15 Ide Peluang Usaha Rumahan di Tahun 2022

Dwi Latifatul Fajri
12 Januari 2022, 14:24
Peluang usaha
Unsplash/ Romain V
Peluang usaha yang belum banyak pesaing

Peluang usaha 2022 bisa menghasilkan keuntungan lebih. Beberapa usaha bisa dilakukan melalui modal kecil untuk membantu kondisi ekonomi yang melemah karena pandemi Covid-19.

Peluang usaha ini bisa dimulai dari rumah, seperti menjual jasa, makanan, dan kebutuhan. Peluang usaha rumahan bisa memberi keuntungan yang menjanjikan apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Peluang Usaha 2022

1. Digital Printing

Digital printing merupakan peluang usaha yang menggunakan teknik digital sebagai media transfer, antara materi ke media percetakan. Secara umum, digital printing ini adalah proses cetak gambar yang sudah didesain kemudian menuju material atau media fisik.

2. Merilis Buku Elektronik

Sekarang ini buku bisa dirilis tanpa perlu dicetak. Anda bisa membuat buku elektronik yang bisa dijual secara online. Contoh buku elektronik yang bisa dijual di Amazon, Google Play, Rakata, dan masih banyak lagi.

3. Membuat Desain dan Menjual Desain Kaos

Peluang usaha berikutnya adalah membuat desain dan menjual kaos secara online. Selain kaos, anda bisa menjual desain untuk topi, pelindung ponsel, jaket, rok, dan tas kanvas.

Anda bisa membuat ide atau memulai bisnis bersama teman-teman. Selain itu anda bisa mengunggah ide desain untuk dipasarkan di situs freelance seperti Fiverr, Upwork, Dribbel, dan lainnya.

4. Membuat Kelas Online Bersertifikat

Anda bisa memulai menjadi tutor untuk merilis kursus online. Beberapa website menyediakan lowongan pekerjaan tutor untuk bidang tertentu seperti musik, kursus, kerajinan, dan masih banyak lagi.

5. Membuat Produk Digital

Produk digital bisa menjadi ide bisnis untuk dijual di pasaran. Anda bisa membuat template dan informasi produk. Beberapa website menawarkan produk digital untuk dijual dipasaran.Contoh menjual jasa produk digital yaitu menyediakan domain, hosting, template, menjual akun, jasa ketik, dan menjual item game.

6. Menjual Poster, Kartu Ucapan, dan Kartu Cetak

Jika anda menyukai desain dan edit foto, cobalah untuk memulai menjual poster dan kartu ucapan. Anda bisa mendaftarkan diri untuk menjual jasa melalui e-commerce.

7. Menjadi Reseller

Reseller adalah proses penjualan kembali suatu barang dari supplier (pemasok). Sehingga reseller bisa menjual kembali tanpa ada stok bareng dan komisi yang ditetapkan sesuai dengan supplier. Ada juga reseller yang membeli barang terlebih dahulu, baru menjual kembali ketika pesanan datang.

8. Dropshipper

Dropshipper termasuk istilah dalam sistem belanja online. Arti dropshipper adalah sistem jual beli tanpa perantara, sehingga pembeli bisa membeli barang dari dropshipper. Berbeda dengan reseller, pemasok barang atau supplier akan mengirimkan barang atas nama dropshipper

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...