Kenali 6 Jenis Rambut Rontok ini, Agar Terhindar dari Kebotakan

Image title
21 Oktober 2021, 17:42
Kenali 6 Jenis Rambut Rontok ini, Agar Terhindar dari Kebotakan
Pixabay
Ilustrasi Rambut Rontok

Memiliki rambut indah tentu menjadi idaman baik bagi pria maupun wanita. Namun, keindahan rambut memiliki kendala pada kerontokan yang berakibat pada kebotakan. Tentunya hal itu harus dihindari karena kebotakan akan membuat citra penampilan menjadi menurun.

Namun ternyata rambut rontok tidak hanya ada satu jenis saja. Ada beberapa jenis rambut rontok yang kerap dialami oleh masyarakat. Jenis-jenis kerontokan rambut ini harus dipahami agar mendapat penanganan secara memadai dan efektif.

Berikut jenis rambut rontok yang sering dialami dan tips mengatasinya:

1. Jenis yang Paling Normal, Alopecia Inolusional

Jenis rambut rontok yang pertama adalah Alopecia Inolusional, jenis ini yang paling sering dialami manusia. Pada dasarnya, rambut memang akan makin menipis seiring bertambahnya usia.

Ini disebabkan oleh semakin banyak folikel yang masuk dalam fase istirahat dan tidak menumbuhkan rambut baru lagi. Kerontokan jenis ini langsung dari akarnya, jadi bukan karena rambut yang patah.

Namun, kerontokan ini tidak terlalu banyak sehingga jatuhnya hanya 1 atau 2 helai rambut saja. Kamu bisa menjaga kesehatan rambut dengan rutin memberikan vitamin rambut dan mengonsumsi makanan sehat.

2. Jenis dari Faktor Genetik, Alopecia Androgenik

Jenis rambut rontok yang kedua adalah alopecia androgenik. Adapun penyebabnya adalah faktor genetik dan jamak dialami oleh pria dan juga wanita.

Pada pria, biasanya mereka akan mengalami kerontokan di usia 20-an, sedangkan wanita yang mengalami kerontokan jenis ini akan dimulai pada usia 40-an.

Gejala awal merupakan munculnya jerawat dan menstruasi yang tidak teratur. Kondisi ini disebabkan oleh kelebihan atau ketidakseimbangan hormon.

Untuk lebih lanjutnya, kamu bisa meminta bantuan profesional agar mendapat penanganan yang tepat.

3. Jenis Alopecia Areata hanya Menyerang di Bagian Kepala Tertentu

Jenis rambut rontok yang ketiga yaitu Alopecia Areata. Di tahap ini Kerontokan jenis ini biasanya terjadi pada masa anak-anak dan remaja. Tandanya, terjadi kerontokan besar-besaran namun hanya di area tertentu.

Saat kondisi ini terjadi, mereka akan mengalami kebotakan yang cukup terlihat. Ini dikarenakan, hanya 90% akar rambut yang bisa kembali tumbuh. Itupun akan tumbuh dengan jangka waktu yang cukup lama.

Penyebab terjadinya kerontokan jenis ini adalah saat seseorang mengidap penyakit autoimun.

4. Jenis yang Menyerang ke Seluruh Bagian Rambut Tubuh

Jenis rambut rontok yang keempat tergolong cukup mengerikan. Jika Anda mengalami kerontokan jenis alopecia universalis, maka semua bulu dan rambut di tubuh Anda bisa ikut menjadi rontok.

Selain rontok rambut, rontok juga terjadi pada alis, bulu mata, ketiak, punggung, dan kaki.

Ada banyak penyebab kenapa seseorang bisa mengalami kerontokan ini. Beberapa di antaranya adalah faktor genetis, trauma, infeksi virus, ketidakseimbangan hormon, atau stres.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...