7 Cara Mengetahui Umur Kucing dan Kehamilannya

Ada beberapa cara mengetahui umur kucing yang dapat dilakukan. Meneliti tampilan gigi, bulu, ukuran, dan berat kucing dapat digunakan untuk menentukan usia kucing.
Image title
1 Desember 2021, 09:49
Cara mengetahui umur kucing dilihat dari tampilan fisiknya
Unsplash/Kristina Yadykina
Cara mengetahui umur kucing dilihat dari tampilan fisiknya

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak digemari orang karena menggemaskan. Binatang ini dapat ditemukan hampir di seluruh daerah. Populasi kucing yang semakin bertambah dapat menimbulkan permasalahan karena banyak yang tidak terawat.

Oleh sebab itu, sterilisasi kucing kini semakin populer untuk menangani masalah tersebut. Tetapi, sterilisasi kucing memiliki syarat tertentu, salah satunya umur kucing. Menurut Dr. Adam Denish dalam PetMD, persyaratan umur untuk sterilisasi kucing adalah lima bulan.

Saat usia lima bulan, ukuran kucing sudah cukup besar dan anestesi umumnya aman diberikan saat operasi. Pemilik kucing yang merawat sejak dini dapat menghitung umur dengan mudah. Namun, bagaimana dengan kucing liar yang tidak diketahui kelahirannya?

Melansir PetMD, umur kucing dapat diketahui melalui pemeriksaan fisik. Ada beberapa cara mengetahui umur kucing sebagai berikut.

Advertisement

1. Ukuran Gigi Kucing

Dr. Stephen Horvath dalam PetMD menjelaskan, semakin muda usia kucing, semakin mudah bagi dokter hewan untuk menentukan kapan mereka dilahirkan. Faktor-faktor seperti ukuran dan gigi kucing bisa sangat berguna dalam mengetahui usia kucing.

Mengutip The Spruce Pets, gigi susu anak kucing pertama kali muncul pada usia dua hingga empat minggu, sehingga dapat digunakan sebagai cara mengetahui usia. Gigi permanen kucing mulai berkembang di atas gigi susu dan pada usia tiga sampai empat bulan.

Biasanya, semua gigi dewasa menjadi gigi permanen pada saat kucing berusia enam bulan, sehingga pertumbuhannya tidak lagi berguna dalam mengetahui umur kucing.

2. Kondisi Mulut Kucing

Menurut Cornell University Feline Health Center, jumlah noda atau karang gigi pada gigi kucing merupakan cara mengetahui umur kucing dewasa. Studi melaporkan, 50%-90% dari populasi kucing yang berusia lebih dari empat tahun menderita beberapa bentuk penyakit gigi.

Umumnya, penyakit mulut kucing sebagian besar dapat dicegah atau diobati dengan perawatan dan pemantauan gigi yang preventif.

3. Ukuran Anak Kucing

Dr. Stephen Horvath menjelaskan, kucing yang berumur sekitar empat sampai enam bulan biasanya bertambah satu pon atau 0,45 kilogram. Jadi, anak kucing seberat tiga pon maka berusia tiga bulan, anak kucing seberat empat pon maka berusia empat bulan, dan seterusnya sampai sekitar usia enam bulan.

Tetapi, jika kucing dalam kondisi kesehatan yang buruk, ukuran berat badan tidak dapat menjadi cara mengetahui usia yang akurat.

4. Perubahan Bulu Kucing

Menurut publikasi Michelson Found Animals Foundation, perubahan bulu kucing merupakan cara mengetahui umur kucing. Ketika anak kucing lahir, ia memiliki bulu yang tebal dan pendek. Seiring bertambahnya usia, bulu mereka menjadi lebih lembut dan halus.

Saat kucing mencapai usia lanjut, bulunya menjadi tebal, kasar, dan dapat berubah menjadi abu-abu di tempat-tempat tertentu. Berdasarkan publikasi Cornell University Feline Health Center, aktivitas kucing yang merawat diri dapat membantu mengetahui umur hewan tersebut.

Kucing adalah makhluk yang sangat bersih. Tetapi, kucing yang lebih tua mungkin mulai malas merawat diri karena berat badannya bertambah seiring bertambahnya usia atau ketika masalah gigi atau radang sendi membuatnya kesakitan.

5. Perubahan Otot

Kucing yang lebih muda akan memiliki tonus otot yang lebih baik karena mereka lebih aktif. Sedangkan kucing yang lebih tua mungkin memiliki kulit yang lebih kendur dan lebih kurus di bagian pantat atau tulang belikat.

6. Kedewasaan Seksual

Kucing jantan mencapai kedewasaan seksual pada usia enam bulan menurut The Spruce Pets. Tanda-tanda pubertas pada kucing jantan salah satunya adalah aktivitas pipis di daerah tertentu untuk menandakan teritorinya.

Kedewasaan seksual pada kucing betina ditandai dengan aktivitas berahi (siklus estrus) antara umur lima hingga sembilan bulan. Seekor kucing betina yang mengalami siklus estrus akan mengeong dengan jelas.

7. Mata Kucing

Anak kucing dan kucing yang sehat memiliki mata yang sangat jernih dan cerah, tanpa masalah kesehatan seperti sobek atau keluarnya cairan. Namun, semakin tua umur kucing, maka penampilan mata dapat menjadi keruh, sobek dan/atau keluar cairan. Hal tersebut biasanya tidak terjadi sampai kucing berusia setidaknya 10 tahun.

Mengutip PetMD, pada umur enam hingga tujuh tahun, lensa mata kucing menjadi lebih padat, sehingga terdapat kekeruhan di mata. Namun, pengecekan mata kucing harus dilakukan dokter hewan, terutama ketika kucing masih muda.

Cara Mengetahui Umur Kehamilan Kucing

Melansir PetMD, ultrasonografi dapat mengonfirmasi kehamilan setelah hari ke-16. Tetapi, ultrasonografi tidak dapat memberitahu berapa banyak anak kucing yang dikandung. Teknologi Sinar-X dapat menentukan jumlah anak kucing, tapi tidak selalu akurat dan tidak boleh dilakukan sampai kehamilan hari ke-42. Umumnya, Sinar-X tidak direkomendasikan sampai kehamilan hari ke-55.

Untuk mengetahui kehamilan kucing, lihat ukuran perut kucing yang akan membesar sekitar 30 hari setelah kawin. Dua hingga tiga minggu setelah hamil, puting kucing betina akan membesar dan memerah. Kehamilan kucing berlangsung sekitar 63-65 hari.

Menjelang kelahiran, kucing betina mulai menjilati alat kelaminnya dan mungkin membuat suara tidak nyaman. Jika ini adalah anak pertamanya, ia mungkin mondar-mandir dan bersikap cemas.

Anak kucing harus mulai dilahirkan sekitar satu jam setelah persalinan dimulai. Setelah itu, anak kucing harus lahir setiap 15 hingga 20 menit sampai yang terakhir lahir.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait