6 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil dan Rekomendasinya

Image title
2 Maret 2022, 11:57
Ilustrasi konsumsi yogurt. Manfaat yogurt untuk ibu hamil antara lain memenuhi kebutuhan kalsium, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah tinggi.
Unsplash/Cats Coming
Ilustrasi konsumsi yogurt

Makan sehat selama kehamilan akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu hamil. Mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dapat memastikan nutrisi yang tepat untuk mendukung kehamilan dan janin.

Terdapat sejumlah makanan sehat yang direkomendasikan untuk ibu hamil, salah satunya yogurt. Bahan utama dalam yogurt adalah susu yang difermentasi. Dalam yogurt, bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus membantu proses fermentasi.

Mengonsumsi yogurt selama kehamilan membawa banyak manfaat kesehatan. Yogurt mengandung kalsium yang dibutuhkan ibu hamil. American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan ibu hamil dan menyusui berusia 19 tahun ke atas untuk mengonsumsi 1.000 mg kalsium setiap hari. Tubuh tidak dapat membuat kalsium, jadi ibu hamil perlu mendapatkannya dari makanan, salah satunya yogurt.

Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

Berikut berbagai manfaat yogurt untuk ibu hamil.

1. Memenuhi kebutuhan kalsium

Yogurt adalah sumber kalsium yang baik, yang diperlukan untuk perkembangan tulang dan gigi bayi, serta fungsi jantung, saraf, dan otot. Berdasarkan publikasi dalam The Journal of Obstetrics and Gynecology of India, kalsium berpotensi untuk mengurangi komplikasi pada ibu hamil.

Asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi risiko berkembangnya gangguan hipertensi selama kehamilan.Hipertensi selama kehamilan dikaitkan dengan sejumlah besar kematian ibu dan risiko kelahiran prematur, yaitu penyebab utama kematian neonatal dini dan bayi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat yogurt untuk ibu hamil dapat dirasakan dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Menurut studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi yogurt terbukti dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Yoghurt mengandung probiotik, yaitu mikroorganisme yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Penting bagi ibu hamil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu akan berubah sehingga dapat melindungi dirinya dan bayi dari penyakit.

Menurut publikasi Stanford Medicine dalam med.stanford.edu, terdapat pengaturan waktu alami untuk kekebalan tubuh ibu hamil. Pengaturan waktu tersebut dapat membantu dokter memprediksi kelahiran prematur. Para ilmuwan melihat bahwa sel pembunuh alami dan neutrofil juga meningkat selama kehamilan.

Agar kekebalan tubuh tetap terjaga, ibu hamil dapat mengonsumsi yogurt.

3. Menjaga kesehatan tubuh ibu hamil

Mengonsumsi yogurt dapat membantu menjaga kesehatan tubuh ibu hamil. Berdasarkan studi dalam jurnal Cureus, konsumsi yogurt yang mengandung probiotik bermanfaat untuk mencegah infeksi dan mengurangi kelahiran prematur.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...