Cara Membuat Link Google Drive yang Singkat dan Mudah Diingat

Berikut cara membuat link Google Drive yang singkat dan mudah diingat dan bisa dibagikan kepada orang lain.
Image title
22 Oktober 2021, 17:10
Ilustrasi Cara Membuat Link Google Drive
Pexels.com
Ilustrasi Cara Membuat Link Google Drive

Di masa pandemi Covid-19, banyak pekerjaan yang semual dikerjakan secara langsung kemudian berpindah menjadi daring. Akhirnya pola komunikasi juga berubah, dan teknologi sangatlah dibutuhkan.

File data yang biasa berpindah dari tangan ke tangan juga kini didistribusikan secara daring. Google Drive menjadi salah satu perangkat fasilitas yang memadai. Meski Google Drive juga masih memiliki kendala, terutama bagi para pemula dalam hal teknologi. Link-nya yang panjang terkadang membuat kesulitan untuk disebarkan.

Namun, ada sejumlah cara untuk membuat link Google Drive menjadi singkat dan mudah untuk diingat. Berikut tips untuk membuat link Google Drive menjadi pendek:

1. Siapkan link Google Drive yang ingin Anda bagikan atau perpendek kemudian salin (copy).
2. Buka situs bit.ly.
3. Tempel (paste) link Google Drive yang telah Anda salin tadi pada kolom teks yang telah di sediakan di bit.ly.
4. Klik kolom yang bercentang 'create', dan juga masukkan nama pendek link yang ada.
5. Lanjutkan dengan klik tombol 'save' untuk menyimpan link tersebut.
6. Setelah Anda melewati empat langkah di atas, link google drive kalian akan lebih pendek dan juga bagus jika di lihat.

Advertisement

Menyebar Link Google Drive Secara Privat

Setelah Anda bisa membuat link Google Drive dalam bentuk singkat dan padat, selanjutnya bisa membagikannya ke orang lain, baik secara pribadi (private) atau pun semua orang. Pada tips pertama, Katadata.co.id akan menjelaskan cara membuat link Google Drive secara privat, berikut caranya: 

1. Masuklah terlebih dahulu ke dalam akun google drive yang sudah kalian punya.
2. Klik bagian file atau folder  yang akan dibagikan.
3. Di bagian ini, kalian bisa membagikan sebuah link file kepada alamat Gmail teman Anda.
4. Anda juga dapat mengatur file tersebut bisa diedit atau hanya dilihat saja oleh teman Anda. 
5. setelah file terkirim, Anda akan langsung mendapatkan notifikasi yang berada di bagian pojok kiri bawah.
6. Konfirmasi juga penting kepada orang yang dikirimkan, apakah dia telah menerima file yang Anda bagikan.

Cara Membuat Link Google Drive Bisa Diakses Publik

Cara pembuatan link yang di bagikan secara publik hampir sama dengan pembuatan link yang di bagikan dengan cara private. Tetapi akan ada beberapa perbedaan diantara pembuatan link keduanya. Berikut cara pembuatan link Google Drive untuk pembagian secara publik:

1. Buka aplikasi Google Drive yang kalian punya, setelah masuk klik ikon titik tiga pada sebuah file yang akan dibagikan kepada publik.
2. Lanjutkan pilih pada bagian link, dan gantilah notifikasi non-aktif menjadi aktif (dengan begitu maka secara otomatisnya file tersebut bisa dibagikan secara publik).
3. Kemudian akan muncul tampilan yang meinformasikan bahwa Anda telah membagikan file tersebut kepada publik dan bisa diakses oleh siapa saja.
4. Anda juga dapat kembali mengatur link tersebut dengan siapa saja yang akan memiliki akses untuk link file yang Anda punya.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait