10 Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan dan Cara Membuatnya

Image title
25 November 2021, 15:31
Beras kencur adalah jamu dengan bahan utama beras dan kencur. Manfaat beras kencur termasuk meredakan pegal hingga menambah energi
sibakuljogja.jogjaprov.go.id
Tampilan produk olahan jamu beras kencur

Sebagai salah satu obat tradisional, jamu menjadi pilihan pengobatan alternatif bagi banyak orang. Menurut publikasi Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan,  terdapat 12 formula jamu yang teruji klinis oleh Balai Besar Litbang Tanaman Obat dan Obat Tradisional.

Beberapa yang sudah teruji adalah formula jamu untuk asam urat, tekanan darah tinggi, wasir, radang sendi, kolesterol tinggi, gangguan lambung, batu saluran kencing, kencing manis, penurun berat badan, dan pelancar ASI.

Advertisement

Pengertian jamu sebagai obat tradisional tercantum dalam Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Jamu adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan, dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Salah satu jenis jamu adalah beras kencur. Menurut buku Tanaman Kencur (Kaempferia Galanga L.): Informasi Tentang Fitokimia dan Efek Farmakologi, tanaman kencur termasuk keluarga Zingiberaceae.

Kencur dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi, obat gosok, antiseptik dan lain sebagainya. Bagian akar rimpang mempunyai beberapa senyawa aromatik yang banyak dimanfaatkan sebagai bahan dasar industri farmasi.

Mengutip artikel oleh Muhamad Jalil dalam Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek (SNPBS) ke-IV 2019, bahan-bahan dalam pembuatan jamu beras kencur terdiri dari rimpang kencur, kunyit, dan beras dengan sedikit garam.

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Berdasarkan buku Jamu Gendong Solusi Sehat Tanpa Obat oleh Sukini, beras kencur diklaim memiliki berguna untuk kesehatan. Manfaat beras kencur antara lain menghilangkan rasa pegal, menghangatkan tubuh, dan menjadi minuman penjaga stamina.

Bahan utama beras kencur adalah kencur. Dirangkum dari buku Tanaman Potensial Berkhasiat Obat Cengkeh Temulawak Jahe Kunyit Kencur Serai, berikut manfaat beras kencur.

1. Penambah nafsu makan dan stamina

Mengonsumsi beras kencur dapat meningkatkan selera makan. Jamu ini juga dapat mengatasi nyeri sendi dan pegal serta meringankan kelelahan. Khasiat kencur terhadap kesehatan ini karena kandungan vitamin B kompleks yang tinggi.

Konsumsi beras kencur secara rutin akan memberikan manfaat kencur dalam meningkatkan stamina dan juga dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Mengatasi pegal dan linu

Berdasarkan buku Aplikasi Pengolahan Pangan, jamu beras kencur berkhasiat dalam menghilangkan pegal pada tubuh dan sebagai tonikum atau penyegar saat habis bekerja. Dengan membiasakan minum jamu beras kencur, tubuh akan terhindar dari pegal dan linu.

3. Sebagai minuman pasca persalinan

Artikel oleh Muhamad Jalil dalam Seminar Nasional Pendidikan Biologi dan Saintek (SNPBS) ke-IV 2019 menjelaskan bahwa beras kencur dapat diminum pasca-persalinan. Kencur dapat menghilangkan rasa lelah, menghilangkan darah kotor, dan keseleo.

Gejala-gejala tersebut dapat dialami oleh wanita setelah melahirkan. Studi menunjukkan bahwa kencur secara signifikan mempercepat penyembuhan luka sehingga membantu penyembuhan pasca-persalinan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement