Kartu Debit Adalah Kartu Pembayaran Non-Tunai, Berikut Penjelasannya

Image title
21 Februari 2022, 14:55
Kartu debit adalah kartu bank yang dapat digunakan untuk membayar suatu transaksi dan/ atau menarik sejumlah dana.
Katadata
Kartu debit adalah kartu bank yang dapat digunakan untuk membayar suatu transaksi dan/ atau menarik sejumlah dana.

Perkembangan teknologi saat ini memudahkan manusia dalam melakukan beberapa kegiatan, salah satunya dalam hal menabung atau transaksi lainnya yang dapat dilakukan menggunakan kartu debit.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kartu debit adalah kartu bank yang dapat digunakan untuk membayar suatu transaksi dan/ atau menarik sejumlah dana atas beban rekening pemegang kartu yang bersangkutan dengan mengguunakan personal identification number (PIN).

Kartu debit juga bisa diartikan sebagai kartu pembayaran non-tunai yang diterbitkan suatu bank dan mengacu pada saldo yang ada di rekening bank tersebut. Dengan kartu ini, pengguna bisa melakukan pembayaran non-tunai sesuai jumlah saldo, tarik tunai, hingga cek saldo.

Nasabah yang terdaftar dalam suatu bank dapat menggunakan kartu debitnya sebagai alat pembayaran maupun alat pengambilan uang pada suatu bank. Sehingga, nasabah tidak perlu membawa uang tunai mereka ke mana-mana.

Setiap bank memiliki jenis kartu debit yang berbeda-beda, namun umumnya urutan kartu dimulai dari silver, gold, dan platinum dengan limit masing-masing. Semakin tinggi tahapan kartu, semakin besar pula limit serta transaksi yang dapat dilakukan.

Cara Membuat Kartu Debit

Cara membuat kartu debit adalah sesuatu yang cukup mudah. Anda hanya perlu mendatangi bank pilihan, lalu memberitahu bahwa Anda hendak membuat kartu debit. Biasanya teller akan mengarahkan nasabah untuk melakukan langkah berikut:

  • Melengkapi dokumen persyaratan, seperti membawa KTP, NPWP, dan sebagainya.
  • Kunjung bank dan ambil nomor antrean.
  • Terakhir, lakukan petunjuk teller sampai kartu berhasil dibuat.

Jenis-jenis Kartu Debit

Saat pembuatan kartu, nasabah akan ditawarkan beberapa jenis kartu dengan beberapa kegunaan sesuai kebutuhan.

1. Kartu debit mastercard

Kartu ini dikeluarkan oleh Mastercard Incorporated. Kartu debit jenis ini dapat dibawa dan digunakan untuk transaksi ke luar negeri.

2. Kartu debit visa

Kartu ini cukup populer, sebab hampir semua transaksi online mewajibkan kartu dengan jenis visa. Sama dengan Mastercard, kartu jenis visa juga dapat melakukan transaksi di luar negeri.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...