Cegah Keguguran, Ini 10 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Sebagian ibu hamil masih khawatir untuk mengonsumsi buah naga. Namun nyatanya, buah ini justru baik di masa kehamilan, bahkan bisa mencegah keguguran. Berikut 10 manfaat buah naga untuk ibu hamil.
Image title
28 Oktober 2021, 16:15
Manfaat buah naga.
Pexels.com/Md Momtaz Ali
Manfaat buah naga.

Manfaat buah naga diketahui dapat meredakan flu, hingga penyakit kronis seperti radang sendi, kanker prostat, kanker paru, hingga kanker payudara. Bukan cuma itu, buah naga ternyata baik untuk dikonsumsi ibu hamil.

Sekilas tentang Buah Naga

Buah naga atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama pitaya ini merupakan buah dari beberapa jenis kaktus marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan ini kini sudah dibudidayakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.

Berdasarkan sejarah, pada 1870, buah naga dibawa oleh orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sebagai tanaman hias. Di sana, buah naga dianggap sebagai pembwa berkah. Oleh karena itu, buah ini sering diletakan di antara dua patung naga berwarna hijau di atas meja altar, sehingga tampak mencolok.

Dari kebiasaan tersebut, di kalangan orang Vietnam buah ini akhirnya dikenal sebagai thang loy yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai dragon fruit (buah naga).

Advertisement

Nama buah naga merujuk pada buah yang dapat dikonsumsi dari tumbuhan jenis:

  • Hylocereus undatus: buah berwarna merah dengan daging putih.
  • Hylocereus Polyrhizus: buah berwarna merah muda dan berdaging merah.
  • Hylocereus costaricensis: buah naga dengan warna merah, daging merah, dan biji hitam.
  • Selenicereus megalanthus: kulit buah kuning dan daging buah berwarna putih.

Nutrisi Buah Naga

Dalam 100 gram buah naga, terkandung:

  • Vitamin C: 9 mg
  • Vitamin B3: 0,43 mg
  • Vitamin B2: 0,045 mg
  • Vitamin B1: 0,043 mg
  • Niasin: 1,3 mg
  • Riboflavin: 0,044 mg
  • Besi: 0,65 mg
  • Fosfor: 36,1 mg
  • Serat kasar: 0,9 g
  • Kalsium: 8.8 mg
  • Karoten: 0,012 mg
  • Lemak: 0,61 g
  • Protein: 0,229 g
  • dan lain-lain.

Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil

Mengutip Parenting First Cry, ginekolog Rima Sonpal memastikan bahwa buah naga aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan mengandung nutrisi yang baik untuk janin. Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil:

1. Kaya lemak

Kehadiran lemak baik dalam tubuh ibu hamil tidak hanya menyediakan energi untuk menjaga berbagai proses metabolisme, tetapi juga membantu pembentukan otak pada janin.

Buah naga mengandung proporsi lemak yang baik, yang sebagian besar tak jenuh tunggal. Hal Ini menjadikannya sebagai buah yang tepat untuk diet.

2. Pemberi energi

Selain kaya akan lemak, buah naga memiliki banyak karbohidrat di dalamnya yang menjadi sumber energi yang mudah diakses dan dapat langsung ditransfer ke janin.

3. Mengatasi sembelit

Kehadiran serat dalam buah naga menawarkan manfaat untuk masalah sembelit yang acap kali mengincar wanita hamil. Makan buah naga secara teratur akan membantu sistem pencernaan kembali normal.

4. Mencegah infeksi

Terinfeksi mikroba dapat berisiko bagi janin, sebab organisme berukuran kecil ini dapat menemukan jalan ke bayi melalui plasenta. Buah naga memberikan manfaat melakukan regenerasi sel dalam pengobatan luka yang mencegah infeksi dan memasok tubuh anti-jamur dan anti-bakteri untuk mengatasi mikroba dalam tubuh.

5. Membantu perkembangan tulang

Kalsium bukan satu-satunya mineral yang dibutuhkan janin untuk mengembangkan struktur tulang. Fosfor memainkan bagian penting di dalamnya. Keduanya hadir dalam buah naga dengan jumlah yang wajar dan bekerja untuk menjaga kesehatan gigi yang baik pada ibu hamil.

6. Meningkatkan hemoglobin

Zat besi dalam buah naga membantu sel darah meningkatkan kapasitas membawa oksigen dengan meningkatkan kadar hemoglobin. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan anemia pada wanita hamil.

7. Mencegah bayi lahir cacat

Sangat penting untuk memastikan bahwa perkembangan saraf anak berjalan tanpa hambatan. Kelompok vitamin B kompleks yang terkandung dalam buah naga dan dikombinasikan dengan folat memainkan peran penting dalam mengembangkan sistem saraf anak.

8. Mencegah preeklampsia

Hipertensi pada ibu hamil meningkatkan risiko preeklamsia dengan jumlah yang cukup besar. Buah naga membantu menjaga tingkat tekanan darah dan gula darah yang stabil, sehingga menjaga komplikasi yang terkait dengan kehamilan seminimal mungkin.

9. Mencegah keguguran

Buah naga mengandung asam folat yang mampu meningkatkan kekuatan janin sehingga mencegah keguguran, khususnya pada trimester pertama di saat janin belum cukup kuat.

10. Melindungi dari radikal bebas

Dalam jurnal JOJ Nursing and Health Care menunjukan bahwa efek antioksidan dari buah naga merah dapat mencegah risiko penyakit akibat paparan asap rokok pada ibu hamil. Selain itu, sifat antioksidan ini bermanfaat untuk membantu mengatur sintesis kolagen tubuh serta mencegah berbagai masalah persendian dan gusi.

Buah naga umumnya aman untuk dimakan, meskipun penelitian telah melaporkan reaksi alergi yang terisolasi. Gejalanya meliputi pembengkakan lidah, gatal-gatal, dan muntah. Walau begitu, jenis reaksi ini tampak sangat jarang terjadi.

Cara Mempersiapkan Buah Naga

Sebelum membeli buah naga, cobalah untuk menekannya dengan lembut. Pastikan buah tidak terlalu lunak atau lembek. Hindari buah yang memar atau daunnya kering. Hal tersebut menandakan buah terlalu matang. Jika terasa keras saat ditekan, biarkan matang terlebih dahulu.

Untuk menyiapkan buah naga, potong menjadi empat bagian. Kupas kulitnya atau buang dagingnya dengan sendok, sendok es krim, atau melon baller. Jangan makan kulitnya.

Buah naga bisa dimakan dengan berbagai cara, seperti dimasukkan ke dalam salad buah bersama dengan buah-buahan tropis lainnya, digiling menjadi es krim, dijadikan jus, digunakan sebagai topping untuk yogurt, atau dibekukan dan dijadikan smoothie.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait