ada beberapa jenis minyak zaitun yang dapat digunakan untuk rambut yaitu:

  1. Extra virgin olive oil, merupakan jenis minyak zaitun yang paling sehat. Berasal dari ekstraksi  menggunakan metode alami yang menjaga kemurnian serta mengandung 0,8% keasaman.
  2. Virgin olive oil, jenis ini kualitasnya sedikit lebih rendah dari extra virgin, mengandung sekitar 1,5% keasaman.
  3. Olive oil, jenis ini sudah diolah dan dicampur dengan bahan lain sehingga tidak murni dan kekurangan antioksidan.

Untuk merawat rambut, jenis minyak zaitun yang disarankan adalah jenis extra virgin olive oil karena kandungannya masih murni dan terjaga, sehingga dapat memberikan nutrisi pada rambut secara maksimal. Adapun manfaat minyak zaitun untuk rambut adalah sebagai berikut.

1. Memelihara rambut

Minyak zaitun memiliki manfaat sebagai pelembab dan mencegah kekeringan pada rambut. Terutama ketika rambut terpapar sinar matahari, kandungan pada minyak zaitun mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk rambut.

2. Menenangkan kulit kepala

Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menenangkan kulit kepala Anda karena mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Kandungan tersebut membantu mengurangi rasa gatal, mengatasi kekeringan, melawan ketombe dan melancarkan folikel rambut yang tersumbat. 

3. Mengatasi rambut rontok

Penyebab utama rambut rontok adalah hormon dihidrotestosteron yang menyerang folikel rambut dan melemahkan rambut. Minyak zaitun memiliki manfaat untuk menghambat produksi hormon tersebut, sehingga membantu mengurangi rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

4. Mengatasi rambut kusut

Kaya nutrisi dan vitamin, minyak zaitun memiliki manfaat untuk mengatasi rambut kusut karena teksturnya yang licin. Selain itu, kandungan asam lemak omega 6 dapat menjadi pelumas yang ideal untuk rambut. Mampu mencegah kekusutan, minyak zaitun dapat menutrisi rambut secara mendalam sehingga rambut menjadi lembut dan berkilau. Untuk mengatasi rambut kusut, hangatkan semangkuk kecil minyak dalam microwave atau di atas kompor selama beberapa detik lalu oleskan pada rambut kusut.

5. Mencegah kerusakan rambut

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Kandungan antioksidan tersebut dapat mencegah kerusakan pada rambut akibat radikal bebas seperti polusi udara.

6. Mempercepat pertumbuhan rambut

Minyak zaitun mengandung protein, antioksidan, dan antimikroba yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Pemakaian minyak zaitun secara rutin dapat memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan sehingga rambut menjadi kuat dan sehat.

7. Menebalkan rambut

Manfaat lain dari minyak zaitun adalah membuat rambut Anda tebal karena minyak zaitun memiliki asam lemak omega 6 yang berfungsi menebalkan helai rambut. Tak hanya itu, asam lemak omega 6 juga dapat memperbaiki tekstur rambut sehingga lebih mudah diatur dan tidak kasar.

8. Mengatasi rambut bercabang

Minyak zaitun dapat membantu menghaluskan ujung rambut yang bercabang, rusak, atau terbakar. Kandungan vitamin dan asam lemak omega 6 dalam minyak zaitun bermanfaat memperbaiki ujung rambut. Caranya, oleskan sedikit minyak zaitun pada ukuran 5 cm terakhir dari ujung rambut.

Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut

Minyak zaitun dapat digunakan untuk rambut dengan cara berikut:

  1. Gunakan sekitar 1/8 hingga 1/4 cangkir minyak zaitun atau sesuai ukuran kulit kepala dan panjang rambut. Jangan gunakan terlalu banyak karena dapat membuat rambut terlalu berminyak dan tidak terserap dengan baik.
  2. Gosokkan kedua telapak tangan tangan Anda untuk menghangatkan minyak.
  3. Pijat minyak perlahan dan lembut ke kulit kepala Anda. Berikan perhatian khusus pada ubun-ubun kepala agar minyak dapat meresap hingga akar rambut. Oleskan juga minyak zaitun ke ujung rambut untuk membantu memperbaiki ujung rambut bercabang.
  4. Tutupi rambut Anda dengan shower cap atau handuk dan biarkan meresap ke kulit kepala setidaknya selama 15 menit.
  5. Setelah 15 menit, cuci rambut dengan air hangat dan sampo favorit Anda. Hindari penggunaan air panas karena dapat merusak rambut.

Dengan pemakaian minyak zaitun secara rutin, rambut dapat tumbuh dengan sehat serta mencegah kerusakan. Demikian manfaat minyak zaitun untuk rambut serta cara menggunakannya untuk rambut.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait