Ragam Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Image title
24 Desember 2021, 14:04
Ilustrasi cara menghilangkan komedo di hidung.
Pexels/Polina Kovaleva
Ilustrasi cara menghilangkan komedo di hidung.

Cara menghilangkan komedo di hidung menjadi kata kunci yang cukup sering dicari, terutama oleh kaum hawa. Pasalnya, munculnya komedo bisa menjadi kondisi yang sangat menjengkelkan dan mengganggu penampilan.

Apa itu Komedo?

Komedo adalah folikel rambut yang tersumbat pada pori-pori kulit. Keratin atau puing-puing kulit berkombinasi dengan minyak sehingga folikel menjadi tersumbat. Jika komedo dibiarkan begitu saja bisa menjadi penyebab jerawat.

Advertisement

Komedo biasanya berwarna hitam atau putih. komedo hitam (blackheads) merupakan jenis komedo terbuka karena penumpukan pigmen pada permukaan di pori-pori membentuk titik-titik gelap pada kulit.

Sementara, komedo putih (whiteheads) terbentuk ketika ada kelebihan minyak dan sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyumbat lubang pori-pori di bawah permukaan kulit.

Namun, mengutip DermNet New Zealand, selain komedo hitam dan putih, terdapat beberapa jenis komedo lainnya, yakni:

  • Macrocomedones, merupakan komedo tertutup yang berukuran lebih dari 2-3 milimeter.
  • Microcomedones, merupakan komedo yang sangat kecil dan biasanya tidak terlihat.
  • Solar comedones, merupakan komedo yang muncul dari kerusakan akibat sinar matahari dan biasanya terbentuk pada orang dewasa yang lebih tua, terutama pada area pipi.

Komedo dapat muncul karena berbagai faktor, mulai dari stres, hormon yang berubah, mengonsumsi makanan tertentu, atau penggunaan make up dan skin care yang kurang tepat.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung

Meskipun menyerang sekitar area wajah, namun komedo paling sering ditemukan pada bagian hidung. Hal tersebut dapat terjadi karena bagian ini memiliki lebih banyak kelenjar minyak daripada bagian wajah lainnya.

Dihimpun dari Healthline, Medical News Today, dan berbagai sumber lainnya, berikut cara menghilangkan komedo di hidung:

1. Cuci muka dua kali sehari atau setelah berolahraga

Mencuci muka secara teratur merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah, termasuk mencegah dan melawan komedo di wajah.

Sebaiknya, cuci muka Anda, bahkan di pagi hari untuk menghilangkan kotoran atau bakteri yang mungkin masih menempel di wajah pada malam sebelumnya.

Pastikan juga untuk mencuci muka sesegara mungkin setelah berolahraga. Sebab, keringat dapat terperangkap di pori-pori bersama kotoran dan minyak.

Setidaknya, cuci muka dua kali sehari dan akan lebih baik jika menggunakan produk prawatan yang memiliki kandungan anti bakteri. Anda juga bisa menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda untuk meminimalisir munculnya masalah kulit lainnya.

2. Menggunakan uap

Cara menghilangkan komedi di hidung selanjutnya bisa dilakukan dengan menggunakan uap air panas.

Uap dapat membuka pori-pori dan membantu melonggarkan penumpukan kotoran pada wajah sehingga dapat melembutkan komedo agar lebih mudah untuk dihilangkan. Kombinasi uap hangat yang membuat wajah berkeringat mampu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi. Uap dapat menjadi cara efektif untuk menghilangkan komedo, caranya:

  • Ambil air panas dalam wadah.
  • Tutupi kepala Anda dengan handuk dan condongkan tubuh di wadah selama 5-10 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat setelah selesai.
  • Keringkan wajah dengan handuk lembut sembari menggosok perlahan bagian wajah yang memiliki komedo.
  • Gunakan pelembab untuk mengembalikan hidrasi kulit.

3. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah suatu cara untuk mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit.

Terdapat sejumlah exfoliant kimia lembut yang dapat digunakan. Carilah yang mengandung asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA) yang dapat membantu mengangkat sel kulit mati secara lebih efektif.

Senyawa BHA bisa larut dalam minyak dan membantu membersihkan pori-pori. Sementara, AHA larut dalam air dan berasal dari sumber alami seperti susu dan buah.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement