18 Ucapan Selamat Menikah Islami yang Berkesan dan Bermakna

Ucapan selamat menikah islami yang disampaikan dengan tulus dapat menjadi doa bagi pasangan muslim. Ucapan ini dapat ditujukan untuk keluarga, sahabat, atau kolega.
Image title
31 Desember 2021, 09:02
Ilustrasi ucapan selamat menikah islami
Unsplash/Diana Polekhina
Ilustrasi ucapan selamat menikah islami

Mengucapkan selamat kepada pasangan yang baru menikah sering dilakukan para tamu yang datang. Ucapan ini bertujuan untuk memberi selamat sekaligus merayakan hari pernikahan dan kehidupan baru mereka. Bagi umat Islam, ucapan selamat menikah islami sering digunakan sebagai doa bagi pasangan baru.

Ucapan selamat menikah islami mengandung doa, harapan terbaik dan kebahagiaan bagi pasangan tersebut. Ucapan pernikahan yang tulus dan bermakna dapat memberi kesan baik, terutama jika pasangan yang menikah adalah keluarga atau sahabat terdekat.

Dalam buku Hukum dan Etika Pernikahan dalam Islam, terdapat sebuah hadis riwayat Abu Dawud no. 2130 yang menjelaskan bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam apabila mengucapkan selamat kepada seseorang yang menikah beliau mengucapkan:

"Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan memberi berkah atas (pernikahan) mu dan mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan."

Advertisement

Ucapan tersebut merupakan doa bagi pasangan agar diberi keberkahan hidup dan kebaikan. Oleh sebab itu, memberi ucapan selamat menikah Islami dianjurkan bagi para tamu yang datang ke pernikahan. 

Ucapan Selamat Menikah Islami

Sebagai inspirasi, simak kumpulan ucapan selamat menikah islami berikut ini.

  1. “Semoga Allah SWT menyempurnakan kebahagiaan kalian dan menjadikan pernikahan kalian sebagai ibadah kepada-Nya.”
  2. Barakallahu lakum wa baraka alaikum.” (Mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan)
  3. "Baarakallahu laka wa baarakaa alaika wa jamaa bainakumaa fii khoirin." (Semoga Allah memberkahimu dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.)
  4. Barakallahu lakuma wa jama’a baina kuma fii khair.” (Semoga berkah Allah dilimpahkan kepadamu Dan menghimpun engkau berdua dalam keadaan baik (bahagia)).
  5. “Semoga menjadi pasangan yang sejati sampai dunia akhirat, semoga dikaruniai keturunan yang saleh dan salehah, semoga jadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.”
  6. Barakallahu laka wa jama’a bainakuma fi khairin. Barakallahu likulli wahidin minkuma fi shahibihi wa jama’a bainakuma fi khairin." (Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing-masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.)
  7. “Semoga pernikahan ini dapat menjadi dan dapat membawa kebahagiaan keluarga dan orang-orang sekitar. Semoga Allah SWT selalu merahmati dan meridai kalian dengan kedamaian dan kebahagiaan dunia dan akhirat.”

Ucapan Selamat Menikah Islami untuk Sahabat

Merayakan pernikahan sahabat dapat diungkapkan melalui ucapan selamat menikah yang penuh doa. Selengkapnya, berikut ucapan selamat menikah islami untuk sahabat.

  1. “Selamat kepada sahabat baik ku, saat ini engkau telah menempuh kehidupan baru dengan pendamping hidup yang telah Allah pilih untukmu. Semoga rahmat dan kasih sayang Allah selalu menyertai kalian, selalu jadi pribadi yang baik, selalu bersyukur dan semoga pintu rezeki selalu terbuka dengan lancar.”
  2. “Selamat Menikah kawan, semoga Allah selalu memberikan kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan”
  3. “Selamat menempuh hidup baru sahabatku, akhirnya saat yang kau nanti tiba, saat dimana kamu sudah tidak sendiri lagi, semoga melalui pernikahan ini keluarga kalian menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah.”
  4. “Selamat menikah, sahabatku. Luruskan niat dalam menikah, jangan sampai kau anggap pernikahan hanya untuk senang-senang saja. Banyak hal yang harus kau lakukan setelah ini. Semoga pernikahanmu selalu mendapat rida Allah SWT dan dimudahkan dalam segala urusan.”
  5. “Sahabatku, doa pernikahan aku lantunkan untukmu. Semoga pernikahanmu diberkati oleh-Nya. Semoga pula terlahir keturunan yang hebat dari kalian berdua.”
  6. “Untuk sahabatku yang saat ini sudah tidak seperti dahulu lagi, saat ini kamu sudah bersama dengan pasangan sah. Semoga Allah selalu memberikan rahmat-Nya untuk pernikahan kalian”
  7. “Selamat menikah sahabatku. Barakallahu lakum wa baraka alaikum. (mudah-mudahan Allah memberi kalian keberkahan dan melimpahkan atas kalian keberkahan).”
  8. “Selamat menikah, sahabatku. Dengan pernikahan ini, maka sempurnalah kehidupan kalian. Warnailah pernikahan dengan saling menghormati, menyayangi, dan saling menolong dalam ketaatan satu sama lain. Semoga Allah selalu melimpahkan petunjuk, rahmat, dan berkah kehidupan, serta rezeki yang halal dan keturunan yang saleh dan salehah.”

Ucapan Selamat Menikah Islami untuk Saudara

Ini inspirasi ucapat selamat menikah islami untuk saudara.

  1. Barakallahu laka, selamat menempuh hidup baru ya kak. Jadilah istri yang sholehah dan ladang pahala bagi suamimu. Jadilah ibu dan guru yang baik bagi anak-anakmu kelak. Suka duka dalam pernikahan akan sepenuhnya lebih besar dari sebelumnya. Semoga kekuatan cinta kalian mampu menjadi sebuah perisai dalam membentuk keluarga baru dan islami, damai serta dapat melindungi dari berbagai hal buruk.”
  2. Barakallahu lakuma wa jama’a baina kuma fii khair. Semoga selalu diberikan kebahagiaan ya kakakku. Semoga Allah selalu menuntunmu dan istri beserta anak-anakmu kelak menuju cinta Allah. Semoga kakak diberikan anak yang saleh dan salehah yang dapat membahagiakan kedua orang tua dan menuntun ke surga.”
  3. “Selamat menempuh hidup baru, my bro. Saat ini kamu telah menjadi imam yang memiliki sebuah amanah serta tanggung jawab yang amat besar untuk istrimu dan anak-anakmu nanti. Tetaplah semangat untuk senantiasa membahagiakan keluarga. Semoga Allah SWT selalu menjagamu dan memberikan keberkahan dalam pernikahanmu.”

Itulah ragam inspirasi ucapan selamat menikah islami yang berkesan dan bermakna untuk sahabat, pasangan, saudara dan sebagainya. Selain mengucapkan selamat, memberi kado pernikahan juga dapat menambah kesan yang mendalam.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait