Pantai Pandawa Bali, Wisata Eksotis Khas Pulau Dewata

Image title
16 Desember 2021, 12:07
Foto udara suasana Pantai Pandawa, Badung, Bali.
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.
Foto udara suasana Pantai Pandawa, Badung, Bali.

Pantai Pandawa adalah satu dari sekian destinasi wisata alam populer yang berada di Provinsi Bali. Wisatawan yang berkunjung akan disambut panorama yang memanjakan mata ditambah suasana tenang dan khas Pulau Dewata.

Nama pantai yang terletak di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung ini diambil dari lima bersaudara Mahabharata yang terdiri dari Yudistira, Bima, Arjuna, Sahadewa, dan Nakula.

Pantai Pandawa Bali

Mengutip laman Dinas Pariwisata Provinsi Bali, begitu memasuki kawasan Pantai Pandawa, pengunjung akan disuguhi panorama tebing yang menjulang tinggi dan mengapit jalan sepanjang 1,5 km. Di samping itu, liukan ombak, pasir putih, dan Samudera Hindia siap menemani perjalalanan dan memanjakan mata para pelancong.

Mendekati area pantai, wisatawan akan disapa beberapa gua yang dihiasai ornamen patung batu putih yang terinspirasi dari Panca Pandawa (lima bersaudara legenda Mahabharata).

Selain menikmati panorama alam sekitar dan berfoto ria, pengunjung bisa melakukan kegiatan rekreasi lainnya, seperti paralayang. Untuk menjajal aktivitas ini, pengunjung mesti berkunjung ke Bukit Timbis yang terletak tidak jauh dari Pantai Pandawa. Walau demikian, keindahan Pantai Pandawa yang lebih luas dapat dirasakan lewat aktivitas yang satu ini.

Menuju Pantai Pandawa

Untuk berkunjung ke pantai berjuluk "the secret beach" ini bisa dilakukan lewat Bandara Internasional Ngurah Rai dengan jarak tempuh sekitar 18 km atau kurang lebih 1 jam. Sedangkan, jaraknya dari pusat kota Denpasar sekitar 27 km melalui jalur tol Bali Mandara.

Memasuki area Pantai Pandawa, pengunjung akan disambut gerbang dengan empat akses masuk yang dapat dilewati kendaraan. Seluruhnya menyerupai gerbang jalan tol, hanya saja terbuat dari batu kapur putih. Di salah satu gerbang masuk ini, pengunjung akan membayar biaya tiket masuk dan parkir kendaraan.

Aktivitas di Pantai Pandawa

Pantai eksotis yanng sarat akan unsur budaya ini menyuguhi para pengunjung dengan beragam aktivtias yang bisa dijajal. Dengan harga tiket masuk Rp 8.000 untuk wisatawan domestik (dewasa), Rp 4.000 untuk anak-anak, dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara (wisman), pengunjung bisa berenang di bawah ombak yang relatif tenang, jernih, dan pasir putih yang bersih.

Pengunjung juga bisa berjemur dan bersantai di tepian Pantai Pandawa atau berkeliling pantai menggunakan kano.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...