8 Wisata Semarang dengan Suasana yang Menyenangkan

Semarang memiliki keindahan dari segi alam dan bangunan. Terdapat banyak tempat wisata Semarang yang menarik untuk dikunjungi.
Image title
16 November 2021, 13:57
Wisatawan memadati area wisata di Dusun Semilir, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (12/7/2020). Dusun Semilir adalah satah satu wisata Semarang yang banyak dikunjungi.
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww.
Wisatawan memadati area wisata di Dusun Semilir, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (12/7/2020). Dusun Semilir adalah satah satu wisata Semarang yang banyak dikunjungi.

Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata beragam. Menurut data Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, jumlah wisatawan nusantara di Kota Semarang mencapai 252.839 orang pada tahun 2020.

Wilayah Semarang dibagi menjadi Kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Untuk wisata dalam kota, ada kawasan Kota Lama, Pecinan, Lawang Sewu, dan sebagainya. Sedangkan untuk wisata di Kabupaten Semarang didominasi wisata alam yang memanfaatkan lahan luas.

Selengkapnya, simak rekomendasi tempat wisata Semarang berikut ini.

1. Taman Bunga Celosia

Alamat: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Taman Bunga Celosia adalah tempat wisata yang didirikan pada tahun 2017. Di dalamnya, terdapat banyak taman bunga, spot foto, wahana permainan, dan kuliner. Wisata ini cocok untuk semua usia.

Keindahan bunga disini adalah daya tarik utama. Bahkan, pengunjung dapat membeli bunga hias dalam bentuk pot yang disediakan khusus. Wisata Kabupaten Semarang ini mulai dibuka pada pukul 07.30 sampai 17.30 setiap harinya.

Beberapa taman yang dapat dinikmati adalah Little Amsterdam, Little Italia, Little Korea, Japan Village, Marine Park, Lorong Bunga, dan masih banyak lagi. Pengunjung juga dapat menyewa pakaian tradisional hanbok dan kimono untuk berfoto di taman bergaya Korea Selatan dan Jepang.

Tiket masuk Taman Bunga Celosia dihargai Rp20.000 untuk weekday dan Rp25.000 untuk weekend per orang. Di dalam Taman Bunga Celosia juga terdapat Cafe Garden Celosia dengan pemandangan pegunungan.

2. Kota Lama Semarang

Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Saat berkunjung ke Semarang, wilayah Kota Lama merupakan tempat wisata yang tak boleh dilewatkan. Kota Lama Semarang memiliki sejumlah bangunan kuno yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Sebagai upaya pelestarian, Kota Lama dikategorikan sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional menurutSurat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 682/P/2020.

Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan di tempat wisata ini. Deretan kafe yang menjajakan minuman dan makanan dapat dijadikan pilihan untuk melepas lelah. Gereja Blenduk yang ikonik dapat menjadi latar foto yang menarik.

Menurut Kemenparekraf, Kota Lama sudah ramai sejak abad ke-17. Saat itu, kawasan ini merupakan pusat perdagangan di Indonesia. Di abad ke-18 hingga abad ke-19, banyak pedagang Cina dan Arab yang beraktivitas di sini.

Demi menunjang kenyamanan, pengelola menyediakan fasilitas publik yang lengkap dan baik. Mulai dari mushola, jalan, toilet, hingga tempat sampah tersedia dalam jumlah yang memadai dan kondisi yang baik.

3. Kampung Jawi

Alamat: Jl. Kalialang Lama, RT.02/RW.01, Sukorejo, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kampung Jawi merupakan salah satu kampung tematik di Kota Semarang. Potensi yang menjadi daya tarik wisata Kampung Jawi adalah tema kebudayaan Jawa. Pada tahun 2021, Kampung Jawi meraih penghargaan Juara Harapan 3 Kategori Alam dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021.

Di tempat wisata ini, tersedia aneka menu angkringan dengan harga terjangkau, seperti nasi kucing, sate kere, sate telur puyuh, gorengan, wedang rempah, dan masih banyak. Pengunjung dapat menikmati hidangan sambil menikmati suasana pedesaan yang asri.

Tempat makan ini dibuka mulai pukul 17.00 WIB. Saat malam tiba, Kampung Jawi diterangi oleh obor dan petromaks yang menambah syahdu suasana malam. Wisata ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), yaitu lembaga yang didirikan warga desa setempat.

4. Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Alamat: Desa Sidomukti, Jl. Goa Jepang, Jimbaran, Bandungan, Manggung, Jimbaran, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Restoran Pondok Kopi Umbul Sidomukti terletak di dataran tinggi Kabupaten Semarang sehingga udaranya sejuk. Pengunjung dapat memilih area outdoor atau indoor. Dari tempat wisata ini, pemandangan Pegunungan Ungaran terlihat indah.

Kabut terkadang turun dan menambah suasana tentram. Hidangan yang disajikan di restoran ini beragam. Mulai dari kudapan, seperti mendoan dan tahu goreng, hingga makanan utama, seperti nasi dan mie goreng.

Pecinta kopi wajib mencoba olahan kopi disini. Espreso Pondok Kopi terasa lezat dengan cita rasa yang pekat. Olahan minuman lain juga tak kalah nikmat, seperti jus dan teh hangat. Pondok Kopi Umbul Sidomukti buka setiap hari mulai pukul delapan pagi hingga sembilan malam.

5. Dusun Semilir

Alamat: Jl. Soekarno - Hatta No.49, Ngemple, Bawen, Ngemplak, Semarang, Jawa Tengah.

Objek wisata Dusun Semilir di Kabupaten Semarang menawarkan ragam aktivitas yang menarik. Aksesnya bisa dilalui dari berbagai arah, seperti dari pusat Kota Semarang, Jakarta, Yogyakarta atau Boyolali karena tempat wisata ini terletak di pinggir jalan raya utama.

Dusun Semilir buka setiap hari dari Senin hingga Jumat pukul 10.00 - 18.00 WIB. Sedangkan untuk hari Sabtu, Minggu dan tanggal merah buka pukul 09.00 - 19.00 WIB. Pengunjung bisa datang saat pagi ataupun malam hari karena keduanya memiliki pemandangan yang tak kalah menariknya.

Harga tiket masuknya Rp20.000 pada hari Senin hingga Jumat dan Minggu. Sedangkan untuk hari Sabtu, harga tiketnya adalah Rp30.000. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan. Misalnya, pengunjung dapat berkeliling di Alun Eropa yang berkonsep arsitektur Eropa dengan nuansa warna-warni.

Di wilayah Alas Tirta ada spot foto berkonsep alam dengan berbagai tanaman hutan yang cocok untuk latar belakang. Ada pula beberapa hewan menarik seperti berang-berang, burung, dan ikan koi.

6. Eling Bening

Alamat: Jl. Sarjono, Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Wisata Eling Bening memiliki konsep resort modern dengan berbagai fasilitas. Terletak di Ambarawa, wisata ini memiliki pemandangan persawahan dan pegunungan yang indah. Tempatnya yang luas cocok untuk rekreasi bersama keluarga, berkumpul, maupun mengadakan acara prewedding dan wedding party.

Banyak spot foto yang menarik di tempat wisata ini. Pengunjung juga dapat menikmati hidangan di area restoran. Jika Anda membawa anak-anak, tak perlu khawatir karena tersedia playground untuk bermain.

7. Agrowisata Gunungsari Kopeng

Alamat: Jl. Umbul Songo, Kopeng, Kec. Getasan, Semarang, Jawa Tengah.

Agrowisata Gunungsari Kopeng adalah ekoturisme yang memadukan alam dan wisata. Di tempat ini, pengunjung diperbolehkan untuk memetik buah-buahan lalu menimbang untuk membelinya.

Beberapa fasilitas di tempat wisata ini meliputi taman bunga, kebun jambu, spot foto, kuliner, terbuka, bumi perkemahan, dan amfiteater terbuka. Ada pula restoran untuk beristirahat dan makan siang.

8. Ayanaz Gedong Songo

Alamat: Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.

Ayanaz Gedong Songo adalah wisata alam dengan konsep modern. Letaknya berada di kompleks Candi Gedong Songo. Di tempat wisata ini, pengunjung dapat berfoto dan memesan hidangan.

Ada banyak latar foto unik dan menarik. Misalnya, kubah kaca besar yang dapat dimasuki, atau ornamen sangkar burung raksasa yang unik.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait