6 Manfaat Air Kelapa Hijau untuk Kesehatan

Image title
2 Maret 2022, 10:18
Berikut enam manfaat air kelapa hijau yang mengandung konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya.
NipananLifestyle/Pexels
Berikut enam manfaat air kelapa hijau yang mengandung konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya.

Selain terkenal karena kesegarannya, ada beragam manfaat air kelapa hijau yang bisa didapatkan manusia. Air kelapa mengandung konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya. Anda bisa menemukan minuman tropis di mana saja, karena selain dijual dalam bentuk utuh, air kelapa hijau kini juga dijual dalam bentuk kemasan. 

Selain itu manfaat air kelapa hijau juga dirasakan untuk melancarkan proses pencernaan, melancarkan buang air kecil, hingga meningkatkan produksi air mani. Secara tradisional, manfaat air kelapa hijau untuk mengatasi dehidrasi. Ada pula berbagai manfaat air kelapa hijau lainnya yang menarik untuk diketahui.

Advertisement

Manfaat Air Kelapa Hijau

Selain dua manfaat di atas ada sejumlah manfaat lain yang bisa didapatkan bila rutin mengonsumsi air kelapa hijau. Berikut aneka manfaat air kelapa hijau yang dilansir dari Halodoc.com:

1. Pencegah Batu Ginjal

Manfaat air kelapa hijau yang pertama adalah membantu mencegah terjadinya batu ginjal. Walaupun air putih yang merupakan pilihan yang sangat baik. Dalam sejumlah penelitian menunjukkan bahwa air kelapa hijau mungkin lebih baik untuk pencegahan batu ginjal.

Dalam sebuah studi pada tikus dengan batu ginjal, air kelapa hijau mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Namun, mungkin masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa hijau untuk kasus yang satu ini.

2. Memperbaiki Kesehatan Kulit

Manfaat air kelapa hijau yang kedua adalah membantu mengobati jerawat. Hal itu dikarenakan kandungan dan khasiat dari air kelapa hijau bersifat antimikroba. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi air kelapa hijau dapat membantu sistem antioksidan dengan menetralkan efek radikal bebas.

3. Pengganti Cairan Setelah Berolahraga

Khasiat air kelapa hijau berikutnya adalah untuk pemulihan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga. Elektrolit merupakan mineral yang berperan penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat.

Beberapa elektrolit vital yaitu kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Karena air kelapa hijau mengandung elektrolit seperti kalium dan magnesium, beberapa penelitian menemukan bahwa air kelapa hijau lebih bermanfaat dibandingkan air untuk memenuhi cairan tubuh setelah berolahraga.

4. Bahan Kalsium dan Magnesium

Kandungan kalsium dan magnesium dalam air kelapa hijau sangatlah kaya. Apabila dibandingkan minuman olahraga atau jus buah lainnya. Kandungan kalsium dan magnesium dalam air kelapa hijau kurang dari 5% dari jumlah kalsium dan magnesium yang direkomendasikan. Sehingga air kelapa baik untuk kekuatan tulang, gigi, dan otot.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement