Mendag Lutfi Kejar Investasi hingga Vaksin Covid-19 ke Amerika

Safrezi Fitra
15 Juli 2021, 14:41
mendag, amerika, menteri perdagangan, amerika serikat, investasi, perdagangan, vaksin covid-19
ANTARA FOTO/Ismar Patrizki/mes/wsj.
Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi melakoni kunjungan kerja ke Amerika Serikat (AS). Kunjungan kerja itu dilakukan bersama Menteri Investasi Bahlil Lahadalia selama sembilan hari terhitung sejak 9-18 Juli 2021, di antaranya membahas peningkatan investasi, perdagangan dan kebutuhan vaksin Covid-19 nasional.

“Kunjungan kerja ke Amerika Serikat ini merupakan langkah percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan perdagangan dan investasi," kata Muhammad Lutfi dalam keterangannya yang dikutip Kamis (15/7).

Hari pertama kunjungannya ke AS, Minggu (11/7), mereka langsung mengadakan pertemuan dengan pejabat perwakilan Indonesia di negara tersebut. Pertemuan itu membahas peran ekonomi digital terhadap perekonomian nasional dan potensi sektor ekonomi digital di Indonesia.

Menteri Lutfi juga mendorong para pejabat perwakilan Indonesia di Amerika Serikat untuk menggali potensi ekonomi digital Tanah Air di negara tersebut. "Kontribusi ekonomi digital Indonesia masih relatif kecil terhadap ekonomi nasional. Namun, saat ini pertumbuhan ekonomi digital telah berkembang sangat pesat," kata Lutfi.

Hari berikutnya, Senin (12/7), kedua menteri bersama CEO Indonesia Investment Authority Ridha Wirakusumah bertemu dengan COO US International Development Finance Corporation David Marchick. Mereka membahas sovereign wealth fund dan potensi peningkatan investasi di berbagai sektor di Indonesia, antara lain sektor teknologi, gender dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta perubahan iklim dan vaksin COVID-19.

Selanjutnya, Menteri Lutfi juga bertemu dengan CEO US-Asean Business Council Alex Feldman, membahas berbagai isu perdagangan dan investasi, tren perdagangan global, dan penanganan pandemi COVID-19. Dari hasil pertemuan itu, mereka sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi Indonesia - Amerika Serikat ke level lanjut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...