10 Tempat Wisata di Bogor untuk Liburan Keluarga

Image title
28 September 2021, 11:58
Pemandangan Kota Bogor dari ketinggian. Terdapat sejumlah tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi.
pelayanansosial.kotabogor.go.id
Pemandangan Kota Bogor dari ketinggian. Terdapat sejumlah tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi.

Kota Bogor merupakan tujuan wisata yang populer bagi warga Jawa Barat maupun dari luar kota. Bogor mendapat julukan Kota Hujan karena memiliki rata -rata curah tahunan 2.500 – 5.00 mm/tahun, menurut portal resmi Kabupaten Bogor.

Dengan ketinggian 190 sampai 330 m dari permukaan laut, suhu udara rata-rata setiap bulan di Bogor adalah 26°C serta kelembapan udaranya kurang lebih 70%, sehingga menjadikan Bogor sebagai kota yang sejuk.

Advertisement

Saat ini Kota Bogor terdiri atas 6 kecamatan, dan 68 kelurahan. Dengan batas wilayah di sebelah utara adalah Sukaraja, Bojonggede, dan Kemang. Di bagian timur adalah Sukaraja dan Ciawi. Sementara di selatan adalah Cijeruk dan Caringin, sedangkan di barat adalah Kemang dan Dramaga.

Wilayah Bogor dikelilingi oleh pegunungan. Ada tiga gunung yang berada di sekitar kota ini, yaitu Gunung Salak, Pangrango, dan Gunung Gede. Hal tersebut membuat Bogor populer dengan wisata alamnya.

Berikut ragam tempat wisata di Bogor dapat Anda kunjungi.

1. Perkebunan Teh Cianten

Lokasi Perkebunan Teh Cianten berada di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, dan Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Tempat wisata ini dikelola oleh PTPN VIII dengan luas area 857,7 ha.

Letaknya pada ketinggian 800 – 1.000 mdpl dan suhu berkisar antara 19 – 30 derajat Celcius berdampak pada hawa sejuk Perkebunan Teh Cianten. Selain sebagai kawasan perkebunan teh, sebagian wilayah Cianten berupa hutan lindung yang masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Terdapat pabrik pengolahan teh di Perkebunan Teh Cianten. Menurut Kabupaten Bogor, sekitar 70% hasil produksinya diekspor ke luar negri. Namun, pengunjung harus mengajukan izin ke PTPN VIII sebelum berkunjung. 

Dalam area Perkebunan Teh Cianten, terdapat aliran sungai yang airnya jernih dan dingin. Ada pula tempat yang disebut penduduk Pohon Pinus untuk dipakai berkemah dengan panorama aliran air sungai di bawahnya.

Jika akan berkunjung ke Perkebunan Teh Cianten, pastikan roda kendaraan dalam keadaan baik, membawa ban serep, serta isi penuh tangki bahan bakar kendaraan Anda.

2. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan tempat agrowisata dan merupakan taman pameran bunga pertama di Indonesia. Luas taman keseluruhan adalah 34 Ha dan dipenuhi keindahan warna dan bentuk bunga yang indah dari seluruh dunia.

Masa hidup bunga berkisar antara 2 sampai 3 bulan, sehingga setiap kali wisatawan berkunjung, nuansa yang akan ditemui akan selalu berbeda. Dalam Taman Bunga Nusantara, terdapat berbagai gaya taman.

Ada taman bergaya internasional seperti Taman Perancis, Taman Amerika, Taman Mediterania, juga taman klasik seperti taman mawar, taman air, dan lainnya. Selain itu, tempat wisata ini juga memiliki wahana Alam Imajinasi dengan luas 7 Ha yang menarik bagi anak-anak.

3. The Highland Park Resort

The Highland Park Resort Hotel Bogor terletak di Jalan Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Bogor. Hotel ini menawarkan akomodasi yang unik dan modern di Bogor.

Pengunjung dapat menikmati fasilitas hotel seperti lapangan golf kecil, kolam renang, waterpark, serta fasilitas rapat/perjamuan yang lengkap. Tersedia juga Wi-Fi gratis di seluruh areanya.

Semua kamar dilengkapi AC, TV satelit, area untuk duduk bersantai, dan ketel listrik. Kamar mandi pribadinya menyediakan shower, pengering rambut, dan perlengkapan mandi gratis. Dari kamar hotel, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan gunung dari kamar.

Bagi pecinta petualang, terdapat area outbond hotel yang luas dengan pohon rimbun di sekeliling. Resor ini berjarak 30 menit berkendara dari Kebun Raya Bogor, 90 menit berkendara dari Taman Safari, dan 3 jam berkendara dari bandara internasional Soekarno-Hatta.

4. Museum Zoologi

Museum Zoologi Bogor terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Lokasi museum ini berada di dalam Kebun Raya Bogor, atau tepat berada di samping gedung Balai Besar Industri Agro (BBIA).

Bangunan museum berdenah persegi panjang. Untuk masuk ke Museum Zoologi Bogor, pengunjung harus melalui Kebun Raya Bogor terlebih dahulu.

Luas bangunan adalah 756,90 m² di atas lahan seluas 1.500 m² ini. Terdapat sejumlah ruang untuk memajang koleksinya, seperti mamalia, ikan, burung, reptil dan amfibi, moluska, serangga, dan invertebrata lainnya.

Jumlah koleksi yang dipajang dalam ruang pamer Museum Zoologi Bogor meliputi 3,5% jumlah jenis fauna yang terdapat di Indonesia dan 0,05% contoh binatang (spesimen) dimiliki oleh Bidang Zoologi.

Dari semua koleksi yang ada, kerangka paus biru (Balaenoptera Musculus Linnaeus) menjadi objek populer dari Museum Zoologi Bogor. Paus tersebut ditemukan mati terdampar di pantai Pameungpeuk, Priangan Selatan pada bulan Desember 1916.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement