11 Makanan Khas Jawa Barat untuk Dinikmati

Image title
9 September 2021, 19:15
Hidangan Nasi Timbel merupakan makanan khas Jawa Barat
tasteatlas.com
Hidangan Nasi Timbel merupakan makanan khas Jawa Barat

Jawa Barat merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki keragaman nilai, tradisi dan budaya. Provinsi ini merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Dengan alam yang indah, tempat belanja beragam, dan aneka kuliner, Jawa Barat memiliki daya pikat tersendiri.

Keanekaragaman makanan khas Jawa Barat tak lepas dari dinamis masyarakat Sunda yang mendominasi wilayah tersebut. Makanan khas ini berkembang dan diperkenalkan dalam masyarakat secara turun-temurun.

Berbagai olahan kuliner Jawa Barat memiliki ciri khas rasa gurih, asin, asam, manis, dan pedas. Banyak makanan khas Jawa Barat yang menjadi ikon wisata dan menonjolkan citra Jawa Barat. Berikut ini variasi makanan khas Jawa Barat yang dapat dinikmati.

1. Karedok

Karedok adalah makanan khas Jawa Barat berisikan macam-macam sayuran. Hidangan sederhana dan sehat ini menggunakan bahan-bahan segar dan mentah, yang diiris dan disajikan dengan saus kacang tradisional.

Sayuran yang umum ada pada karedok yakni mentimun, kol, kacang hijau, kemangi Thailand, taoge, dan terong, namun sayuran lain juga bisa digunakan. Sausnya dibuat dengan menggiling kacang goreng bersama garam, gula aren, dan cabai.

Rasa saus karedok bisa disesuaikan dengan bahan lain seperti terasi atau bawang putih. Karena penggunaan bumbu kacang, karedok sering dibandingkan dengan makanan khas Indonesia lainnya, gado-gado. Tetapi, kedua makanan tersebut berbeda dari penggunaan bahan bakunya.

Di Indonesia, karedok dapat ditemukan di warung makan, food court, dan restoran. Bagi masyarakat Sunda, karedok merupakan hidangan sehari-hari yang disajikan bersama dengan nasi, tahu, tempe dan kerupuk udang.

2. Nasi Timbel

Nasi timbel adalah hidangan tradisional khas Jawa Barat. Olahan sederhana ini terbuat dari nasi yang dibungkus daun pisang, lalu dikukus hingga empuk. Nasi timbel jarang dimakan sendiri, biasanya disajikan dengan berbagai lauk, seperti ayam goreng, ikan goreng, tahu, tempe, sayuran, sup, atau sambal.

Panasnya nasi yang disajikan dengan daun pisang menghasilkan aroma khas. Nasi timbel dibuat dengan cara mirip membuat lontong, yaitu dipadatkan, digulung, dan dibungkus dengan daun pisang.

Nasi timbel merupakan menu masakan Sunda lengkap karena mengandung sayuran mentah hingga saus terasi. Terkadang, nasi timbel dibakar hingga aroma daun pisang semakin kuat dan menciptakan sensasi tersendiri.

3. Batagor

Salah satu jajanan khas Jawa Barat adalah batagor yang merupakan akronim dari bakso, tahu goreng. Makanan ini terdiri dari pangsit ikan goreng yang disajikan dengan saus pedas tradisional. Ikan yang paling umum digunakan untuk membuat hidangan ini adalah ikan tenggiri. Namun tidak jarang juga yang menggunakan ikan tuna, makarel, dan udang.

Batagor adalah camilan praktis dengan penyajian ringkas. Saat digoreng, pangsit dipotong kecil-kecil dan dilumuri saus kacang, kecap, dan cabai dengan perasan air jeruk nipis. Batagor juga dilengkapi dengan potongan mentimun.

Selain digoreng, sebagian penjual batagor juga menawarkan varian berbeda yakni batagor kuah. Menu satu ini disajikan dalam kaldu bening yang berasal dari rebusan kaldu ayam. Bumbu lain yang ditambahkan ke dalam kuah seperti merica, gula, garam, daun bawang, dan seledri. Untuk menambah rasa, saus cabai, saus tomat, dan jeruk nipis juga bisa ditambahkan.

4. Cilok

Makanan khas Jawa Barat ini terdiri dari bola-bola kenyal yang berbahan dasar tepung tapioka, ditambahkan udang kering, bawang putih, dan daun bawang. Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Aci adalah nama lain dari tepung tapioka. Ukuran cilok mungkin berbeda-beda, tetapi umumnya camilan satu ini seukuran dengan bakso.

Bola cilok direbus sampai matang atau digoreng dalam rendaman minyak, kemudian disajikan dengan saus kacang, kecap manis, sambal, saus sambal botol, atau bahkan dalam sup. Cilok biasanya dijual pedagang kaki lima dan disajikan dengan tusuk sate atau lidi. Hidangan ini merupakan jajanan populer di kalangan anak sekolah Indonesia

5. Empal Gentong

Empal Gentong
Empal Gentong (bagusardian16/instagram)

Empal gentong adalah makanan khas Jawa Barat, tepatnya dari Cirebon. Sup ini dimasak dalam pot yang terbuat dari tanah liat. Bahan-bahan empal gentong merupakan kombinasi daging sapi, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, pala, santan, kecap manis, cengkeh, serai, dan daun jeruk purut.

Ada banyak variasi empal gentong sehingga versi lain akan memiliki isian berbeda. Cara pembuatan empal gentong diawali dengan daging yang direbus hingga daging menjadi empuk dan mulai hancur. Sebelum disajikan, empal gentong dihiasi dengan daun bawang (kuchai) sehingga memberikan rasa tambahan pada empal gentong. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...