Ragam Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Cara menghilangkan komedo di hidung merupakan sesuatu yang sering dicari dalam hal perawatan kecantikan. Komedo bisa hilang dengan berbagai cara, mulai dari cuci muka sampai menggunakan bubuk kopi.
Image title
24 Desember 2021, 14:04
Ilustrasi cara menghilangkan komedo di hidung.
Pexels/Polina Kovaleva
Ilustrasi cara menghilangkan komedo di hidung.

Cara menghilangkan komedo di hidung menjadi kata kunci yang cukup sering dicari, terutama oleh kaum hawa. Pasalnya, munculnya komedo bisa menjadi kondisi yang sangat menjengkelkan dan mengganggu penampilan.

Apa itu Komedo?

Komedo adalah folikel rambut yang tersumbat pada pori-pori kulit. Keratin atau puing-puing kulit berkombinasi dengan minyak sehingga folikel menjadi tersumbat. Jika komedo dibiarkan begitu saja bisa menjadi penyebab jerawat.

Komedo biasanya berwarna hitam atau putih. komedo hitam (blackheads) merupakan jenis komedo terbuka karena penumpukan pigmen pada permukaan di pori-pori membentuk titik-titik gelap pada kulit.

Sementara, komedo putih (whiteheads) terbentuk ketika ada kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat lubang pori-pori di bawah permukaan kulit.

Advertisement

Namun, mengutip DermNet New Zealand, selain komedo hitam dan putih, terdapat beberapa jenis komedo lainnya, yakni:

  • Macrocomedones, merupakan komedo tertutup yang berukuran lebih dari 2-3 milimeter.
  • Microcomedones, merupakan komedo yang sangat kecil dan biasanya tidak terlihat.
  • Solar comedones, merupakan komedo yang muncul dari kerusakan akibat sinar matahari dan biasanya terbentuk pada orang dewasa yang lebih tua, terutama pada area pipi.

Komedo dapat muncul karena berbagai faktor, mulai dari stres, hormon yang berubah, mengonsumsi makanan tertentu, atau penggunaan make up dan skin care yang kurang tepat.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Meskipun menyerang sekitar area wajah, namun komedo paling sering ditemukan pada bagian hidung. Hal tersebut dapat terjadi karena bagian ini memiliki lebih banyak kelenjar minyak daripada bagian wajah lainnya.

Dihimpun dari Healthline, Medical News Today, dan berbagai sumber lainnya, berikut cara menghilangkan komedo di hidung:

1. Cuci muka dua kali sehari atau setelah berolahraga

Mencuci muka secara teratur merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah, termasuk mencegah dan melawan komedo di wajah.

Sebaiknya, cuci muka Anda, bahkan di pagi hari untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin masih menempel di wajah pada malam sebelumnya.

Pastikan juga untuk mencuci muka sesegara mungkin setelah berolahraga. Sebab, keringat dapat terperangkap di pori-pori bersama kotoran dan minyak.

Setidaknya, cuci muka dua kali sehari dan akan lebih baik jika menggunakan produk prawatan yang memiliki kandungan anti bakteri. Anda juga bisa menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk meminimalisir munculnya masalah kulit lainnya.

2. Menggunakan uap

Cara menghilangkan komedi di hidung selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan uap air panas.

Uap dapat membuka pori-pori dan membantu melonggarkan penumpukan kotoran pada wajah sehingga dapat melembutkan komedo agar lebih mudah untuk dihilangkan. Kombinasi uap hangat yang membuat wajah berkeringat mampu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Uap dapat menjadi cara efektif untuk menghilangkan komedo, caranya:

  • Ambil air panas dalam wadah.
  • Tutupi kepala Anda dengan handuk dan condongkan tubuh di wadah selama 5-10 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat setelah selesai.
  • Keringkan wajah dengan handuk lembut sembari menggosok perlahan bagian wajah yang memiliki komedo.
  • Gunakan pelembab untuk mengembalikan hidrasi kulit.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah suatu cara untuk mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit.

Terdapat sejumlah exfoliant kimia lembut yang dapat digunakan. Carilah yang mengandung asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA) yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati secara lebih efektif.

Senyawa BHA bisa larut dalam minyak dan membantu membersihkan pori-pori. Sementara, AHA larut dalam air dan berasal dari sumber alami seperti susu dan buah.

4. Makan-makanan yang seimbang

Korelasi antara diet dan keluhan kulit memang masih kontroversial, namun tak sedikit profesional kesehatan percaya bahwa kedua faktor tersebut memiliki hubungan yang penting.

Penelitian menunjukkan bahwa beban glikemik yang tinggi, kekurangan seng, dan produk susu semuanya dapat berkontribusi pada jerawat. Kendati demikian, para peneliti masih membutuhkan bukti lebih lanjut untuk mendukung temuan awal ini.

Makanan tertentu dapat memicu jerawat, termasuk komedo, pada beberapa orang, tetapi tidak pada orang lain.

Membuat jurnal makanan dan kulit dapat membantu mengidentifikasi makanan apa pun yang cenderung memicu jerawat pada wajah Anda. Mengurangi konsumsi makanan ini atau menghilangkannya dari diet dapat menyebabkan perbaikan pada penampilan kulit.

5. Hindari asap rokok

Mungkin ada hubungan antara bahan kimia dalam asap rokok dan perkembangan komedo dan ciri-ciri jerawat lainnya. Orang yang merokok mungkin menemukan bahwa mengurangi atau berhenti sama sekali memiliki efek menguntungkan pada kulit mereka.

6. Madu dan susu

Cara menghilangkan komedo di hidung juga bisa dilakukan dengan campuran dua bahan alami ini. Madu bersifat anti bakteri dan susu memiliki asam laktat yang membantu proses pembuangan alami. Kombinasi kedua bahan tersebut dapat menghilangkan komedo secara alami. Caranya:

  • Campur susu dan madu dan panaskan selama sekitar 10 detik.
  • Biarkan dingin selama beberapa waktu agar tidak terlalu panas untuk wajah.
  • Oleskan campuran tersebut pada komedo. Ambil selembar kapas bersih, taruh di pada wajah yang telah dioleskan.
  • Diamkan selama 15 menit.
  • Setelah itu lepaskan kapas dengan lembut dan bilas wajah menggunakan air.

7. Strip hidung

Strip hidung atau strip pori (pore strip) mampu menghilangkan lapisan atas dari sel kulit mati dan komedo dengan menggunakan perekat yang sangat kuat. Dengan menghilangkan komedo, strip pori mampu membersihkan penyumbatan pada pori-pori yang berwarna hitam atau coklat sehingga membuat pori-pori tampak bersih.

Strip pori dapat ditemukan dengan mudah, harganya juga terjangkau. Adapun cara menggunakan strip pori:

  • Bersihkan dan basahi kulit di hidung Anda.
  • Kupas plastik dan oleskan ke hidung dengan sisi halus strip pori ke bawah.
  • Tunggu 10-15 menit.
  • Lepaskan strip perlahan mulai dari tepi.
  • Komedo akan terangkat dan pori-pori menjadi bersih.

8. Masker tanah liat

Masker tanah liat dikenal juga sebagai clay mask terbuat dari salah satu dari beberapa jenis tanah liat, seperti kaolin atau bentonit. Masker ini berpotensi menyerap minyak dari kulit dan mencegah jerawat serta menghilangkan komedo. Masker tanah liat mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak yang berlebihan.

Untuk menghilangkan komedo, gunakan masker tanah liat dengan air hangat. Beberapa produk masker tanah liat yang dapat digunakan, yaitu The Body Shop Seaweed Oil-Balancing Clay Mask, L'Oreal Paris Pure Clay Mask Pore Refining, dan Garnier Sakura Pink Clay Mask.

9. Es batu jeruk nipis

Kedua bahan ini juga dikenal ampuh sebagai cara menghilangkan komedo di hidung. Caranya, masukan perasan jeruk nipis yang telah direbus hingga mendidih ke dalam freezer untuk dijadikan es batu.

Selanjutnya, jika sudah beku, gunakan es batu jeruk nipis tersebut untuk menekan-nekan area wajah yang berkomedo. Sebelum melakukan ini, cucilah wajah terlebih dahulu sampai bersih.

10. Kulit jeruk

Bukan cuma buahnya saja, kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang melimpah dan cocok untuk digunakan sebagai alternatif perawatan kecantikan.

Anda bisa memanfaatkan antioksidan pada kulit jeruk untuk memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas. Di samping itu, bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo ini dijamin aman untuk kulit.

11. Bubuk kopi

Bubuk kopi dapat digunakan sebagai cara menghilangkan komedo di hidung. Caranya, siapkan bubuk kopi dan minyak kelapa.

Selanjutnya, campurkan setengah cangkir minyak kelapa dengan setengah cangkir bubuk kopi. Aduk hingga rata dan aplikasikan ke area wajah.

Pijat wajah secara perlahan dengan gerakan memutar pada area yang dihinggapi komedo. Biarkan selama lima menit, kemudian bilas dengan air dingin.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait