Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil Beserta Risikonya

Image title
2 Maret 2022, 14:19
Manfaat tomat untuk ibu hamil.
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.
Manfaat tomat untuk ibu hamil.

Selama masa kehamilan, baik ibu maupun janinnya memerlukan nutrisi dan vitamin yang lebih banyak untuk menunjang kesehatan dan tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Untuk itu, penting bagi ibu hamil mencukupi asupan buah dan sayuran selama masa kehamilan, salah satunya dengan mengonsumsi tomat.

Mengutip beingtheparent.com, tomat tidak hanya aman selama masa kehamilan, tetapi juga merupakan pilihan yang sangat sehat untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Tomat mengandung vitamin A, C, folat, serta likopen dan zat besi yang dapat menjaga kesehatan janin. Bahkan, vitamin C dalam tomat membantu penyerapan zat besi yang lebih baik untuk ibu hamil.

Manfaat Tomat untuk Ibu Hamil

Meneruskan catatan Baby Destination dan laman terkait lainnya, berikut manfaat tomat untuk ibu hamil.

1. Nilai Nutrisi

Selain kaya akan vitamin A dan C, tomat mengandung mineral, karbohidrat, serat, asam folat dan protein yang penting untuk ibu hamil. Satu tomat berukuran sedang mengandung cukup vitamin C untuk memenuhi 40% asupan harian ibu hamil.

2. Meringankan Gejala Kram Kaki

Kalium yang ada pada tomat mampu meringankan gejala kram kaki dan otot pada ibu hamil. Di samping itu, kalium berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

3. Cegah Kerusakan Sel

Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi likopen yang berasal dari makanan alami, seperti tomat. Sebab, likopen yang berasal dari buah dapat mencegah kerusakan sel pada ibu hamil karena mengandung antioksidan.

4. Pembentukan Tulang dan Gigi

Fosfor dan kalsium dalam tomat berperan dalam membentuk dan menguatkan tulang dan gigi ibu serta bayi. Kalisum juga dapat mengurangi risiko hipertensi saat hamil sampai preeklampsia. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada tomat turut membantu pembentukan kulit.

5. Membantu untuk Tetap Terhidrasi

Tomat memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan dapat menambah hidrasi kehamilan harian seseorang. Terlebih beberapa orang sering kali lupa atau bahkan merasa mual ketika meminum air putih, oleh karena itu tomat memastikan bahwa tubuh tidak kekurangan cairan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...