8 Wisata Semarang dengan Suasana yang Menyenangkan

Image title
16 November 2021, 13:57
Wisatawan memadati area wisata di Dusun Semilir, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (12/7/2020). Dusun Semilir adalah satah satu wisata Semarang yang banyak dikunjungi.
ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra/aww.
Wisatawan memadati area wisata di Dusun Semilir, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (12/7/2020). Dusun Semilir adalah satah satu wisata Semarang yang banyak dikunjungi.

Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah yang memiliki potensi wisata beragam. Menurut data Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, jumlah wisatawan nusantara di Kota Semarang mencapai 252.839 orang pada tahun 2020.

Wilayah Semarang dibagi menjadi Kota Semarang dan Kabupaten Semarang. Untuk wisata dalam kota, ada kawasan Kota Lama, Pecinan, Lawang Sewu, dan sebagainya. Sedangkan untuk wisata di Kabupaten Semarang didominasi wisata alam yang memanfaatkan lahan luas.

Selengkapnya, simak rekomendasi tempat wisata Semarang berikut ini.

1. Taman Bunga Celosia

Alamat: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.KM, RW.5, Beroken, Candi, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah

Taman Bunga Celosia adalah tempat wisata yang didirikan pada tahun 2017. Di dalamnya, terdapat banyak taman bunga, spot foto, wahana permainan, dan kuliner. Wisata ini cocok untuk semua usia.

Keindahan bunga disini adalah daya tarik utama. Bahkan, pengunjung dapat membeli bunga hias dalam bentuk pot yang disediakan khusus. Wisata Kabupaten Semarang ini mulai dibuka pada pukul 07.30 sampai 17.30 setiap harinya.

Beberapa taman yang dapat dinikmati adalah Little Amsterdam, Little Italia, Little Korea, Japan Village, Marine Park, Lorong Bunga, dan masih banyak lagi. Pengunjung juga dapat menyewa pakaian tradisional hanbok dan kimono untuk berfoto di taman bergaya Korea Selatan dan Jepang.

Tiket masuk Taman Bunga Celosia dihargai Rp20.000 untuk weekday dan Rp25.000 untuk weekend per orang. Di dalam Taman Bunga Celosia juga terdapat Cafe Garden Celosia dengan pemandangan pegunungan.

2. Kota Lama Semarang

Alamat: Jl. Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Saat berkunjung ke Semarang, wilayah Kota Lama merupakan tempat wisata yang tak boleh dilewatkan. Kota Lama Semarang memiliki sejumlah bangunan kuno yang masih dilestarikan hingga saat ini.

Sebagai upaya pelestarian, Kota Lama dikategorikan sebagai Kawasan Cagar Budaya Peringkat Nasional menurutSurat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 682/P/2020.

Terdapat banyak hal yang dapat dilakukan di tempat wisata ini. Deretan kafe yang menjajakan minuman dan makanan dapat dijadikan pilihan untuk melepas lelah. Gereja Blenduk yang ikonik dapat menjadi latar foto yang menarik.

Menurut Kemenparekraf, Kota Lama sudah ramai sejak abad ke-17. Saat itu, kawasan ini merupakan pusat perdagangan di Indonesia. Di abad ke-18 hingga abad ke-19, banyak pedagang Cina dan Arab yang beraktivitas di sini.

Demi menunjang kenyamanan, pengelola menyediakan fasilitas publik yang lengkap dan baik. Mulai dari mushola, jalan, toilet, hingga tempat sampah tersedia dalam jumlah yang memadai dan kondisi yang baik.

3. Kampung Jawi

Alamat: Jl. Kalialang Lama, RT.02/RW.01, Sukorejo, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Kampung Jawi merupakan salah satu kampung tematik di Kota Semarang. Potensi yang menjadi daya tarik wisata Kampung Jawi adalah tema kebudayaan Jawa. Pada tahun 2021, Kampung Jawi meraih penghargaan Juara Harapan 3 Kategori Alam dalam ajang Trisakti Tourism Award 2021.

Di tempat wisata ini, tersedia aneka menu angkringan dengan harga terjangkau, seperti nasi kucing, sate kere, sate telur puyuh, gorengan, wedang rempah, dan masih banyak. Pengunjung dapat menikmati hidangan sambil menikmati suasana pedesaan yang asri.

Tempat makan ini dibuka mulai pukul 17.00 WIB. Saat malam tiba, Kampung Jawi diterangi oleh obor dan petromaks yang menambah syahdu suasana malam. Wisata ini dikelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), yaitu lembaga yang didirikan warga desa setempat.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...