Ragam Manfaat Daun Sirih Cina untuk Kesehatan

Manfaat daun sirih cina mampu menurunkan kadar kolesterol hingga mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun demikian, perlu untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi daun sirih cina.
Image title
23 Desember 2021, 11:41
Manfaat daun sirih cina.
Shopee.co.id
Manfaat daun sirih cina.

Manfaat daun sirih cina bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, tumbuhan yang sering dianggap gulma ini mampu meringankan gejala penyakit mulai dari yang ringan sampai berat.

Daun sirih cina (Peperomia pellucida) atau ketumpang air tumbuh secara liar di pinggiran saluran air atau tembok, sehingga banyak orang yang langsung mencabutnya karena dianggap merusak pemandangan dan menjadi sarang hama atau penyakit yang dapat menurunkan kualitas dan kuantitas tumbuhan lain.

Meski sering disalahpahami sebagai gulma, daun sirih cina mengandung mineral yang baik untuk tubuh. Mengutip e-journal "Aktivitas Antioksidan Tumbuhan Suruhan", tanaman ini sering dimanfaatkan masyarakat Sulawesi Utara untuk menurunkan kolesterol.

Selain itu, daun sirih cina mengandung tanin, alkaloid, saponin, kalsium oksalat, polifenol, lemak, dan minyak atsiri. Daun ini juga diduga memiliki efek farmakologis antiradang, analgesik, antijamur, dan kemoterapi.

Advertisement

Tumbuhan dengan daun berbentuk hati ini memiliki bunga berupa bulir dengan panjang antara 1 - 6cm. Di samping itu, sirih cina cenderung mudah dibudidayakan. Jika berminat menanamnnya, daun sirih cina bisa tumbuh hanya dengan menyemai bijinya di media tanam.

Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan

Mengutip Health Benefits Times dan sumber terkait lainnya, berikut manfaat daun sirih cina untuk kesehatan:

1. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kadar kolesterol dapat menyebabkan penyakit jantung. Hal tersebut dikarenakan kolesterol dapat memicu penyumbatan di pembuluh darah perifer yang mengurangi pasokan darah ke area jantung.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), secara global, sepertiga penyakit jantung disebabkan kolesterol tinggi, yang mana mengakibatkan 2,6 juta kematian.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Mengonsumsi air rebusan daun sirih cina dengan dosis yang tepat bisa membantu menurunkan kolesterol secara efektif, sehingga mengurangi kemungkinan terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit lainnya.

2. Menyembuhkan Patah Tulang

Seiring waktu, pengeroposan tulang dapat menyebabkan osteopenia (massa tulang rendah). begitu juga dengan osteoporosis, yaitu kondisi di mana tulang menjadi lemah dan lebih mudah patah (fraktur). Fraktur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk kecacatan dan kematian dini.

Fraktur atau patah tulang merupakan kondisi yang terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses penyembuhannya. Namun, berdasarkan penelitian, ramuan dari ekstrak daun sirih cina dapat membantu mempercepat penyembuhan patah tulang.

3. Artritis Reumatoid

Artritis reumatoid merupakan gangguan inflamasi kronis yang memengaruhi banyak sendi, termasuk di tangan dan kaki. Penyakit yang satu ini dapat diobati dengan rutin mengonsumsi jus ekstrak batang dan daun sirih cina setiap pagi dan malam hari.

4. Antijamur

Manfaat daun sirih cina selanjutnya untuk kesehatan ialah mampu melawan pertumbuhan jamur penyebab berbagai penyakit. Manfaat ini tentunya berguna bagi mereka yang sering mengalami masalah kulit yang disebabkan oleh jamur.

5. Obat Asam Urat

Asam urat adalah penyakit tidak menular yang banyak diderita orang. Menurut data WHO pada 2013, penderita asam urat di Indonesia sebanyak 81%. Sementara itu hanya 24% penderita asam urat yang pergi ke dokter dan 71% sisanya langsung mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas.

Daun sirih cina ampuh mengurangi gejala asam urat. Suatu penelitian yang dilakukan pada tikus, menunjukan penurunan kadar asam urat hingga 44%. Hal tersebut membuat daun sirih cocok untuk dijadikan alternatif pengobatan asam urat.

6. Saluran Pencernaan

Manfaat daun sirih untuk kesehatan dapat melindungi sistem pencernaan dengan baik. Hal tersebut terbukti dari sejumlah pasien yang mengalami masalah maag menunjukan progres usai mengonsumsi rebusan daun sirih cina.

7. Gangguan Sistem Kemih

Manfaat daun sirih cina juga bisa mengatasi gangguan pada sistem kemih. Di beberapa negara Asia, khususnya Filipina, tanaman ini dijadikan teh herbal dan dikonsumsi sebagai obat penyakit kencing atau ginjal.

8. Mengobati Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat mengancam nyawa penderitanya. Namun, penyakit ini nyatanya dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi ramuan herbal daun sirih cina.

Mengutip Alodokter oleh dr. Tabita PS, manfaat daun sirih cina memang pernah digunakan untuk mengobati nyeri perut, jerawat, abses, bisul, kolik, gout, gangguan ginjal, campak, cacar air, hingga sebagai terapi kanker payudara.

Namun demikian, belum ada penelitian yang menunjukan bahwa daun sirih cina memiliki efek antiradang, antinyeri, dan antimikrobial.

Sebuah penelitian pernah dilakukan kepada hewan yang diberi ekstrak P.pellucida aqueous untuk 14 hari. Hewan tersebut tidak menunjukan gejala efek samping apa pun. Namun, belum ada data toksikologi tanaman ini pada manusia.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait