6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami

Siti Nur Aeni
27 Juli 2021, 19:46
6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami
pixabay.com
Madu salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi komedo di wajah

Cara menghilangkan komedo hitam ternyata banyak sekali pilihannya. Komedo hitam atau yang biasa disebut black heads adalah salah satu jenis komedo yang banyak dikeluhkan. Biasanya komedo ini banyak ditemukan pada area hidung. Jika dibiarkan maka, komedo ini akan menimbulkan jerawat yang rasanya sakit.

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Komedo

Ciri utama dari komedo hitam ini biasanya adanya benjolan kecil yang warnanya gelap atau hitam di permukaan kulit. Namun benjolan tersebut tidak sebesar jerawat dan permukaan kulit yang terdapat komedo ini menjadi lebih kasar. Meskipun komedo tidak menyebabkan peradangan, akan tetapi tetap perlu untuk dihilangkan agar kulit tetap besih dan sehat. Anda bisa menggunakan beberapa cara menghilangkan komedo hitam secara alami, sebagai berikut:

Madu

Rasanya yang manis dan biasa digunakan untuk campuran berbagai makanan dan minuman, membuat madu banyak digemari orang. Namun siapa sangka jika madu juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo secara alami. Berikut ini cara menggunakan madu untuk menghilangkan komedo:

  1. Siapkan terlebih dahulu madu sebanyak 1 sendok makan.
  2. Oleskan madu pada wajah terutama area yang banyak terdapat komedo hitam
  3. Diamkan sampai kurang lebih 30 menit.
  4. Bilas dengan air bersih dan keringkan wajah.

Putih telur

Bahan alami untuk menghilangkan komedo selanjutnya yaitu putih telur. Sebagai sumber protein dan mikronutrien, putih telur ternyata bisa mengatasi komedo yang membandel di wajah. Ada tahapan yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan komedo menggunakan putih telur:

  1. Pecahkan telur dan pisahkan antara kuning telur dengan putih telur.
  2. Oleskan putih telur ke wajah seperti saat anda menggunakan masker wajah. Jika tidak suka dengan aroma amis yang menyengat, Anda bisa mencampyrkannya dengan air jeruk nipis atau lemon.
  3. Tunggu sampai mengering dan bilas dengan air bersih.

Lemon

Buah yang rasanya masam ini dipercaya baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin c yang tinggi membuat buah ini banyak diburu untuk berbagai keperluan kesehatan tubuh. Namun siapa sangka jika buah lemon juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo hitam. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan lemon, sebagai berikut:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...