Tertekan PPKM Darurat, Penjualan Mobil Bakal Terus Turun

Cahya Puteri Abdi Rabbi
2 Juli 2021, 17:26
ppkm, ppkm darurat, otomotif, dealer mobil, penjualan mobil, penjualan otomotif
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Ilustrasi pameran kendaraan. Penjualan mobil diprediksi bakal terdampak aturan PPKM darurat.

Pemerintah resmi memberlakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat untuk wilayah Jawa dan Bali pada 3-20 Juli 2021. Aturan ini secara langsung berdampak pada industri otomotif, terkait operasional produksi, diler penjualan, dan bengkel resmi di kawasan Jawa-Bali.

Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Jongkie Sugiarto berharap aturan PPKM darurat tidak berdampak besar terhadap penjualan dan produksi kendaraan bermotor serta komponen terkait.

Advertisement

Penjualan mobil tahun ini baru mengalami peningkatan di bulan Maret, kemudian turun lagi hingga Mei. Dengan adanya kebijakan PPKM darurat, penjualan mobil akan terus turun di bulan ini. Namun, Jongkie tidak menyebutkan berapa perkiraan penurunan penjualan bulan ini.

“Apapun dampaknya, kami harus terima. Kesehatan masyarakat ada di atas segalanya,” kata Jongkie kepada Katadata.co.id, Jumat (2/7).

Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra mengatakan bakal mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah. Bahkan, Daihatsu akan menutup seluruh showroom penjualannya di Jawa dan Bali selama masa PPKM darurat.

“Seluruh showroom akan tutup 100% dan melaksanakan work form home (WFH). Untuk head office hanya menerapkan 25% work from office (WFO),” kata Amelia kepada Katadata.co.id, Jumat (2/7).

Sementara layanan bengkel akan tetap buka dengan pembatasan aktivitas hanya 25%, dari yang sebelumnya 75%. Ia mengatakan, bengkel tetap buka karena masuk dalam industri strategis yang mendukung pemulihan Covid-19.

“Pabrik juga akan tetap beroperasi karena masuk dalam kategori industri berorientasi ekspor, namun tetap dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso mengatakan kebijakan PPKM darurat pastinya akan berdampak pada penjualan kendaraan. Pembatasan mobilitas masyarakat yang ketat akan membuat .

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement