6 Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil dan Rekomendasinya

Manfaat yogurt untuk ibu hamil antara lain memenuhi kebutuhan kalsium, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah tinggi.
Image title
2 Maret 2022, 11:57
Ilustrasi konsumsi yogurt. Manfaat yogurt untuk ibu hamil antara lain memenuhi kebutuhan kalsium, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan pencernaan, dan menurunkan tekanan darah tinggi.
Unsplash/Cats Coming
Ilustrasi konsumsi yogurt

Makan sehat selama kehamilan akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu hamil. Mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil dapat memastikan nutrisi yang tepat untuk mendukung kehamilan dan janin.

Terdapat sejumlah makanan sehat yang direkomendasikan untuk ibu hamil, salah satunya yogurt. Bahan utama dalam yogurt adalah susu yang difermentasi. Dalam yogurt, bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus membantu proses fermentasi.

Mengonsumsi yogurt selama kehamilan membawa banyak manfaat kesehatan. Yogurt mengandung kalsium yang dibutuhkan ibu hamil. American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) merekomendasikan ibu hamil dan menyusui berusia 19 tahun ke atas untuk mengonsumsi 1.000 mg kalsium setiap hari. Tubuh tidak dapat membuat kalsium, jadi ibu hamil perlu mendapatkannya dari makanan, salah satunya yogurt.

Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

Berikut berbagai manfaat yogurt untuk ibu hamil.

Advertisement

1. Memenuhi kebutuhan kalsium

Yogurt adalah sumber kalsium yang baik, yang diperlukan untuk perkembangan tulang dan gigi bayi, serta fungsi jantung, saraf, dan otot. Berdasarkan publikasi dalam The Journal of Obstetrics and Gynecology of India, kalsium berpotensi untuk mengurangi komplikasi pada ibu hamil.

Asupan kalsium yang cukup dapat mengurangi risiko berkembangnya gangguan hipertensi selama kehamilan.Hipertensi selama kehamilan dikaitkan dengan sejumlah besar kematian ibu dan risiko kelahiran prematur, yaitu penyebab utama kematian neonatal dini dan bayi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat yogurt untuk ibu hamil dapat dirasakan dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Menurut studi dalam The American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi yogurt terbukti dapat merangsang sistem kekebalan tubuh. Yoghurt mengandung probiotik, yaitu mikroorganisme yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Penting bagi ibu hamil untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selama kehamilan, sistem kekebalan tubuh ibu akan berubah sehingga dapat melindungi dirinya dan bayi dari penyakit.

Menurut publikasi Stanford Medicine dalam med.stanford.edu, terdapat pengaturan waktu alami untuk kekebalan tubuh ibu hamil. Pengaturan waktu tersebut dapat membantu dokter memprediksi kelahiran prematur. Para ilmuwan melihat bahwa sel pembunuh alami dan neutrofil juga meningkat selama kehamilan.

Agar kekebalan tubuh tetap terjaga, ibu hamil dapat mengonsumsi yogurt.

3. Menjaga kesehatan tubuh ibu hamil

Mengonsumsi yogurt dapat membantu menjaga kesehatan tubuh ibu hamil. Berdasarkan studi dalam jurnal Cureus, konsumsi yogurt yang mengandung probiotik bermanfaat untuk mencegah infeksi dan mengurangi kelahiran prematur.

Probiotik terdiri dari bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan tubuh ibu hamil agar bekerja dengan baik. Bakteri baik ini membantu melawan bakteri jahat. Selain itu, probiotik dalam yogurt dapat mengurangi risiko eksim pada bayi, dan meningkatkan penanda kesehatan metabolisme pada ibu hamil.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Meningkatkan kesehatan pencernaan termasuk manfaat yogurt untuk ibu hamil. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, yogurt mengandung probiotik. Ini berfungsi membantu mengatur sistem pencernaan dan mengurangi gas, diare, sembelit, dan kembung.

Dikutip dari University of Rochester Medical Center Rochester, hormon kehamilan dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Hormon progesteron menyebabkan relaksasi otot polos, sehingga menyebabkan relaksasi dan memperlambat pencernaan di lambung dan usus kecil dan besar. Kantung empedu juga terpengaruh dengan pengosongan yang tertunda.

Oleh karena itu, mengonsumsi yogurt dapat membantu masalah terkait pencernaan selama kehamilan.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Yogurt dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi pada ibu hamil. Menurut studi, orang yang mengonsumsi setidaknya 2% kalori dari yogurt memiliki tekanan darah lebih rendah dan sekitar 30% lebih kecil kemungkinannya untuk terkena hipertensi dibandingkan orang yang tidak makan yogurt. Penemuan ini dilaporkan oleh American Heart Association's High Blood Pressure Research.

Yogurt mengandung magnesium yang baik untuk tekanan darah tinggi. Kalsium juga ada dalam yogurt untuk membantu kontraksi otot jantung. Jika tekanan darah naik selama kehamilan, jantung dan ginjal akan terkena tekanan ekstra. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung, penyakit ginjal, dan stroke. Maka dari itu, konsumsi yogurt bagi ibu hamil dapat membantu mengatasinya.

6. Memperbaiki kulit selama kehamilan

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), banyak wanita melihat perubahan pada kulit selama kehamilan. Beberapa disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang terjadi selama kehamilan.

Yogurt dapat membantu memperbaiki kulit karena kaya akan riboflavin (vitamin B2), vitamin B6, vitamin B12 dan asam laktat, yaitu senyawa organik yang membantu mengurangi munculnya kerutan dan garis halus.

Rekomendasi Yogurt untuk Ibu Hamil

Greek yogurt merupakan jenis yang bagus untuk wanita hamil karena memiliki protein dua kali lipat dari yogurt biasa, serta merupakan sumber kalsium yang baik. Jenis Greek yogurt mengandung probiotik, vitamin B, fosfor, dan kalsium.

Pastikan untuk memperhatikan aditif dalam yogurt yang Anda pilih karena banyak varietas rasa yang sarat dengan gula. Pilih Greek yogurt tanpa tambahan rasa atau pewarna untuk manfaat optimal bagi ibu hamil. Jika Greek yougurt tidak tersedia, pilih yogurt yang mengandung probiotik. Yoghurt polos tanpa pemanis biasanya merupakan pilihan terbaik untuk ibu hamil.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait