16 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Image title
28 Juli 2021, 14:20
Ilustrasi seorang wanita menggunakan cara mengatasi hidung tersumbat
Andrea Piacquadio/pexels.com
Ilustrasi seorang wanita yang mengalami hidung tersumbat

Hidung tersumbat dapat menyebabkan sesak sehingga sulit bernapas dan bisa membuat Anda merasa lelah. Ketika tubuh bereaksi terhadap zat yang tidak diketahui seperti debu, alergen, atau virus, tubuh meluncurkan respons kekebalan dan peradangan dapat muncul.

Hidung tersumbat muncul ketika peradangan mempengaruhi pembuluh darah di dalam hidung sehingga jaringan hidung membengkak. Penumpukan lendir juga dapat muncul ketika hidung tersumbat. Penyebab hidung tersumbat dapat berasal dari flu biasa, namun juga dapat berarti masalah infeksi yang serius.

Advertisement

Ada beberapa tanda hidung tersumbat meliputi:

  • Hidung berair
  • Sakit hidung
  • Penumpukan lendir
  • Jaringan hidung bengkak

Pengobatan rumahan mungkin cukup untuk mengatasi hidung tersumbat, terutama jika disebabkan oleh flu biasa. Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat dilakukan di rumah tanpa membutuhkan alat khusus. Berikut penjelasannya.

1. Menghirup uap dan minum air hangat

Ini merupakan cara mengatasi hidung tersumbat yang paling sederhana dan efektif. Memegang secangkir air panas dan menghirup uapnya dapat membantu melonggarkan hidung yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala.

Hidung tersumbat terjadi karena ada selaput lendir, minum air hangat dapat membantu menghangatkan daerah yang tersumbat dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir sehingga membantu pengeluaran lendir.

2. Menggunakan handuk basah yang hangat

Cara ini mampu mengatasi pembengkakan dan peradangan pada hidung tersumbat. Dengan menggunakan handuk basah yang hangat, selaput lendir dapat terjaga dan tetap lembab sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Mulailah dengan meletakkan handuk panas atau waslap pada hidung Anda selama sekitar tiga menit. Pastikan handuk tidak terlalu ketat dan Anda masih bisa bernapas dengan mudah.

3. Menggunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih mampu mengatasi hidung tersumbat karena mengandung mentol yang memicu reseptor pada hidung sehingga mampu mengurangi lendir penyebab hidung tersumbat. Minyak kayu putih juga dapat membantu membunuh kuman di dalam dan di sekitar saluran hidung yang menyebabkan infeksi.

Untuk menggunakan minyak kayu putih, oleskan minyak ke tisu dan hirup dalam-dalam. Cara lain adalah menggunakan beberapa tetes minyak dalam semangkuk air hangat dan hirup uapnya selama beberapa menit.

4. Minum air jahe hangat

Jahe adalah tanaman herbal yang aman dan sangat efektif. Terlepas dari kegunaan kulinernya, jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan. Minum air jahe hangat dapat mengatasi hidung tersumbat karena jahe memiliki sifat antihistamin alami yang dapat meredakan peradangan pada hidung.

Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi virus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga mampu meredakan hidung tersumbat dengan mengeringkan kelebihan lendir dan merangsang pembuangan lendir.

5. Makan makanan pedas

Makan makanan pedas adalah cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat dan membuat lendir keluar dari tubuh. Cabai yang digunakan dalam makanan pedas mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang menimbulkan rasa panas dan dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

6. Menghirup aroma bawang bombay

Bawang memiliki sifat antibakteri dari kandungan belerangnya, yang berguna untuk mengatasi hidung tersumbat. Caranya mudah, iris bawang bombay dan cium aromanya. Bawang akan bertindak sebagai pemicu untuk mengeluarkan lendir dan membersihkan hidung.

Anda juga dapat memotong, mengupas, dan mengendus bawang selama lima menit dan hidung Anda akan bersih dalam sekejap. Namun, menggunakan bawang bombay juga dapat menyebabkan mata perih, pastikan Anda tidak memegang area mata ketika menggunakan bawang bombay.

7. Gunakan bantal tambahan untuk menaikkan kepala saat tidur

Saat tidur, sangga kepala Anda dengan bantal tambahan. Posisi tidur terbaik saat hidung tersumbat adalah telentang dengan kepala disandarkan pada bantal. Hal tersebut dapat mengurangi aliran darah ke kepala dan meningkatkan pengeluaran lendir sehingga hidung tidak tersumbat.

8. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu menghilangkan penumpukan lendir di saluran pernapasan dan rongga hidung sehingga mampu mengurangi peradangan dan mengeluarkan bakteri dan virus penyebab hidung tersumbat.

Berkumur air garam mudah dilakukan. Cukup campurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumur selama beberapa detik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement