Cegah Penularan Covid-19, Pemerintah Imbau Jangan Mudik Idul Adha

Cahya Puteri Abdi Rabbi
16 Juli 2021, 15:28
covid, covid-19, mudik, idul adha, potong hewan qurban, shalat idul adha, shalat ied, malam takbiran, solat ied dilarang, sholat ied
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Demi mencegah penularan Covid-19 yang semakin tinggi saat ini, pemerintah mengimbau masyarakat agar tidak mudik saat Idul Adha 1442 Hijriah. Kementerian Agama pun telah mengeluarkan aturan beribadah saat perayaan hari raya qurban.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan ormas-ormas Islam untuk bersama-sama mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan mudik Idul Adha. Mudah-mudahan diterima dengan baik oleh masyarakat,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam konferensi pers virtual, Jumat (16/7).

Yaqut juga meminta masyarakat untuk mematuhi Surat Edaran (SE) Menag Nomor 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha, dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Ada tiga poin pokok yang diatur dalam SE tersebut, yakni meniadakan sementara kegiatan peribadatan di rumah ibadah semua agama yang berada pada wilayah PPKM darurat. Penyelenggaraan malam takbiran di masjid atau mushala, takbir keliling, serta penyelenggaraan salat Idul Adha di masjid atau lapangan yang berada pada wilayah PPKM darurat juga ditiadakan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...