Berwisata ke Curug Kondang di Gunung Halimun Bogor

Image title
17 Desember 2021, 11:10
Suasana Curug Kondang di Bogor, Jawa Barat
Facebook: Curug Kondang
Suasana Curug Kondang di Bogor, Jawa Barat

Akhir pekan ini atau libur akhir tahun nanti akan berencana menghabiskan waktu di Bogor? Curug Kondang bisa menjadi pilihan destinasi wisatanya. Pilihan ini bisa menjadi alternatif selain wisata di Puncak Bogor yang kerap ramai padat merayap saat masa liburan tiba.

Wisata Curug Kondang sendiri berada di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, yang berada di Pamijahan Bogor. Selain di Curug Kondang masih ada banyak pilihan. Salah satu wisata air Curug Ngumpet 2. Curug ini memiliki aliran air yang cukup deras serta keadaan alamnya yang masih sangat alami.

Meski berada di area pegunungan, rute menuju Curug Kondang cukup mudah, karena Taman Nasional Gunung Halimun Salak sangat populer sehingga tidak perlu khawatir tersasar. Di tempat itu Anda akan mulai memasuki area Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Anda bisa mulai memasuki kawasan yang sejuk dengan rindangnya pepohonan di sepanjang jalan.

Sambutan tidak hanya pada pemandangannya, udara yang sangat menyegarkan jauh berbeda dengan udara di perkotaan, suasananya sangat menyejukkan. Anda tinggal mengikuti petunjuk arah yang akan membawamu menuju Curug Kondang atau Curug Ngumpet dua.

Nantinya jika sudah melewati perjalanan dari tempat parkir Anda diharuskan untuk melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Pendaki yang akan Anda lalui yakni menyusuri jalan setapak di sepanjang aliran sungai yang mengalirkan air sangat jernih.

Hal yang harus Anda perhatikan saat berkunjung ke Curug Kondang adalah kondisi jalannya. Karena secara fisik tempat tersebut masih berupa bebatuan, meski sudah tertata dengan rapih dengan pegangan disepanjang jalan. Jalurnya pun cukup landai, hanya ada beberapa yang menanjak tapi tidak terlalu melelahkan.

Bahkan dalam beberapa jalur pendakian menuju Curug Kondang suasananya tak terlalu lebar, terkadang Anda harus memiringkan badan saat berpapasan dengan pengunjung dari arah yang berlawanan. Namun semua itu akan terbayar dengan sempurna karena disepanjang perjalanan Anda akan dapat mendengarkan aliran sungai yang bergemuruh dengan keadaan alam yang masih sangat alami.

Sebelum berangkat Anda harus mengecek kesiapan fisik anggota keluarga atau rombongan Anda. Karena jalur pendakian yang akan dilalui cukup terjal. Meski dapat dilalui oleh orang tua maupun anak-anak. Selain jalurnya yang cukup landai, waktu tempuhnya pun tak terlalu lama, yakni hanya sekitar 15 sampai 20 menit saja.

Merasakan Sensasi Alam Curug Kondang

1. Bermain Air Langsung dari Sumbernya

Salah satu tawaran permainan pertama di Curug Kondang adalah bermain air. Ada area kolam yang tidak terlalu dalam, karena memang kolam alami Curug Kondang berundak-undak dengan kedalaman yang beragam. Anak-anak pasti akan menyukai ragam wisata ini, bermain air merupakan kegiatan yang sangat mengasyikkan. Anda dapat merasakan segarnya air menyentuh kaki atau wajah.

2. Berenang untuk Pemula

Anda bisa berpuas untuk mandi atau berenang. Namun ada catatan untuk selalu berhati-hati karena semakin mendekati aliran curugnya kedalamannya akan semakin dalam. Terdapat pembatas tali yang memanjang di sekitar aliran curug, yang berarti Anda dilarang untuk mendekati area tersebut karena tidak aman.

3. Berburu Foto

Anda bisa mengabadikan momen dengan kamera mengenai keindahan Curug Kondang dan alam di sekitarnya harus Anda abadikan, banyak pengunjung yang berfoto dengan berlatarkan keindahan curugnya.

Tiket Masuk dan Parkir Menuju Curug Kondang

Berikut biaya retribusi dan tiket maupun parkir yang harus dibayarkan oleh setiap wisatawan:

Advertisement
  • Tiket masuk Taman Nasional Gunung Halimun Salak: Rp12.500.
  • Tiket masuk curug: Rp10.000.
  • Tiket parkir motor: Rp5.000.
  • Tiket parkir mobil: Rp10.000.

Jam operasional juga fleksibel bisa dari pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Apabila Anda telah membayar ada sejumlah fasilitas yang bisa Anda dapatkan seperti: gazebo atau saung sederhana, musala, kamar mandi umum dan warung makanan dengan harga ekonomis.

Bila Anda ingin berwisata tetap jaga kesehatan dengan membawa perlengkapan P3K, bawa baju hangat dan alas kaki agar nyaman serta aman. Awasi juga para anak-anak agar selalu bermain dalam kondisi aman dan taati peraturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait