10 Tempat Wisata di Bogor untuk Liburan Keluarga

Berkunjung ke tempat wisata di Bogor dapat menjadi aktivitas dan sarana berlibur bersama keluarga sambil menikmati udara sejuk di kota Bogor.
Image title
28 September 2021, 11:58
Pemandangan Kota Bogor dari ketinggian. Terdapat sejumlah tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi.
pelayanansosial.kotabogor.go.id
Pemandangan Kota Bogor dari ketinggian. Terdapat sejumlah tempat wisata di Bogor yang menarik untuk dikunjungi.

Kota Bogor merupakan tujuan wisata yang populer bagi warga Jawa Barat maupun dari luar kota. Bogor mendapat julukan Kota Hujan karena memiliki rata -rata curah tahunan 2.500 – 5.00 mm/tahun, menurut portal resmi Kabupaten Bogor.

Dengan ketinggian 190 sampai 330 m dari permukaan laut, suhu udara rata-rata setiap bulan di Bogor adalah 26°C serta kelembapan udaranya kurang lebih 70%, sehingga menjadikan Bogor sebagai kota yang sejuk.

Saat ini Kota Bogor terdiri atas 6 kecamatan, dan 68 kelurahan. Dengan batas wilayah di sebelah utara adalah Sukaraja, Bojonggede, dan Kemang. Di bagian timur adalah Sukaraja dan Ciawi. Sementara di selatan adalah Cijeruk dan Caringin, sedangkan di barat adalah Kemang dan Dramaga.

Wilayah Bogor dikelilingi oleh pegunungan. Ada tiga gunung yang berada di sekitar kota ini, yaitu Gunung Salak, Pangrango, dan Gunung Gede. Hal tersebut membuat Bogor populer dengan wisata alamnya.

Berikut ragam tempat wisata di Bogor dapat Anda kunjungi.

1. Perkebunan Teh Cianten

Lokasi Perkebunan Teh Cianten berada di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, dan Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Tempat wisata ini dikelola oleh PTPN VIII dengan luas area 857,7 ha.

Letaknya pada ketinggian 800 – 1.000 mdpl dan suhu berkisar antara 19 – 30 derajat Celcius berdampak pada hawa sejuk Perkebunan Teh Cianten. Selain sebagai kawasan perkebunan teh, sebagian wilayah Cianten berupa hutan lindung yang masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Terdapat pabrik pengolahan teh di Perkebunan Teh Cianten. Menurut Kabupaten Bogor, sekitar 70% hasil produksinya diekspor ke luar negri. Namun, pengunjung harus mengajukan izin ke PTPN VIII sebelum berkunjung. 

Dalam area Perkebunan Teh Cianten, terdapat aliran sungai yang airnya jernih dan dingin. Ada pula tempat yang disebut penduduk Pohon Pinus untuk dipakai berkemah dengan panorama aliran air sungai di bawahnya.

Jika akan berkunjung ke Perkebunan Teh Cianten, pastikan roda kendaraan dalam keadaan baik, membawa ban serep, serta isi penuh tangki bahan bakar kendaraan Anda.

2. Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara merupakan tempat agrowisata dan merupakan taman pameran bunga pertama di Indonesia. Luas taman keseluruhan adalah 34 Ha dan dipenuhi keindahan warna dan bentuk bunga yang indah dari seluruh dunia.

Masa hidup bunga berkisar antara 2 sampai 3 bulan, sehingga setiap kali wisatawan berkunjung, nuansa yang akan ditemui akan selalu berbeda. Dalam Taman Bunga Nusantara, terdapat berbagai gaya taman.

Ada taman bergaya internasional seperti Taman Perancis, Taman Amerika, Taman Mediterania, juga taman klasik seperti taman mawar, taman air, dan lainnya. Selain itu, tempat wisata ini juga memiliki wahana Alam Imajinasi dengan luas 7 Ha yang menarik bagi anak-anak.

3. The Highland Park Resort

The Highland Park Resort Hotel Bogor terletak di Jalan Curug Nangka Sinarwangi, Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Bogor. Hotel ini menawarkan akomodasi yang unik dan modern di Bogor.

Pengunjung dapat menikmati fasilitas hotel seperti lapangan golf kecil, kolam renang, waterpark, serta fasilitas rapat/perjamuan yang lengkap. Tersedia juga Wi-Fi gratis di seluruh areanya.

Semua kamar dilengkapi AC, TV satelit, area untuk duduk bersantai, dan ketel listrik. Kamar mandi pribadinya menyediakan shower, pengering rambut, dan perlengkapan mandi gratis. Dari kamar hotel, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan gunung dari kamar.

Bagi pecinta petualang, terdapat area outbond hotel yang luas dengan pohon rimbun di sekeliling. Resor ini berjarak 30 menit berkendara dari Kebun Raya Bogor, 90 menit berkendara dari Taman Safari, dan 3 jam berkendara dari bandara internasional Soekarno-Hatta.

4. Museum Zoologi

Museum Zoologi Bogor terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Kelurahan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Lokasi museum ini berada di dalam Kebun Raya Bogor, atau tepat berada di samping gedung Balai Besar Industri Agro (BBIA).

Bangunan museum berdenah persegi panjang. Untuk masuk ke Museum Zoologi Bogor, pengunjung harus melalui Kebun Raya Bogor terlebih dahulu.

Luas bangunan adalah 756,90 m² di atas lahan seluas 1.500 m² ini. Terdapat sejumlah ruang untuk memajang koleksinya, seperti mamalia, ikan, burung, reptil dan amfibi, moluska, serangga, dan invertebrata lainnya.

Jumlah koleksi yang dipajang dalam ruang pamer Museum Zoologi Bogor meliputi 3,5% jumlah jenis fauna yang terdapat di Indonesia dan 0,05% contoh binatang (spesimen) dimiliki oleh Bidang Zoologi.

Dari semua koleksi yang ada, kerangka paus biru (Balaenoptera Musculus Linnaeus) menjadi objek populer dari Museum Zoologi Bogor. Paus tersebut ditemukan mati terdampar di pantai Pameungpeuk, Priangan Selatan pada bulan Desember 1916.

5. Kawah Ratu

Kawah Ratu terletak pada ketinggian 1.338 m dpl dengan suhu 10 hingga 20 derajat celcius dan memiliki luas sekitar 30 ha. Kawah Ratu memiliki daya tarik yang unik karena aktivitas geologinya yang terjadi sepanjang hari.

Kepundan di kawah ini selalu mendidih dan mengeluarkan gas asam sulfat (H2S) dengan baunya yang khas dan kadang mengeluarkan suara gemuruh. Sebagai akibat semburan uap air panas, kawasan ini sering dikelilingi oleh kabut.

Di tempat wisata ini, pengunjung dapat melihat kawah dari dekat dan dapat langsung turun ke dasar kawah. Kawah Ratu dapat dicapai melalui jalan setapak dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

6. Taman Safari Indonesia

Tempat wisata ini cocok untuk rekreasi keluarga. Ada beragam fauna menarik yang dapat dijadikan sarana edukasi bagi anak. Taman Safari Indonesia menempati kawasan seluas 55 ha di atas lahan setinggi 800 meter dpl dengan iklim yang sejuk.

Di taman ini, berbagai satwa hidup bebas di dalam lingkungan yang serupa dengan habitat alaminya. WIsatawan dapat menyaksikan satwa dari dekat, seperti singa, harimau, cheetah, beruang hitam Amerika, beruang cokelat, zebra, bison, dan sebagainya.

Sesuai namanya, pengunjung dapat melakukan safari menggunakan kendaraan pribadi sepanjang rute perjalanan di dalam taman. Ada juga bus yang telah disediakan oleh pihak pengelola jika pengunjung tidak membawa mobil pribadi.

Wisatawan dapat berinteraksi dengan memberi makan satwa melalui jendela mobil. Jika sudah berkeliling, pengunjung dapat melihat atraksi hewan yang lucu dan menggemaskan. Semua pertunjukan satwa yang ada di taman ini mempunyai tema pelestarian lingkungan.

