Rekomendasi Urutan Skincare Pria Berdasarkan Jenis Kulit

Dwi Latifatul Fajri
27 Januari 2022, 12:00
Skincare Pria
Pexels.com/Ron Lach
Urutan Skincare Malam Cowok

Tak hanya wanita, pria membutuhkan perawatan kulit atau skincare. Aktivitas sehari-hari dan polusi berdampak pada kulit pria sehingga membutuhkan perawatan.

Kulit pria memiliki struktur dan ketebalan kulit yang berbeda dengan wanita. Oleh karena itu, kulit membutuhkan perawatan yang berbeda dengan wanita.

Mengutip dari mindbodygreen.com, peneliti menemukan produksi kolagen dan elastin 20% lebih tebal pada pria. Penemuan ini membuat pria bisa mempertahankan lapisan kulit lebih lama, hingga memunculkan tanda-tanda penuaan.

Para ahli menjelaskan kulit pria cenderung berminyak. Hal ini terjadi karena hormon testosteron meningkatkan produksi minyak. Hal ini membuat rambut pria lebih tebal dan kuat dari wanita. Tetapi, pria juga membutuhkan perawatan kulit.

Skincare Pria Berdasarkan Jenis Kulit

Sekarang ini banyak produk skincare khusus pria untuk membuat kulit lebih sehat. Beberapa orang menginginkan kulit sehat dan tampak lebih muda.

Sebelum memilih produk perawatan kulit, ada baiknya anda mempelajari produk yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu anda juga harus mempertimbangkan skincare yang cocok meski produk tersebut dipakai untuk wanita.

Kenali jenis kulit pada pria yaitu:

  1. Kulit normal cerah dan tidak sensitif.
  2. Kulit kering bersisik, kasar, dan gatal.
  3. Kulit berminyak dan mengkilap.
  4. Kombinasi kulit berminyak di beberapa daerah.
  5. Kulit sensitif tidak cocok memakai skincare tertentu.

Urutan Skincare Pria

Setelah mengetahui jenis kulit pada pria, selanjutnya adalah perawatan sehari-hari untuk kulit. Anda bisa konsultasi ke dokter atau mencari sendiri skincare yang tepat.

Berikut tips urutan skincare untuk pria sehari-hari:

1. Cuci Muka

Cuci muka dilakukan setelah mandi, olahraga atau bekerja, kulit akan berkeringat dan berminyak. Setelah istirahat, ada baiknya anda mencuci muka setiap hari memakai sabun wajah yang sesuai.

Ketika mencuci muka, cobalah pembersih wajah, dan pakai air hangat untuk membilas. Setelah itu pakai handuk khusus muka untuk mengeringkan.

2. Pakai Pelembab

Setelah mencuci muka, pakai pelembab wajah untuk melembabkan kulit. Pelembab ini bermanfaat untuk mengurangi garis-gari halus, mencerahkan kulit, dan membuat wajah terlihat lebih muda.

Mengutip dari medicalnewstoday.com, berikut tips memakai pelembab:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...