Tiga Strategi Pemerintah Mengatasi Kelangkaan Oksigen

Safrezi Fitra
12 Juli 2021, 17:04
oksigen, kebutuhan oksigen, oksigen konsentrator, kementerian kesehatan, luhut, impor oksigen, oksigen untuk pasien covid, oksigen langka
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Oksigen untuk pasien Covid-19.

Tingginya jumlah pasien Covid-19 membuat kebutuhan oksigen semakin besar, bahkan saat ini pasokannya sudah semakin menipis dan langka. Untuk mengatasi kelangkaan oksigen ini, pemerintah menyiapkan tiga strategi.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan tiga strategi tersebut. Pertama, pemerintah akan membuka impor oksigen dari luar negeri. Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Perindustrian telah mengizinkan impor oksigen sebesar 600-700 ton per hari.

Strategi kedua, adalah dengan mengambil kelebihan suplai oksigen dari industri. Menurutnya, sejumlah perusahaan besar sudah banyak membantu memasok oksigen untuk medis.

"Perusahaan yang memiliki kelebihan suplai atau 'excess capacity' dari oksigennya sekitar 360-460 ton per hari yang juga dikoordinasikan dengan Kementerian Perindustrian, akan kami pakai," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin (12/7).

Strategi ketiga, dengan mengimpor konsentrator oksigen untuk rumah sakit maupun rumah-rumah biasa. Konsentrator oksigen ini dapat mengambil oksigen dari udara kemudian diproses untuk dapat dihirup oleh pasien.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...