Selain itu, berbagai fasilitas lain dapat Anda nikmati, seperti kawasan piknik, children playground, panggung hiburan hewan, kebun binatang mini, dan lain sebagainya.

7. De Voyage

Tempat Wisata De Voyage menawarkan atraksi buatan ala Eropa yang menarik. Pengunjung dapat menikmati suasana seperti berada di Eropa dan berfoto dengan beragam spot yang indah.

Terdapat replika Menara Eiffel, Windmill, Manneken Pis, Big Ben, dan masih banyak lagi. Jika merasa lapar atau lelah, tersedia Coffetable, yaitu cafe yang menarik dengan ruangan dan bangunan yang cantik.

Jika Anda gemar berpetualang, ada wahana Venetian Cano dan House of Games yang seru. Wisatawan yang membawa anak juga dapat menikmati wahana aman anak di Playground.

8. Situ Gede

Situ Gede adalah tempat wisata danau yang dapat diakses melalui Jalan Ir. H. Juanda atau dari Jalan Mayor SL Tobing setelah melewati  pemukiman penduduk. Danau seluas 48 Ha ini cocok untuk pengunjung yang menyukai memancing atau menangkap ikan dengan jala, atau lalayaran naik rakit tradisional dan perahu motor yang tersedia di situ gede.

Ada pula wisata religi berziarah ke Makam Prabu Adilaya yang terletak di tengah-tengah pulau dan dapat dicapai menggunakan rakit dan perahu motor. Pulau tersebut memiliki luas sekitar 1 ha.

Tersedia fasilitas gazebo yang dibangun di pinggir Situ Gede dan di atas bukit sekitar untuk tempat istirahat. Aktivitas lain yang bisa dilakukan yaitu jogging atau bersepeda menggunakan fasilitas jogging track yang ada di tepi selatan dan timur Situ Gede atau melakukan outbond di dan berkemah.

9. Prasasti Ciaruteun

Prasasti Ciaruteun terletak di dalam Situs Ciaruteun, sekitar 19 km sebelah barat daya dari kota Bogor di Desa Ciaruteun Ilir, kecamatan Cibungbulang. Prasasti ini dituliskan pada sebongkah batu andesit berukuran tinggi 151 cm, diameter atas 72 cm, dan diameter bawah 134c m.

Menurut Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya, Prasasti Ciaruteun terdiri atas dua bagian, yaitu Prasasti Ciaruteun-A dan Prasasti Ciaruteun-B. Pada Prasasti Ciaruteun-A terdapat tulisan beraksara Pallawa dan berbahasa Sansekerta sebanyak 4 baris yang disusun dalam bentuk puisi India dengan irama anustubh.

Sedangkan pada prasasti Ciaruteun-B terdapat goresan sepasang telapak kaki dan goresan seperti motif laba-laba yang masih belum diketahui maknanya. Berdasarkan isi prasasti, dapat diperoleh informasi mengenai adanya sebuah kerajaan bernama Tarumanegara dengan rajanya Purnawarman beserta dewa yang dipuja, yakni Dewa Wisnu.

Wisata sejarah ini dapat dijadikan sarana edukasi yang menarik untuk keluarga.

10. Kuntum Nurseries

Pilihan wisata agro yang ada di Kota Bogor adalah Kuntum Nurseries, sebuah agrowisata di daerah Tajur. Tempatnya mudah dijangkau dari lampu merah setelah tol Jagorawi. Kuntum Nurseries menawarkan berbagai tanaman hias menarik.

Saat masuk ke lokasi, mata Anda akan disuguhi dengan pemandangan hijau yang asri dengan udara bersih. Ada banyak jenis tanaman dan bunga yang tertata rapi. Tempat wisata ini menyediakan tanaman hias, tanaman obat, tanaman buah, dan untuk usaha perkebunan/hutan.

Bila berminat, wisatawan dapat membeli tanaman yang berkisar antara Rp 5 - 20.000 per bibit. Selain bibit tanaman, tempat ini juga menjual ikan hias air tawar dan kolam pemancingan. Ada pula fasilitas lain untuk bersantap berupa cafe dan resto.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait