9 Manfaat Beras Kencur Beserta Cara Membuatnya

Image title
1 November 2021, 16:55
9 Manfaat Beras Kencur Beserta Cara Membuatnya
Pexels.com/Joris Neyt.
Tanaman kencur.

Kencur merupakan tanaman herbal yang sering digunakan sebagai bumbu dapur oleh masyarakat Indonesia. Namun, tanaman rempah yang satu ini juga dipakai sebagai ramuan obat lewat olahan beras kencur.

Ramuan yang terdiri dari kencur, beras, gula, garam, dan buah asam ini lazim dikonsumsi sebagai obat pereda batuk dan penambah nafsu makan. Bukan hanya itu, mengutip buku “Jamu Ramuan Tradisional Kaya Manfaat (2018)” oleh Rifqa Army, saat ini para ilmuan tengah meneliti manfaat rempah ini sebagai insektisida untuk membasmi nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah.

Mengutip penelitian berjudul “Pemanfaatan Curcuma longa dan Kaempferia galanga Sebagai Bahan Pembuatan Jamu Beras Kencur Bagi Ibu Pasca Persalinan” oleh Universitas Gadjah Mada, jamu yang dikenal dengan istilah cakur beras ini sering digunakan masyarakat untuk mempercepat penyembuhan luka pasca melahirkan.

Proses persalinan sering kali mengakibatkan luka jalan lahir. Robekan perineum terjadi pada hampir semua persalinan pertama dan tidak jarang pada persalinan berikutnya. Selain itu, tenaga yang dibutuhkan untuk proses persalinan mengeluarkan jumlah kalori yang tidak sedikit, sehingga tidak jarang ibu-ibu setelah proses persalinan akan mengalami pegal-pegal pada otot-otot tubuh.

Salah satu alternatif untuk menyembuhkan luka perineum akibat robekan adalah dengan mengonsumi beras kencur. Komposisi beras dan rimpang kencur memiliki kandungan senyawa fenolik yang dapat berfungsi sebagai antioksidan dan mampu mengurangi kerusakan sel. Antioksidan dapat menangkap senyawa radikal bebas, mengurangi stres oksidatif, dan menurunkan ekspresi TNF-α penyebab kerusakan pada sel.

Manfaat Beras Kencur

Selain sebagai obat batuk dan mempercepat penyembuhan luka usai melahirkan, jamu beras kencur memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan, di antaranya:

1. Meredakan Diare

Berdasarkan penelitian International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, kandungan zat sitotoksik dan antibakteri pada kencur dapat meredakan gejala diare.

Penelitan tersebut dilakukan pada hewan yang bergejala diare. Hewan ini diberikan ekstrak kencur, dan hasilnya berangsur membaik. Sementara kelompok lain yang tidak diberikan ekstrak kencur tidak menunjukan kondisi serupa.

Meski begitu, manfaat beras kencur untuk meredakan diare masih memerlukan penelitian lanjutan yang dilakukan pada partisipan manusia.

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Ramuan beras kencur juga bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah. Sejalan dengan riset Departemen Farmasi Universitas Tanjungpura yang menemukan bahwa olahan herbal ini mampu menurunkan kadar glukosa darah dan menjaganya tetap normal.

Namun, masih diperlukan penelitan skala besar pada manusia untuk memastikan manfaat dan keamanan beras kencur untuk menjaga kadar gula darah tubuh dalam jangka panjang.

3. Mencegah Sariawan

Sariawan atau lesi mulut adalah kondisi yang disebabkan luka kecil dangkal di dalam mulut atau di dasar gusi. Rasa hangat dan sifat antibakteri dalam olahan beras kencur dapat meringankan gejala sariawan. Selain itu, jamu ini dapat dimanfaatkan sebagai peluruh dahak, pembersih tenggorakan, atau masalah mulut lainnya.

4. Mengobati Infeksi

Manfaat beras kencur lainnya, dapat mengobati infeksi pada tubuh. Zat-zat yang bersifat sebagai antibakteri dalam ramuan herbal ini bisa melawan infeksi atau penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...