2 Cara Membersihkan Cache di Laptop

Image title
31 Desember 2021, 10:23
Ilustrasi dua cara membersihkan cache di laptop yang mudah dan efektif.
cottonbro/pexels
Ilustrasi dua cara membersihkan cache di laptop yang mudah dan efektif.

Salah satu kendala bagi para pemilik laptop atau komputer adalah keberadaan cache. Bagi Anda yang belum tahu cache merupakan istilah Bahasa Inggris dari memori singgahan yang berada di komponen perangkat keras atau perangkat lunak yang menyimpan data sehingga permintaan di masa mendatang untuk data tersebut dapat dilayani lebih cepat; data yang disimpan mungkin merupakan hasil dari penghitungan sebelumnya atau salinan data yang disimpan di tempat lain.

Keberaan cache juga menguntungkan, karena Anda tidak perlu mengunduh data-data bawaan dari sebuah aplikasi tersebut. Salah satu aplikasi di dalam laptop kamu yang paling sering menghasilkan cache adalah browser. Jenis cache lainnya yang biasa menumpuk di memori laptop adalah DNS cache, system restore cache, thumbnail cache, dan banyak lagi.

Keberadaan cache cukup marak pada perangkat laptop atau kompter dengan kapasitas OS Windows 10, dan pastinya sudah sering mengalami pembaruan atau update system dalam beberapa waktu sekali. Hal itu semakin sering di setiap update yang dilakukan oleh sistem dari Windows 10 juga sering meninggalkan cache di dalam laptop kamu.

Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Efektif

Di balik adanya cache yang sering masuk dalam laptop dan sering menjadi momok bagi penggunanya. Ada dua cara menghapus cache di laptop yang dikutip dari situs Gig.id. Dua cara tersebut dapat dipraktikkan pada laptop dengan Windows OS dan Mac OS.

1. Membersihkan Cache di Laptop Windows OS

Ada beberapa cara dalam membersihkan file cache di laptop Windows OS. Beberapa langkah yang dapat kamu ikuti untuk dapat menghapus cache, antara lain:

A. Cara Pertama

Silakan tekan tombol Windows + R pada keyboard, kemudian kamu akan diarahkan pada jendela Run. Masukkan “temp” pada comment box lalu tekan "Enter". Selanjutnya, kamu akan melihat banyak folder dan juga file yang merupakan cache. Tekan CTRL + A untuk memilih seluruh file dan folder cache kemudian hapus atau delete untuk membersihkan cache laptop.

B. Cara Kedua

Adapun cara kedua serupa dengan cara pertama. Akan tetapi, yang membedakan adalah isian pada comment box. Dalam langkah kedua, kamu hanya perlu mengisi comment box dengan “temp” lalu ikuti seluruh langkah yang sama dengan langkah pertama untuk menghapus cache laptop.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...