11 Cara Meluruskan Rambut Mengembang Secara Alami

Cara meluruskan rambut bisa memakai bahan alami seperti minyak esensial, lidah buaya, dan cuka apel. Untuk meluruskan rambut yang mengembang bisa memakai minyak almond dan cuka apel.
Dwi Latifatul Fajri
7 Januari 2022, 15:15
Cara meluruskan rambut
pixabay.com/RyanMcGuire
Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang

Cara meluruskan rambut bisa dilakukan dengan rebonding atau smoothing. Namun, kedua proses ini bisa berdampak pada kerusakan rambut jika dilakukan terus menerus.

Jika anda ingin meluruskan rambut, cobalah untuk memakai bahan alami untuk perawatan. Bahan alami meluruskan rambut bisa memakai minyak zaitun, lidah buaya, sampai buah-buahan tertentu.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Beberapa orang menginginkan rambut lurus, rapi, dan sehat. Sebenarnya anda bisa pergi ke salon untuk meluruskan rambut secara instan. Tetapi jika dilakukan terus menerus bisa mengurangi kelembaban sampai kerusakan rambut.

Alat-alat seperti pengeriting rambut, pengering rambut, dan meluruskan rambut menyebabkan kerusakan rambut.

Advertisement

Dampak kerusakan rambut ini bisa berbeda sesuai jenis rambut yang dimiliki seseorang. Umumnya alat catok berdampak pada rambut yang kering, kasar, dan mudah rontok.

Ada beberapa tips sederhana untuk meluruskan rambut secara alami. Tips ini cocok untuk anda mendapatkan rambut lurus tanpa alat pemanas. Meski demikian, hasil tips meluruskan rambut alami bisa berbeda setiap orang.

  • Minyak Esensial

Minyak esensial bisa diserap oleh rambut dan lebih aman. Cobalah memakai minyak kelapa, minyak almond, dan jenis esensial lain. Minyak esensial juga menyehatkan rambut, menembus folikel rambut, dan memperbaiki sel-sel di dalamnya.

  • Pakai Pembungkus Rambut

Mengutip dari healthline.com, membungkus rambut tanpa alat pemanas lebih efektif untuk semua jenis rambut. Anda bisa mendapatkan tutorial membungkus rambut di Youtube.

Cara meluruskan rambut ini bisa berbeda tergantung tekstur dan panjang rambut. Anda membutuhkan jepit rambut panjang, syal, atau sorban dari kain satin untuk membungkus rambut.

Cobalah untuk menggunakan membungkus rambut ketika malam hari. Anda membutuhkan jepit untuk menguatkan pembungkus di sisi kepala.

  • Pakai Rol Plastik

Rol plastik berukuran besar cukup untuk memuat rambut panjang dan tebal. Cobalah untuk memakai plastik untuk menutupi rambut setelah keramas.

Jenis rol ini bisa dipakai selama 4 jam atau ketika tidur. Cobalah untuk menonton tutorial di Youtube untuk memakai rol plastik sebagai pelurus rambut.

  • Pakai Produk Pelurus Rambut

Cobalah untuk memakai sampo, kondisioner, dan perawatan pelurus rambut. Perawatan kecantikan ini bisa mengubah rambut yang sebelumnya mengembang, menjadi lurus. Selesai keramas, cobalah untuk memakai serum ketika rambut masih basah.

Cara Meluruskan Rambut Pria

Rambut pria bisa diluruskan dengan cara alami. Anda bisa meluruskan rambut secara alami tanpa perlu ke salon. Berikut tips meluruskan rambut pria, mengutip dari malestandard.com:

  • Mencuci Rambut

Langkah awal adalah mencuci rambut supaya gampang ditata dan diluruskan. Cobalah untuk memakai produk perawatan rambut yang bisa meluruskan. Produk ini bisa bertahan selama beberapa jam atau sehari penuh.

Shampo yang meluruskan rambut juga bermanfaat mencegah rambut berminyak dan lembab. Selain itu, anda membutuhkan kondisioner setelah keramas. Pakai air dingin untuk membilas kondisioner dan membuat lebih berkilau.

  • Mengeringkan Rambut

Proses pengeringan rambut termasuk faktor penting untuk penataan rambut lurus. Pakai pengering rambut untuk mempercepat rambut kering. Sambil memakai pengering rambut, bisa menyisir untuk menghasilkan rambut yang lurus dan mudah diatur.

Anda bisa memakai catokan untuk mengubah gaya rambut lurus. Setelah itu semprot memakai hairspray supaya rambut lebih kering dan tidak lengket.

Cara Meluruskan Rambut yang Mengembang

Rambut mengembang mudah kusut karena jenis rambut ini terlalu kering. Ada berbagai cara untuk meluruskan rambut mengembang. Berikut tips meluruskan rambut mengembang, supaya tetap sehat:

Memakai Cuka Apel

Mengutip dari hellosehat.com, cuka apel bisa menyeimbangkan tingkat keasaman rambut sekitar 4,5 sampai 5,5. PH rambut tinggi berdampak pada rambut yang mengembang. Pemakaian cuka apel setelah keramas bisa menyeimbangkan kadar pH dalam rambut.

Memakai Masker Rambut

Masker rambut bermanfaat untuk memberi nutrisi untuk rambut mengembang. Anda bisa membuat masker rambut secara alami memakai minyak kelapa, buah alpukat dan putih telur.

Bahan-bahan alami diatas mengandung vitamin A dan vitamin E, berfungsi untuk meluruskan rambut. Sedangkan putih telur membuat rambut mengembang lebih berkilau.

Memakai Kondisioner

Kondisioner dipakai setelah menggunakan sampo. Biasanya pemakaian kondisioner ketika rambut mulai mengering. Pemakaian kondisioner ini bertujuan untuk memudahkan helai rambut untuk disisir. Selain itu, kondisioner berguna untuk mengurangi rambut rontok.

Memakai Minyak Almond

Minyak almond berasal dari ekstrak kacang almond. Jenis minyak esensial ini mengandung vitamin E, protein, dan asam lemak omega-9 yang baik untuk rambut. Gunakan minyak almond sebagai produk rambut yang baik untuk meluruskan rambut secara alami.

Cara Meluruskan Rambut dengan Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki gel di bagian dalam. Gel tersebut berguna untuk melembabkan rambut dan membuat rambut lurus.

Lidah buaya bermanfaat untuk meluruskan rambut secara alami. Selain itu, manfaat lidah buaya seperti meredakan kulit gatal di kepala, mengurangi rambut berminyak, dan memperkuat helai rambut.

Cara memakai lidah buaya untuk meluruskan rambut yaitu:

  1. Siapkan daun lidah buaya.
  2. Belah bagian atasnya sampai ada gel di bagian dalam.
  3. Hancurkan gel tersebut sampai halus.
  4. Setelah itu oleskan gel memakai tangan ke kulit kepala.
  5. Ratakan gel lidah buaya sambil memijat kepala kulit.
  6. Biarkan kurang lebih selama 30 menit sampai mengering.
  7. Setelah itu anda bisa keramas atau membilas rambut memakai air.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait