Rekomendasi Urutan Skincare Pria Berdasarkan Jenis Kulit

Saat ini banyak produk skincare khusus pria untuk menjaga dan merawat kulit wajah. Berikut tips memilih skincare pria sesuai jenis kulit dan urutan pemakaiannya.
Dwi Latifatul Fajri
27 Januari 2022, 12:00
Skincare Pria
Pexels.com/Ron Lach
Urutan Skincare Malam Cowok

Tak hanya wanita, pria membutuhkan perawatan kulit atau skincare. Aktivitas sehari-hari dan polusi berdampak pada kulit pria sehingga membutuhkan perawatan.

Kulit pria memiliki struktur dan ketebalan kulit yang berbeda dengan wanita. Oleh karena itu, kulit membutuhkan perawatan yang berbeda dengan wanita.

Mengutip dari mindbodygreen.com, peneliti menemukan produksi kolagen dan elastin 20% lebih tebal pada pria. Penemuan ini membuat pria bisa mempertahankan lapisan kulit lebih lama, hingga memunculkan tanda-tanda penuaan.

Para ahli menjelaskan kulit pria cenderung berminyak. Hal ini terjadi karena hormon testosteron meningkatkan produksi minyak. Hal ini membuat rambut pria lebih tebal dan kuat dari wanita. Tetapi, pria juga membutuhkan perawatan kulit.

Advertisement

Skincare Pria Berdasarkan Jenis Kulit

Sekarang ini banyak produk skincare khusus pria untuk membuat kulit lebih sehat. Beberapa orang menginginkan kulit sehat dan tampak lebih muda.

Sebelum memilih produk perawatan kulit, ada baiknya anda mempelajari produk yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu anda juga harus mempertimbangkan skincare yang cocok meski produk tersebut dipakai untuk wanita.

Kenali jenis kulit pada pria yaitu:

  1. Kulit normal cerah dan tidak sensitif.
  2. Kulit kering bersisik, kasar, dan gatal.
  3. Kulit berminyak dan mengkilap.
  4. Kombinasi kulit berminyak di beberapa daerah.
  5. Kulit sensitif tidak cocok memakai skincare tertentu.

Urutan Skincare Pria

Setelah mengetahui jenis kulit pada pria, selanjutnya adalah perawatan sehari-hari untuk kulit. Anda bisa konsultasi ke dokter atau mencari sendiri skincare yang tepat.

Berikut tips urutan skincare untuk pria sehari-hari:

1. Cuci Muka

Cuci muka dilakukan setelah mandi, olahraga atau bekerja, kulit akan berkeringat dan berminyak. Setelah istirahat, ada baiknya anda mencuci muka setiap hari memakai sabun wajah yang sesuai.

Ketika mencuci muka, cobalah pembersih wajah, dan pakai air hangat untuk membilas. Setelah itu pakai handuk khusus muka untuk mengeringkan.

2. Pakai Pelembab

Setelah mencuci muka, pakai pelembab wajah untuk melembabkan kulit. Pelembab ini bermanfaat untuk mengurangi garis-gari halus, mencerahkan kulit, dan membuat wajah terlihat lebih muda.

Mengutip dari medicalnewstoday.com, berikut tips memakai pelembab:

  • Pertama cuci tangan terlebih dahulu.
  • Setelah itu oleskan pelembab di tangan.
  • Hindari memakai air panas ketika memakai pelembab.
  • Pakai pelembab menggunakan sabun yang ringan di kulit.
  • Selain itu rutin minum air putih untuk menjaga kelembaban kulit secara alami.

3. Tabir Surya

Pemakaian tabir surya dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Manfaat tabir surya yang lain yaitu mencegah kerutan, bintik-bintik penuaan, dan kanker kulit.

Anda bisa mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 untuk aktivitas luar ruangan. Oleskan tabir surya di wajah, telinga, leher, dan area kulit yang terpapar matahari.

4. Cek Rutin Kulit

Cobalah untuk memeriksa kulit jika terjadi bintik-bintik, perubahan warna, sampai berdarah. Bintik pada kulit bisa menjadi tanda-tanda penyakit kulit.

5. Mencukur

Mencukur wajah termasuk perawatan harian kulit. Ada teknik mencukur yang baik yaitu:

  • Basuh wajah memakai air bersih.
  • Oleskan krim cukur untuk melembabkan.
  • Pakai pisau cukur lalu potong searah.
  • Bilas memakai air bersih.
  • Ganti pisau cukur setelah dipakai 5 sampai 7 kali.
  • Setelah mencukur pakai pelembab.

Skincare Pria Berminyak atau Jerawat

Kulit berminyak hingga mengkilat terkadang mengganggu. Beberapa orang bisa mengalami kulit sensitif ketika memakai produk skincare yang salah. Jenis kulit berminyak perlu menerapkan rutinitas perawatan kulit di pagi hari dan malam hari.

Berikut Tips skincare untuk pria berminyak:

  1. Hindari menyentuh wajah terlalu sering ketika ada jerawat.
  2. Pakai ujung jari untuk mengoleskan salep atau skincare jerawat.
  3. Keramas secara teratur.
  4. Hindari terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  5. Pakai tabir surya SPF 30 ketika berada di luar ruangan.
  6. Jangan pencet atau menggaruk jerawat.

Urutan Skincare Malam Cowok

Remaja dan orang dewasa membutuhkan perawatan kulit malam untuk kesehatan kulit. Skincare malam ini berguna untuk mencegah kerusakan kulit ketika terkena matahari.

Berikut urutan skincare malam untuk laki-laki:

1. Pembersih

Sebelum tidur pastikan wajah dibersihkan terlebih dahulu. Pakai pembersih untuk membersihkan dan melembabkan wajah. Kulit perlu dibersihkan setelah seharian beraktivitas.

2. Pakai Toner

Toner berguna untuk mengecilkan pori-pori dan membantu membersihkan wajah. Toner termasuk produk skincare yang bisa dipakai jenis kulit berminyak dan berjerawat.

3. Serum Malam

Serum berguna untuk mencegah penuaan, memberi nutrisi, dan hidrasi pada kulit. Serum cocok dipakai pada malam hari untuk memberikan nutrisi dan perawatan kulit ketika tidur.

4. Krim Malam dan Krim Mata

Krim khusus mata dioleskan dibagian bawah mata. Krim mata ini umumnya mengandung antioksidan, mencegah kerutan, dan garis halus di area sekitar mata. Sedangkan krim mata membantu meremajakan kulit dan hidrasi.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait