16 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Hidung yang tersumbat dapat membuat lelah penderita. Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat tanpa obat yang dapat Anda coba.
Image title
28 Juli 2021, 14:20
Ilustrasi seorang wanita menggunakan cara mengatasi hidung tersumbat
Andrea Piacquadio/pexels.com
Ilustrasi seorang wanita yang mengalami hidung tersumbat

Hidung tersumbat dapat menyebabkan sesak sehingga sulit bernapas dan bisa membuat Anda merasa lelah. Ketika tubuh bereaksi terhadap zat yang tidak diketahui seperti debu, alergen, atau virus, tubuh meluncurkan respons kekebalan dan peradangan dapat muncul.

Hidung tersumbat muncul ketika peradangan mempengaruhi pembuluh darah di dalam hidung sehingga jaringan hidung membengkak. Penumpukan lendir juga dapat muncul ketika hidung tersumbat. Penyebab hidung tersumbat dapat berasal dari flu biasa, namun juga dapat berarti masalah infeksi yang serius.

Ada beberapa tanda hidung tersumbat meliputi:

  • Hidung berair
  • Sakit hidung
  • Penumpukan lendir
  • Jaringan hidung bengkak

Pengobatan rumahan mungkin cukup untuk mengatasi hidung tersumbat, terutama jika disebabkan oleh flu biasa. Ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat yang dapat dilakukan di rumah tanpa membutuhkan alat khusus. Berikut penjelasannya.

Advertisement

1. Menghirup uap dan minum air hangat

Ini merupakan cara mengatasi hidung tersumbat yang paling sederhana dan efektif. Memegang secangkir air panas dan menghirup uapnya dapat membantu melonggarkan hidung yang tersumbat dan bahkan meredakan sakit kepala.

Hidung tersumbat terjadi karena ada selaput lendir, minum air hangat dapat membantu menghangatkan daerah yang tersumbat dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir sehingga membantu pengeluaran lendir.

2. Menggunakan handuk basah yang hangat

Cara ini mampu mengatasi pembengkakan dan peradangan pada hidung tersumbat. Dengan menggunakan handuk basah yang hangat, selaput lendir dapat terjaga dan tetap lembab sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Mulailah dengan meletakkan handuk panas atau waslap pada hidung Anda selama sekitar tiga menit. Pastikan handuk tidak terlalu ketat dan Anda masih bisa bernapas dengan mudah.

3. Menggunakan minyak kayu putih

Minyak kayu putih mampu mengatasi hidung tersumbat karena mengandung mentol yang memicu reseptor pada hidung sehingga mampu mengurangi lendir penyebab hidung tersumbat. Minyak kayu putih juga dapat membantu membunuh kuman di dalam dan di sekitar saluran hidung yang menyebabkan infeksi.

Untuk menggunakan minyak kayu putih, oleskan minyak ke tisu dan hirup dalam-dalam. Cara lain adalah menggunakan beberapa tetes minyak dalam semangkuk air hangat dan hirup uapnya selama beberapa menit.

4. Minum air jahe hangat

Jahe adalah tanaman herbal yang aman dan sangat efektif. Terlepas dari kegunaan kulinernya, jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan. Minum air jahe hangat dapat mengatasi hidung tersumbat karena jahe memiliki sifat antihistamin alami yang dapat meredakan peradangan pada hidung.

Jahe juga bermanfaat untuk mengatasi virus dan memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga mampu meredakan hidung tersumbat dengan mengeringkan kelebihan lendir dan merangsang pembuangan lendir.

5. Makan makanan pedas

Makan makanan pedas adalah cara alami untuk mengatasi hidung tersumbat dan membuat lendir keluar dari tubuh. Cabai yang digunakan dalam makanan pedas mengandung capsaicin, yaitu senyawa yang menimbulkan rasa panas dan dapat membantu meredakan hidung tersumbat.

6. Menghirup aroma bawang bombay

Bawang memiliki sifat antibakteri dari kandungan belerangnya, yang berguna untuk mengatasi hidung tersumbat. Caranya mudah, iris bawang bombay dan cium aromanya. Bawang akan bertindak sebagai pemicu untuk mengeluarkan lendir dan membersihkan hidung.

Anda juga dapat memotong, mengupas, dan mengendus bawang selama lima menit dan hidung Anda akan bersih dalam sekejap. Namun, menggunakan bawang bombay juga dapat menyebabkan mata perih, pastikan Anda tidak memegang area mata ketika menggunakan bawang bombay.

7. Gunakan bantal tambahan untuk menaikkan kepala saat tidur

Saat tidur, sangga kepala Anda dengan bantal tambahan. Posisi tidur terbaik saat hidung tersumbat adalah telentang dengan kepala disandarkan pada bantal. Hal tersebut dapat mengurangi aliran darah ke kepala dan meningkatkan pengeluaran lendir sehingga hidung tidak tersumbat.

8. Berkumur dengan air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu menghilangkan penumpukan lendir di saluran pernapasan dan rongga hidung sehingga mampu mengurangi peradangan dan mengeluarkan bakteri dan virus penyebab hidung tersumbat.

Berkumur air garam mudah dilakukan. Cukup campurkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan berkumur selama beberapa detik.

9. Melakukan irigasi hidung

Cara ini agak rumit jika Anda baru pertama kali mencoba. Irigasi hidung aman dan sederhana dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan air garam. Saat irigasi dilakukan melalui saluran hidung Anda, air garam dapat membersihkan alergen, lendir, dan kotoran lainnya, dan membantu melembabkan selaput lendir.

Beberapa orang menggunakan alat yang disebut neti pot untuk membantu mengalirkan air garam ke rongga hidung, tetapi Anda juga dapat menggunakan botol pencet atau pipet. Sebelum melakukan irigasi hidung, siapkan larutan garam yang akan digunakan. Ambil 1 gelas air hangat atau sekitar 200 ml dan tambahkan 1/4 sampai 1/2 sendok teh garam tanpa yodium.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan irigasi hidung:

  1. Berdiri dengan kepala di atas wastafel atau di kamar mandi dan miringkan kepala ke satu sisi.
  2. Tahan napas, kemudian gunakan botol pencet atau pipet untuk menuang larutan garam secara perlahan ke lubang hidung bagian atas.
  3. Biarkan larutan mengalir keluar dari lubang hidung yang lain.
  4. Setelah larutan keluar, Anda bisa bernapas melalui hidung.
  5. Ulangi di sisi yang berlawanan.
  6. Cobalah untuk tidak membiarkan air turun ke belakang tenggorokan Anda. Anda mungkin perlu menyesuaikan posisi kepala sampai Anda menemukan sudut yang tepat.
  7. Tiup hidung Anda dengan lembut ke tisu saat Anda selesai membersihkan lendir.

Pastikan Anda menggunakan air bersih yang sudah direbus atau air minum, jangan air mentah. Cuci botol atau pipet yang digunakan hingga bersih terlebih dahulu.

Cara mengatasi hidung tersumbat pada anak

Mengatasi hidung tersumbat pada anak bisa jadi hal yang sulit dilakukan karena anak-anak lebih rentan dan terkadang susah diatur sehingga butuh penanganan khusus. Berikut ini adalah cara mengatasi hidung tersumbat pada anak yang mudah dilakukan tanpa perlu obat-obatan.

1. Menghirup uap

Ruangan yang hangat dan beruap dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan mengencerkan lendir yang kental sehingga anak mudah untuk bernapas. Cobalah memandikan anak dengan air hangat sebelum tidur. Kemudian, biarkan uap dari air hangat memenuhi ruangan namun tidak boleh terlalu panas sehingga sulit bernapas.

2. Menggunakan alat pelembap ruangan

Humidifier atau alat pelembap ruangan dapat menjaga kelembapan udara sehingga membantu meringankan batuk kering dan dapat mengatasi hidung tersumbat pada anak, terutama di malam hari. Letakkan pelembab udara di kamar anak dan pastikan alat tersebut tidak dapat dijangkau anak sehingga tidak dapat dijadikan mainan. Jaga agar alat pelembab tetap bersih karena jamur dapat dengan mudah tumbuh di ruang basah.

3. Minum air putih yang banyak

Minum air putih yang banyak dapat membantu mengencerkan lendir, sehingga memudahkan anak untuk batuk dan mengeluarkan lendir. Minum air juga mampu mencegah dehidrasi jika anak demam. Balita mungkin lebih suka minum dari cangkir yang menampilkan karakter yang mereka sukai sehingga mudah untuk membuat mereka minum banyak air.

4. Makan sup ayam

Sup ayam memiliki rasa yang lezat sehingga disukai anak-anak. Makan sup ayam yang hangat dapat mengatasi hidung tersumbat dan mengurangi peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sup ayam dapat meredakan peradangan pada saluran pernapasan bagian atas, yang dapat mengurangi gejala hidung tersumbat.

Selain itu, sup ayam dapat membantu anak tetap terhidrasi dan mendorong mereka untuk terus makan sehingga asupan nutrisi tetap terpenuhi saat merasa tidak enak badan.

5. Mengubah posisi tidur

Hidung tersumbat sering memburuk pada malam hari. Salah satu alasannya adalah sinus tidak dapat mengalir dengan mudah saat seseorang berbaring. Beberapa anak mungkin juga merasa haus di malam hari jika mereka sesak dan tidur dengan mulut terbuka.

Anak-anak seringkali tidur tengkurap atau menyamping, untuk mengatasinya, ubah posisi dengan kepala ditinggikan di atas beberapa bantal untuk meringankan gejala hidung tersumbat. 

6. Menjaga kebersihan udara

Orang tua yang merokok tidak boleh merokok di sekitar anak dan tidak boleh membawa anak mengunjungi tempat-tempat yang banyak asap. Meski sulit dikendalikan, polusi udara bisa berdampak signifikan bagi kesehatan anak.

Menurut American Lung Association, anak-anak yang tinggal di daerah dengan udara yang lebih bersih tidak terlalu sering mengalami hidung tersumbat. Menjaga kebersihan udara dapat dimulai dengan membersihkan rumah agar tidak berdebu.

7. Istirahat yang cukup

Beberapa balita biasanya menjadi lemas ketika mereka sakit, namun ada beberapa anak yang justru rewel karena hidung tersumbat dan badan tidak terasa sehat. Ajak anak untuk beristirahat yang cukup agar bisa sembuh secepat mungkin. Istirahat tidak harus dalam bentuk tidur, bermain santai tanpa banyak gerak juga dapat dilakukan.

Cobalah mengatur anak Anda di tempat yang nyaman seperti tempat tidur mereka, sofa, atau bahkan tempat yang nyaman dengan banyak bantal di lantai. Ajak membaca cerita, bermain balok, mewarnai buku, atau menonton film favorit.

Demikian cara mengatasi hidung tersumbat. Jika Anda masih mengalami hidung tersumbat hingga jangka panjang, Anda mungkin memerlukan perawatan medis.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait