6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami

Cara menghilangkan komedo hitam ternyata banyak sekali pilihannya. Setidaknya ada 6 bahan alami yang bisa anda pilih untuk mengatasi komedo membandel di wajah anda. Berikut penjelasan lengkapnya.
Image title
27 Juli 2021, 19:46
6 Cara Menghilangkan Komedo Hitam Secara Alami
pixabay.com
Madu salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi komedo di wajah

Cara menghilangkan komedo hitam ternyata banyak sekali pilihannya. Komedo hitam atau yang biasa disebut black heads adalah salah satu jenis komedo yang banyak dikeluhkan. Biasanya komedo ini banyak ditemukan pada area hidung. Jika dibiarkan maka, komedo ini akan menimbulkan jerawat yang rasanya sakit.

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Komedo

Ciri utama dari komedo hitam ini biasanya adanya benjolan kecil yang warnanya gelap atau hitam di permukaan kulit. Namun benjolan tersebut tidak sebesar jerawat dan permukaan kulit yang terdapat komedo ini menjadi lebih kasar. Meskipun komedo tidak menyebabkan peradangan, akan tetapi tetap perlu untuk dihilangkan agar kulit tetap besih dan sehat. Anda bisa menggunakan beberapa cara menghilangkan komedo hitam secara alami, sebagai berikut:

Madu

Rasanya yang manis dan biasa digunakan untuk campuran berbagai makanan dan minuman, membuat madu banyak digemari orang. Namun siapa sangka jika madu juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan komedo secara alami. Berikut ini cara menggunakan madu untuk menghilangkan komedo:

  1. Siapkan terlebih dahulu madu sebanyak 1 sendok makan.
  2. Oleskan madu pada wajah terutama area yang banyak terdapat komedo hitam
  3. Diamkan sampai kurang lebih 30 menit.
  4. Bilas dengan air bersih dan keringkan wajah.

Putih telur

Bahan alami untuk menghilangkan komedo selanjutnya yaitu putih telur. Sebagai sumber protein dan mikronutrien, putih telur ternyata bisa mengatasi komedo yang membandel di wajah. Ada tahapan yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan komedo menggunakan putih telur:

  1. Pecahkan telur dan pisahkan antara kuning telur dengan putih telur.
  2. Oleskan putih telur ke wajah seperti saat anda menggunakan masker wajah. Jika tidak suka dengan aroma amis yang menyengat, Anda bisa mencampyrkannya dengan air jeruk nipis atau lemon.
  3. Tunggu sampai mengering dan bilas dengan air bersih.

Lemon

Buah yang rasanya masam ini dipercaya baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin c yang tinggi membuat buah ini banyak diburu untuk berbagai keperluan kesehatan tubuh. Namun siapa sangka jika buah lemon juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo hitam. Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan lemon, sebagai berikut:

  1. Peras lemon hingga menghasilkan air perasan yang cukup banyak.
  2. Oleskan air lemon ke wajah terutama yang memiliki banyak komedo.
  3. Diamkan sampai 15 menit dan bilas.

Lidah buaya

Lidah buaya sudah sejak lama diketahui memiliki banyak kegunaan untuk perawatan kulit dan wajah. Bahan alami ini juga ternyata bisa digunakan sebagai salah satu cara mengatasi komedo. Selain menghilangkan komedo membandel, lidah buaya juga bisa membersihkan pori, melembabkan kulit, dan mengurangi produksi minyak berlebih. Cara mengatasi komedo dengan menggunakan lidah buaya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Petik lidah buaya lalu ambil gel yang ada di bagian dagingnya.
  2. Oleskan gel tersebut sampai merata.
  3. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air bersih dan keringkan wajah.

Baking soda

Cara menghilangkan komedo hitam selanjutnya bisa dengan menggunakan baking soda. Baking dapat membantu pelepasan kulit mati dan menjaga kadar keasaman atau ph kulit agar tetap normal.

Untuk menghilangkan komedo menggunakan baking soda, Anda bisa lakukan cara seperti berikut:

  1. Campurkan baking soda dengan sedikit air sehingga membentuk pasta.
  2. Kemudian oleskan pada bagian wajah yang berkomedo.
  3. Gosok secara perlahan dan lembut.
  4. Kemudian bilas dengan air bersih dan gunakan pelembab setelah aplikasi untuk tetap menjaga kelembaban kulit wajah.

Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini memang sudah sejak lama hadir sebagai bahan dalam pembuatan produk kecantikan. Kunyit ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan komedo secara alami. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan rempah berwarna kuning ini:

  1. Haluskan terlebih dahulu kunyit atau anda juga bisa menggunakan kunyit dalam bentuk bubuk.
  2. Campurkan dengan air hingga menyerupai pasta.
  3. Oleskan pada wajah yang berkomedo dan bairkan 30 menit.
  4. Bilas menggunakan air hangat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait