Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Secara Baik dan Benar

Pemakaian skincare ada aturannya sendiri. Mengaplikasikan skincare dengan urutan tepat, dapat meningkatkan kinerja produk lebih optimal.
Image title
7 September 2021, 21:50
Ilustrasi produk skincare
Freepik
Ilustrasi produk skincare

Perawatan kulit merupakan salah satu rutinitas yang tidak boleh dilewatkan. Kini banyak produk skincare yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit, terlebih kulit wajah. Meski demikian, skincare perlu diaplikasikan sesuai urutan agar mendapatkan hasil maksimal.

Ada banyak produk yang bisa digunakan untuk mendapatkan kulit wajah sehat dan terawat, seperti toner, serum, moisturizer, dan sebagainya. Setiap produk memiliki tekstur berbeda ada yang berbentuk gel, krim, atau bahkan cair.

Sebelum mengetahui urutan pemakaian skincare, Anda perlu memahami kandungan dalam produk yang akan digunakan. Itu karena, zat aktif dalam skincare saling bereaksi ketika diaplikasikan pada kulit. Untuk itu, mengaplikasikan skincare dengan urutan tepat dapat membuat kulit siap menerima produk, serta dapat meningkatkan kinerja produk lebih optimal.

Nah, apabila sudah tahu pentingnya memakai skincare sesuai urutan, berikut urutan pemakaian skincare yang tepat, terutama untuk pemula.

Advertisement
 
Ilustrasi penggunaan cuka apel untuk wajah
Ilustrasi penggunaan cuka apel untuk wajah (Sarah Chai/Pexels)

 

 

Urutan skincare pagi

Terdapat perbedaan pada urutan penggunaan skincare saat pagi dan malam hari. Untuk pagi hari, penggunaan produk skincare bertujuan melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV) dari matahari dan polusi udara. Berikut urutan skincare pagi hari yang benar dilakukan.

1. Cleanser

Urutan pemakaian skincare paling pertama adalah membersihkan wajah. Anda dapat membersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah, baik facial wash atau facial foam.

Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka setelah bangun pagi bertujuan menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman saat tidur. Jika wajah sudah bersih, produk skincare yang akan digunakan selanjutnya menjadi lebih mudah menempel dan meresap ke dalam kulit wajah.

2. Toner wajah

Urutan pemakaian skincare pagi berikutnya adalah toner wajah. Toner berfungsi mengangkat sisa kotoran dan minyak berlebih yang masih menempel setelah membersihkan wajah.

Bagi pemilik kulit berjerawat, memakai toner dengan kandungan tertentu dapat membantu meredakan peradangan, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari. Penggunaan toner juga berfungsi membantu mengembalikan pH kulit yang hilang saat tahapan mencuci muka.

Selain itu, toner bisa membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan produk skincare lainnya, seperti serum dan pelembap.

3. Essence

Bagi Anda yang mengikuti tren skincare, tentu sudah tidak asing lagi dengan produk essence. Banyak perempuan yang mewajibkan essence sebagai salah satu produk perawatan wajah hariannya. Termasuk dalam urutan pemakaian skincare pagi.

Essence adalah cairan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi. Essence berfungsi untuk melembapkan dan membantu produk skincare selanjutnya meresap lebih baik ke dalam kulit.

Essence memiliki kandungan asam hialuronat, gliserin, dan vitamin C yang tinggi dan dapat membantu menenangkan, menutrisi kulit, serta mencegah penuaan.

Anda dapat menggunakan essence dalam urutan pemakaian skincare sesudah memakai toner atau sebelum menggunakan serum wajah. Caranya, cukup tuang beberapa tetes essence ke telapak tangan lalu oleskan ke seluruh permukaan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan.

4. Serum wajah

Selanjutnya, urutan pemakaian skincare pagi adalah serum wajah. Serum biasanya berbentuk cairan yang lebih kental daripada essence. Produk ini memiliki tekstur ringan dan mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi. Serum dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembap atau krim wajah.

Cara memakai serum wajah adalah dengan menuangkannya ke telapak tangan secukupnya atau seukuran lebih besar dari kacang polong. Lalu, oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara merata. Tepuk-tepuk area wajah dan leher secara perlahan agar serum wajah dapat menyerap ke dalam kulit dengan sempurna.

Untuk hasil yang maksimal, profesor dari departemen dermatologi Harvard Medical School, Dr. Maryam M. Asgari menekankan bahwa serum harus dioles pada kulit yang sudah bersih. Setelah terserap benar, urutan pemakaian skincare bisa dilanjutkan dengan menggunakan pelembap atau moisturizer.

5. Pelembap atau moisturizer

Mengoleskan pelembap atau moisturizer adalah urutan skincare pagi berikutnya. Moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulit wajah serta menghaluskan.

Bagi pemilik kulit wajah kering, Anda dapat memilih pelembab dengan tekstrur krim. Tekstur krim yang lebih tebal juga bisa dipilih oleh pemilik kulit wajah normal dan kulit wajah kombinasi. Sementara itu, untuk tipe kulit wajah berminyak dapat menggunakan pelembap bertekstur cair atau gel.

Cara memakainya, ambil pelembap dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat.

Lewati penggunaan pelembap apabila toner atau serum wajah Anda sudah cukup melembapkan kulit, terutama bagi pemilik kulit berminyak. Gunakanlah produk pelembap yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit Anda.

6. Tabir surya atau sunscreen

Menggunakan tabir surya atau sunscreen adalah urutan skincare pagi hari yang wajib Anda gunakan setiap harinya. Produk perawatan wajah satu ini berfungsi membantu melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari. Skincare yang direkomendasikan untuk sunscreen setidaknya memiliki SPF 30.

Cara menggunakan sunscreen adalah, dengan mengoleskan produk ke seluruh permukaan wajah sembari memijatnya dengan gerakan memutar searah jarum jam secara perlahan. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik.

Setelah urutan skincare pagi hari selesai, Anda bisa langsung menggunakan produk make up atau riasan wajah yang diinginkan.

Skincare
Skincare (Freepik)


Urutan Skincare Malam yang Baik dan Benar

Perawatan wajah tak hanya dilakukan pada pagi hari. Anda juga wajib merawat kulit wajah pada malam hari. Setelah menjalani rutinitas padat di pagi hingga sore hari, gunakan waktu pada malam hari untuk menenangkan wajah dengan melakukan perawatan kulit secara tepat.

Meski tidak jauh berbeda dengan pemakaian skincare di pagi hari, tetap ada beberapa produk skincare tambahan yang perlu digunakan malam hari. Berikut adalah tahapan penggunaannya.

1. Make up remover

Tahapan pemakaian skincare di malam hari yang paling penting adalah menggunakan make up remover. Pastikan Anda selalu membersihkan make up atau kosmetik yang digunakan selama seharian beraktivitas.

Kebersihan wajah mampu mempertahankan kesehatan kulit dan mencegah dampak negatif dari produk make up yang tersisa. Anda dapat menggunakan make up remover berbahan dasar minyak untuk menghapus make up yang mengandung minyak. Akan tetapi, bagi pemilik kulit wajah berminyak sebaiknya gunakan make up remover berbahan dasar air agar wajah tidak semakin berminyak.

2. Produk pembersih wajah

Membersihkan wajah di malam hari setelah seharian berkegiatan di luar, penting untuk dilakukan. Langkah tersebut untuk memastikan tidak ada lagi sisa make up, minyak, dan kotoran yang tertinggal di wajah. Selanjutnya, cuci muka dengan sabun pembersih sesuai tipe kulit wajah dan bilas menggunakan air mengalir.

3. Scrub wajah atau eksfoliasi

Tahapan pemakaian skincare di malam hari selanjutnya adalah menggunakan eksfoliasi atau scrub yang bertujuan mengangkat sel-sel kulit mati di wajah. Perlu diketahui bahwa melakukan eksfoliasi wajah tidak boleh dilakukan setiap malam, cukup 1-2 kali dalam seminggu.

4. Toner

Toner bisa digunakan setelah mencuci muka dengan sabun pembersih. Pilihlah toner wajah yang mengandung asam laktat, asam hialuronat, dan gliserin untuk memberikan efek melembapkan kulit sepanjang malam. Toner juga berfungsi untuk membantu mempersiapkan kulit menyerap produk skincare selanjutnya.

5. Serum wajah dan essence

Sama seperti tahapan cara pakai skincare di pagi hari, setelah menggunakan toner, Anda bisa memakai essence dan dilanjutkan dengan serum wajah. Baik serum wajah dan essence sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yakni melembapkan dan menghaluskan kulit wajah. Sesudah essence meresap dengan sempurna ke dalam kulit, barulah gunakan serum wajah. 

6. Krim mata atau eye cream

Krim mata atau eye cream adalah salah satu produk perawatan kulit paling penting dalam pemakaian skincare di malam hari. Khususnya bagi Anda yang memiliki mata panda, kantung mata, serta kerutan di area mata. Pilihlah eye cream yang mengandung konsentrat tinggi, seperti antioksidan dan peptida. Gunakan dengan cara mengoleskannya ke area bawah mata secara perlahan.

7. Krim malam (night cream) dan sleeping mask

Krim malam berfungsi sebagai pengganti pelembap yang biasa kita gunakan di pagi hari. Krim malam  memiliki kandungan serta fungsi yang lebih khusus, baik itu melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, atau memudarkan noda. Sementara itu, sleeping mask adalah produk perawatan kulit di malam hari yang bersifat opsional, tetapi tetap memberikan efek positif bagi kulit wajah.

Fungsi pemakaian dua produk skincare ini dapat membantu melembapkan kulit wajah selama tidur semalaman. Oleskan krim malam secukupnya pada permukaan wajah hingga leher, disertai memijat wajah dengan perlahan. Setelah krim malam meresap, oleskan sleeping mask dan biarkan meresap semalaman.

8. Face oil

Bagi pemilik kulit kering, sempurnakan tahapan pemakaian skincare di malam hari dengan menggunakan face oil. Produk ini disarankan hanya digunakan malam hari untuk menghindari kulit terlihat berminyak dan lengket.

Tuang beberapa tetes face oil ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk ke seluruh permukaan wajah. Untuk hasil yang maksimal, jangan lagi menggunakan produk perawatan wajah lainnya setelah memakai face oil. Bagi yang memiliki kulit wajah berminyak dan cenderung mudah berjerawat, sebaiknya hindari menggunakan face oil. Jika tidak, kulit wajah yang semakin berminyak rentan menimbulkan jerawat.

Tahapan-tahapan di atas merupakan urutan pemakaian skincare yang tepat setiap hari. Jadi, apakah urutan cara pakai skincare kamu selama ini sudah tepat atau belum?

Hal penting yang perlu diketahui dalam memakai skincare di pagi dan malam hari adalah, gunakan produk dengan tekstur yang paling ringan ke yang paling berat. Misalnya, pakai produk dengan bahan dasar air terlebih dahulu baru menggunakan produk berbahan dasar minyak.

Perlu diketahui juga, tidak semua orang cocok dengan tahapan pemakaian skincare di atas. Jika kamu ragu, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi produk perawatan, sesuai kondisi kulit beserta urutan pemakaian skincare yang tepat.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait