Wisata Bali: Jajal 4 Danau Eksotis Pulau Dewata

Image title
16 November 2021, 19:15
Danau Batur Kintamani, salah satu destinasi wisata Bali.
kintamani.id
Danau Batur Kintamani, salah satu destinasi wisata Bali.

Pulau Bali memang dikenal dengan keindahan alam yang eksotis. Tidak hanya wisatawan lokal, pesona Bali sudah sampai ke telinga masyarakat global. Pulau yang dikenal dengan julukan Pulau Dewata ini memiliki panorama alam, tradisi, budaya hingga kuliner yang layak untuk dijajal.

Salah satu tujuan wisata Bali yang tak kalah populer adalah danau. Terdapat empat danau favorit di pulau yang didiami oleh mayoritas penganut agama Hindu ini, yakni Danau Buyan Buleleng, Tamblingan, Batur Kintamani, dan Danau Beratan Bedugul.

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang pesona keempat danau tersebut, ada baiknya untuk mengetahui sekilas tentang Pulau Bali.

Sekilas tentang Bali

Mengutip humanitarianresponse.info, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Pulau yang beribu kota di Denpasar ini adalah bagian dari Kepulauan Sunda Kecil sepanjang 253 km dan selebar 112 km, sekitar 3,2 km dari Pulau Jawa. Secara keseluruhan, Bali memiliki luas 5.636,66 km2 atau 0,29 persen dari luas kepulauan Indonesia.

Provinsi Bali terbagi ke dalam delapan kabupaten dan satu kota meliputi Kabupaten Jembrana, Tabanan, Badung, Gianyar, Klungkung, Bangli, Buleleng, Karangasem, dan Kota Denpasar. Di tengah-tengah Pulau Bali terbentang pegunungan yang memanjang dari barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut terdapat gugusan gunung berapi, yakni Gunung Agung yang merupakan titik tertinggi di Bali.

Pariwisata Bali di tengah pandemi

Mengutip Badan Pusat Statistika (BPS), Pariwisata Bali masih belum pulih dari pandemi Covid-19. Tercatat, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali hanya satu pada Juni 2021. Jumlah tersebut turun 87,5% dari bulan sebelumnya. Jumlahnya juga menurun 97,78% jika dibandingkan dengan Juni 2020 yang mencapai 45 kunjungan.

Penurunan kunjungan wisman ke Bali karena adanya pembatasan perjalanan (travel restriction) dari berbagai negara. Hal tersebut mengingat masih tingginya laju penularan Covid-19 di Indonesia. Meski kunjungan wisman menurun, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Bali masih mencapai 16,68% pada Juni 2021. Angkanya naik 6,33% jika dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 10,35%. TPK hotel berbintang di Bali juga meningkat 14,61% jika dibandingkan pada Juni 2020 yang sebesar 2,07%.

Wisata Danau di Bali

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut empat danau populer di Pulau Bali.

1. Danau Batur Kintamani

Danau yang berada di dataran tinggi ini khas dengan suasana sejuk dan pemandangan danau berwarna hijau kebiru-biruan. Destinasi wisata in cocok bagi merka yang hendak menepi sejenak dari penatnya aktivitas harian.

Danau Batur Kintamani berada di ketinggian 1.050 mdpl di Desa Penelokan Utara, Kintamani, dan masuk dalam wilayah Kabupaten Bangli dengan jarak 65 kilometer dari Kota Denpasar.

Mengutip kintamani.id, Danau Batur Kintamani merupakan danau terbesar di Bali dengan luas sekitar 16 km persegi yang terbentuk sebagai dampak dari letusan Gunung Batur pada ribuan tahun silam. Selain itu, danau berbentuk bulan sabit ini memiliki kedalaman 65 meter dan merupakan danau kaldera aktif dengan warna air yang senantiasa mengalami perubahan.

Danau yang telah ditetapkan sebagai kawasan Global Geopark Network ini juga menyuguhkan Batur Natural Hot Spring atau Sumber Air Panas Batur yang menyegarkan tubuh.

2. Danau Beratan Bedugul

Danau Beratan Bedugul
Danau Beratan Bedugul (pegipegi.com)

Danau ini memiliki banyak daya tarik, salah satunya pemandangan Pura Ulun Danu Beratan Bedugul yang terletak di tengah danau. Selain itu, danau yang terletak di ketinggian 1.239 mdpl memiliki udara sejuk serta pemandangan warna-warni bunga, dan pepohonan cemara yang rindang.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...