Kenali 6 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Rokok memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan. Simak penjelasan bahaya merokok bagi kesehatan berikut ini.
Image title
22 Juni 2021, 12:51
Kenali 6 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh
123RF.com/Belchonok
Ilustrasi bahaya rokok bagi kesehatan jantung

Rokok merupakan lintingan tembakau yang digulung dan dibungkus umumnya menggunakan kertas. Kehadiran rokok sudah bukan lagi menjadi hal yang asing, bahkan dalam keseharian masyarakat kita sangat akrab dengan benda yang satu ini.

Menurut laporan Southeast Asia Tobacco Control Alliance atau SEATCA yang dikumpulkan oleh Databoks menunjukkan Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah perokok terbanyak di Asia Tenggara. Jumlahnya mencapai 34% dari total jumlah penduduk RI pada tahun 2016.

Data tersebut juga menunjukkan sebanyak 79,8% perokok di Indonesia membeli rokok di kios, warung, maupun minimarket. Sedangkan sisanya 17,6% membelinya di supermarket.

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Tingginya jumlah perokok di Indonesia disebabkan banyak faktor. Faktor ketidaktahuan menjadi salah satu penyebabnya.

Apa saja bahaya rokok? Simak penjelasan berikut ini.

1. Pemicu penyakit kanker

Kanker merupakan penyebab kematian yang cukup banyak setelah penyakit jantung. Dan rokok merupakan salah satu penyebab kemunculan penyakit kanker.

Rokok dapat menyebabkan kanker paru-paru, kanker mulut, kanker laring, kanker faring, kanker kerongkongan, dan lainnya.

2. Meningkatkan risiko diabetes

Bahaya rokok lainnya adalah peningkatan risiko diabetes. Penyakit ini muncul karena kadar gula dalam darah yang tinggi. Rokok mengandung nikotin yang diketahui dapat meningkatkan kadar gula dalam darah.

Tidak hanya itu, nikotin juga dapat mengubah proses kimia yang ada di dalam sel sehingga tidak bisa merespon kehadiran insulin dalam tubuh. Insulin yang terganggu membuat kadar gula naik dan tak terkendali.

3. Menurunkan kekebalan tubuh

Imun atau kekebalan tubuh ternyata bisa mengalami penurunan apabila Anda sering terpapar oleh asap rokok. Zat kimia dan tar yang terdapat dalam asap rokok diketahui dapat melemahkan kekebalan tubuh. Tubuh yang lemah lebih rentan terserang penyakit.

4. Gangguan penglihatan

Tidak hanya gangguan sistem pernapasan saja, bahaya merokok bagi kesehatan lainnya adalah gangguan penglihatan. Risiko ketarak dan glaukoma menjadi lebih tinggi ketika Anda sering merokok.

5. Mudah mengalami penyakit yang berhubungan dengan gigi dan mulut

Masalah gigi dan mulut yang biasanya muncul pada mereka yang merokok adalah periodontitis atau  infeksi pada gusi dan berisiko menghancurkan tulang yang menopang gigi. Masalah lainnya, gusi bengkak dan lunak, gusi berdarah, gigi copot, dan gigi sensitif.

6. Gangguan sistem kardiovaskular

Bahaya merokok bagi kesehatan selanjutnya adalah mengganggu sistem kardiovaskular. Sistem ini merupakan sangat penting bagi tubuh. Nikotin yang ada dalam rokok diketahui dapat membuat pembuluh darah menjadi mengencang dan menyebabkan pembatasan aliran darah.

Penyempitan tersebut jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan. Rokok dapat menyebabkan gangguan pasa sistem kardiovaskular, seperti meningkatkan tekanan darah, melemahkan fungsi dinding pembuluh darah, dan meningkatkan kemungkinan pembekuan darah. Hal-hal tersebut yang dapat memicu terjadinya penyakit storke dan jantung koroner.

7. Gangguan sistem pernapasan

Asap rokok yang terhirup dan masuk ke dalam sistem pernapasan dapat menyebabkan terjadinya gangguan dalam sistem pernapasan. Risiko yang muncul mulai dari batuk sampai pada kerusakan paru-paru. Sistem pernapasan yang sudah rusak tentu akan sangat sulit diobati dan butuh biaya menanganan yang tak murah.

Bahaya Rokok Elektrik

Rokok elektrik atau vape merupakan salah satu jenis rokok yang mulai banyak digunakan oleh perokok. Banyak perokok mengklaim vape lebih aman dibandingkan rokok biasa.

Namun, apakah hal tersebut benar adanya? Jawabannya tentu saja tidak. Walaupun memiliki dampak negatif yang lebih sedikit, vape tetap dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti:

  1. Risiko kanker
  2. Memicu darah tinggi, diabetes, dan sakit pada jantung
  3. Menyebabkan kerusakan pada paru-paru
  4. Mengganggu daya ingat dan konsentrasi
  5. Menimbulkan kecanduan

Demikian beberapa bahaya merokok bagi kesehatan baik rokok konvensional maupun elektrik. Berhentilah merokok segera karena memberikan banyak  negatif bagi tubuh Anda dan orang di sekitar yang terpapar asap rokok. 

Editor: Sorta Tobing
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait