Cerita Rakyat: Pengertian, Macam, dan Contohnya

Image title
24 November 2021, 12:51
Patung Putri Mandalika diadaptasi dari cerita rakyat Suku Sasak, Lombok, NTB.
ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI
Patung Putri Mandalika diadaptasi dari cerita rakyat Suku Sasak, Lombok, NTB.

Cerita rakyat merupakan kisah yang berasal dari rakyat dan tersebar dari mulut ke mulut hingga pada akhirnya dikenal oleh masyarakat luas. Cerita ini tergolong kisah fiktif yang tidak dapat dibuktikan dan dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Terkadang ada beberapa cerita rakyat yang mampu menyodorkan bukti-bukti fisik sebagai bentuk bahwa kisah tersebut memang benar adanya. Tetapi, tak sedikit pula dari bukti atau fenomena itu yang dapat dijelaskan secara ilmiah tidak seperti yang terkandung dalam cerita rakyat.

Advertisement

Kendati demikian, cerita rakyat tersebut dihargai sebagai kekayaan budaya dan sejarah, serta diabadikan dalam bentuk tulisan.

Cerita rakyat atau dalam istilah lain dikenal dengan folklor ini memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannnya dengan cerita lain, di antaranya bersifat tradisional dan disampaikan secara lisan.

Cerita rakyat juga tidak memiliki pengarang yang jelas dan disampaikan secara turun-temurun, memiliki banyak versi, mengandung nilai-nilai luhur, dan sarat akan bentuk klise dalam pengungkapannya.

Menuturkan suatu cerita rakyat dapat menjadi sarana pendidikan bagi masyarakat. Pasalnya, kisah tersebut memang bertujuan menyampaikan suatu pesan tertentu yang dapat bermanfaat bagi pembaca atau orang yang mendengar kisah tersebut.

Di samping itu, cerita rakyat juga dapat menjadi sarana hiburan dan sosial budaya. Cerita fiktif yang satu ini dapat memberikan pengalaman imajinasi sembari menyematkan nilai moral yang dapat dijadikan contoh bagi masyarakat.

Keberagaman budaya Indonesia membuat cerita rakyat yang tersebar di antara masyarakat pun begitu banyak. Bahkan, setiap daerah memiliki folklor masing-masing. Adapun cerita yang populer di antaranya, Malin Kundang (Sumatra Barat), Legenda Danau Toba (Sumatra Utara), Luntung Kasarung (Jawa Barat), Putri Mandalika (Lombok), Legenda Rawa Pening (Jawa Tengah), dan masih banyak lagi.

Pengertian Cerita Rakyat Menurut Ahli

Menurut Sisyono dkk, cerita rakyat merupakan sebuah karya sastra yang berkembang di kalangan masyarakat tradisional. Cerita ini disebarkan dari mulut ke mulut dan biasanya identitas pengarangnya tidak diketahui (anonim).

Selain itu, penyair Suripan Sadi Hutomo mengartikan cerita rakyat sebagai kisah yang diwariskan turun temurun dari generasi lama ke generasi baru secara lisan. Cerita rakyat bisa diartikan sebagai wujud ekspresi suatu budaya yang ada di masyarakat melalui tutur, yang memiliki hubungan langsung dengan aspek budaya dan nilai sosial masyarakat itu sendiri.

Macam-Macam Cerita Rakyat

Cerita rakyat dibagi menjadi beberapa macam, yakni:

- Epos: cerita kepahlawanan. Contohnya, “Mahabarata” dan “Ramayana”.

- Cerita Jenaka: menceritakan kebodohan atau memiliki unsur humor. Contohnya, “Pak Pandir”, dan “Si Kabayan”.

- Paralel: Memiliki tokoh manusia dan hewan. Contohnya, “Semut dan Belalang”.

- Parabel: menggambarkan cerita moral dengan para tokoh benda mati, seperti “Kisah Sepasang Slop”.

- Fabel: memiliki tokoh binatang yang berperilaku layaknya manusia, contohnya kisah “Kancil yang Cerdik”.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement