20 Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

Siti Nur Aeni
18 Agustus 2021, 13:21
20 Manfaat Daun Sirih untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan
pixabay.com
Sirih merah salah satu jenis sirih yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan

Manfaat daun sirih banyak digunakan untuk obat herbal. Tanaman sirih sendiri banyak tumbuh di Indonesia. Memiliki manfaat beragam, daun ini mengandung protein, iodin, sodium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, asam nikotinat, flavonoid, fenol, tanin, saponin, polifenolat, dan minyak atsiri. Ada dua jenis daun sirih yang biasa dijumpai yakni daun sirih hijau dan sirih merah. Keduanya sama-sama memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Manfaat Daun Sirih Merah

Dilansir dari alodokter.com, ada beberapa manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dan pencegahan penyakit. Apa saja manfaatnya?

1. Menyembuhkan luka

Sirih merah memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini beperan penting dalam penyembuhan luka. Selain saponin, sirih merah juga memiliki tanin yang berfungsi membentuk kolagen sehingga luka lebih cepat tertutup.

2. Mencegah infeksi karena bakteri

Manfaat daun sirih selanjutnya yakni untuk mencegah infeksi karena bakteri. Kandungan fenol dan flavonoid di dalam sirih merah ini mampu mencegah risiko infeksi. Bahkan daun tersebut juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus.

3. Obat rematik

Rematik atau rheumatoid arthritis merupakan salah satu penyakit pada sendi yang sering dirasakan sebagian orang. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit autoimun. Mereka yang mengidap rematik umumnya akan kecanduan mengonsumsi obat kimia untuk meredakan nyeri. Konsumsi obat kimia terus menerus tentu saja kurang baik dan bisa mengakibatkan gangguan kesehatan di masa mendatang.

Menyadari hal tersebut, banyak penderita rematik mulai beralih pada pengobatan herbal. Salah satu nya menggunakan sirih merah. Falvonoid dan fenol di dalam sirih merah memiliki sifat anti inflamasi yang mampu meredakan nyeri akibat peradangan pada penderita rematik.

4. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab penyakit berbahaya karena bisa merusak sel dalam tubuh. Beberapa kandungan flavonoin, tanin, polifenol, dan alkaloid pada sirih merah sangat baik untuk menangkal radikal bebas karena bersifat antioksidan. Dengan demikian, penyakit seperti jantung, kanker, dan alzheimer juga bisa dicegah.

5. Obat diabetes

Penyakit diabetes juga bisa diobati menggunakan obat tradisional seperti sirih merah. Kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin di dalam sirih merah dipercaya bisa menurunkan kadar gula dalam tubuh. Bahkan, penelitian yang menyebutkan bahwa daun sirih merah bisa menurunkan gula darah dari 10% hingga 38%.

Sementara itu, berdasarkan keterangan di laman hellosehat.com, daun sirih yang kaya antioksidan ini juga bisa menurunkan kadar gula di dalam darah. Antioksidan di dalamnya bisa mengurangi stres yang memicu ketidakseimbangan hormon insulin. Jika hormon insulin seimbang, maka kandungan kadar gula di dalam darah juga bisa lebih stabil dan penyakit diabetes bisa dicegah. Meskipun demikian, Anda tetap perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat seperti menjaga pola makan dan olahraga teratur.

6. Mencegah plak gigi

Kandungan minyak atsiri bisa mencegah pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans, Lctobacillus caesal, dan Actinomicetes viscousus yang menyebabkan plak gigi. Kandungan tersebut juga ditemukan pada sirih merah, sehingga dengan mengonsumsi daun ini Anda akan bisa menghindari risiko pembentukan plak di dalam mulut.

7. Menjaga kesehatan jantung

Pada sehatq.com dijelaskan bahwa manfaat daun sirih juga bisa untuk menjaga kesehatan jantung. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk mencegah darah tinggi dan menjaga agar irama jantung tetap teratur. Dengan begitu, kesehatan jantung bisa tetap terjaga dari risiko masalah kesehatan.

8. Mengobati diare

Manfaat daun sirih selanjutnya yang dilansir dari laman sehatq.com yaitu untuk mengatasi diare. Tanaman herbal ini ternyata memiliki kemampuan membunuh mikroba terutama bakteri E. coli penyebab diare. Hal ini dikarenakan, sirih memiliki kandungan sterol yang berfungsi melawan mikroba jahat di dalam tubuh.

9. Menyembuhkan radang tenggorokan

Berdasarkan penjelasan dari drg. Callista Argentina dari laman KlikDokter.com, daun sirih memiliki kandungan antioksidan alami dan berperan sebagai anti bakteri. Selain itu, kandungan minyak atsiri yang ada pada daun sirih baik untuk kesehatan mulut.

Sifat anti bakteri pada sirih membuatnya mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan bakteri serta mengurangi produksi asam. Daun herbal ini juga dipercaya bisa meredakan berbagai gangguan kesehatan mulut lainnya termasuk radang tenggorokan karena memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, dan alkaloid yang berperan sebagai anti radang.

Manfaat Daun Sirih bagi Wanita

Sejauh ini sirih selalu dikaitkan dengan kesehatan wanita. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia alias WHO (2016), masalah kesehatan pada reproduksi wanita mencapai 33% dari total penyakit yang menyerang wanita. Angka ini tentu sangat tinggi. Untuk menjaga kesehatan wanita, manfaat daun sirih mengambil beberapa peran penting. Honestdocs.id menyebutkan manfaat daun sirih bagi wanita, sebagai berikut:

1. Menghilangkan aroma kurang sedap pada area intim

Antioksidan, eugenol, dan chavicol pada sirih memiliki kegunaan membunuh mikroba penyebab peradangan yang bisa menimbulkan bau tidak sedap. Cara memanfaatkanya, bisa dengan merebus daun sirih, kemudian meminum air rebusan tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...