13 Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
9 September 2021, 13:55
13 Manfaat Kencur Untuk Kesehatan
pixabay.com

Kencur adalah tanaman herbal yang tumbuh subur di wilayah Asia seperti Cina, Myanmar, Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Kencur dikenal sebagai bumbu masakan populer di Asia. Di beberapa daerah tanaman ini disebut cikur, ceku, cekor, tekur, suha, bataka.

Kencur biasanya digunakan sebagai bumbu dapur dan obat herbal. Kencur juga dimanfaatkan sebagai ramuan obat sampai minuman. Di Indonesia kencur banyak dijual dan harganya terjangkau.

Kencur hampir mirip dengan jahe, kunyit, dan lengkuas. Beberapa tanaman ini memiliki senyawa seperti minyak atsiri, saponin, flavonoid, polifenol. Kencur dipercaya dapat mengobati batuk, muak, pembengkakan, sampai penawar racun. Kandungan nutrisi kencur hampir sama seperti jahe dan kunyit.

Selain akarnya, daun kencur biasanya dimanfaatkan sebagai lalapan dan urap. Sementara bagian rimpang bisa digunakan sebagai kosmetik.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

1. Minyak kelapa dan kencur

Kencur mengandung minyak kelapa untuk meredakan kaki yang keseleo

2. Anti toksin

Antitoksin dalam kencur untuk mengobati keracunan

3. Kencur dibuat jamu

Beras kencur meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah masuk angin

4. Meningkatkan energi

Kencur, jahe, dan kunyit dapat meningkatkan energi. Caranya rebus 2 cm kencur, jahe, dan kayu manis. Minuman hangat ini dianjurkan diminum sebelum tidur.

Kencur dapat meningkatkan energi, kesadaran, membuat tubuh rileks, dan mengatasi kelelahan.

5. Meningkatkan nafsu makan

Kencur dapat meningkatkan nafsu makan karena sifat karminatif. Beberapa suplemen makanan untuk anak juga ada tambahan kencur. Kencur bisa menjadi bumbu penyedap dan baik dikonsumsi anak-anak.

6. Menurunkan kolesterol jahat

Kencur dapat meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Empedu bekerja menyerap nutrisi, termasuk menghilangkan racun dan kolesterol jahat.

7. Sumber antioksidan

Antioksidan dalam kencur bisa mengurangi radikal bebas dan virus. Kencur dan empon-empon bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Obat herbal batuk

Kencur, jahe, kunyit, lengkuas bisa dipakai sebagai obat herbal ketika batuk.

Caranya cuci sampai bersih kencur kemudian kupas dan parut. Serpihan tipis kencur dimasukkan dalam kain dan diperas menjadi air.

Tambahkan jeruk nipis dan madu secukupnya. Kemudian minum obat herbal ini sehari tiga kali sampai batuk mereda.

9. Mengurangi kembung

Kencur bisa mengurangi kembung. Caranya cuci kencur sampai bersih, tambahkan garam secukupnya. Bersihkan lagi kemudian rebus di air hangat.

Cara lain adalah rebus 3 cm kencur dengan gelas air hangat. Tunggu sampai kencur meresap ke air. Kemudian minum larutan ini dua kali sehari untuk mencegah kembung.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...