Mengenal Tawangmangu, Wisata Primadona di Kaki Gunung Lawu

Image title
16 November 2021, 16:00
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (ketuju kiri) melihat pohon sakura saat acara Kunjungan dan Rehabilitasi Hutan di Taman Sakura Lawu, Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (11/7/2020). Taman Bunga Sakura Lawu yang
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/hp.
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya (ketuju kiri) melihat pohon sakura saat acara Kunjungan dan Rehabilitasi Hutan di Taman Sakura Lawu, Cemoro Kandang, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (11/7/2020). Taman Bunga Sakura Lawu yang dibangun PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia pada 2018 tersebut memiliki 60 batang pohon sakura yang telah berbunga dalam dua tahun terakhir dan diharapkan dapat dikembangkan menjadi salah satu objek wisata di lereng Gunung Lawu.

Salah satu destinasi yang paling dicari bagi para warga adalah kawasan puncak atau lereng gunung. Hal itu sebagai bentuk rekreasi sekaligus penyegaran pikiran dan badan dari segala aktivitas sehari-hari yang penat. Oleh karenanya salah satu rekomendasi yang diberikan adalah wisata di lereng Gunung Lawu, Tawangmangu.

Tawangmangu sendiri merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, yakni kecamatan Tawangmangu. Kecamatan ini memiliki beberapa kelurahan dan desa, antara lain:

  • Bandardawung
  • Blumbang
  • Gondosuli
  • Kalisoro
  • Karanglo
  • Nglebak
  • Plumbon
  • Sepanjang
  • Tawangmangu
  • Tengklik

Untuk menuju kecamatan ini para pelancong membutuhkan waktu sekitar satu jam bila berangkat dari Kota Solo. Jangan khawatir soal transportasi, karena saat ini sudah ada banyak fasilitas kendaraan yang bisa memfasilitasi para pelancong. Ada pilihan kendaraan umum seperti bus, angkot hingga persewaan mobil pribadi yang bisa menuju Tawangmangu.

Meski berada di kawasan pegunungan pamor dari Tawangmangu sudah melalang buana hingga luar Indonesia. Daerah wisata tersebut telah dikembangkan sejak zaman Kolonial Belanda mencengkeram Indonesia.

Berwisata ke Tawangmangu bisa sekaligus napak tilas kemegahan bangunan khas Eropa yang masih tersisa. Salah satu objek tujuan wisata adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Wisata air terjun ini memiliki keunikan dengan ketinggian air terjun mencapai 81 meter. Jangan kaget bila saat Anda berkunjung ke tempat wisata ini akan disambut oleh sekawanan monyet dari berbagai penjuru.

Selain itu di tempat tetirah ini, tersedia berbagai sarana pendukung wisata seperti kolam renang dan berbagai bentuk penginapan. Dari Tawangmangu, pendakian ke puncak Gunung Lawu (Pos Cemoro Kandang) dapat dimulai. Selain itu, dari sini terdapat jalan tembus yang menuju ke Telaga Sarangan di Magetan lewat Cemoro Sewu. Di jalanan ini ramai para pengendara motor yang melakukan SUNMORI (Sunday Morining Riding) dari Jawa Tengah menuju Jawa Timur yang sifatnya bergerombol, baik bersama komunitas atau teman sejawat.

Berkunjung ke Tawangmangu, para pelancong akan dimanjakan dengan udaranya yang sejuk, keindahan alam di sekitarnya pun tidak kalah menarik dengan kawasan lain di indonesia. Ditambah lagi saat ini sedang masa perubahan iklim banyak terjadi perubahan suhu drastis dan Tawangmangu masih relatif bisa bertahan dengan udara sejuknya.

Tidak hanya berhenti pada suasananya yang bisa membuat manja, daerah ini terkenal dengan produksi pertanian penghasil sayur mayur selain dari keberadaan objek wisata Air Terjun Gerojogan Sewu.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement