10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Cara Mengonsumsinya

Jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi dengan cara yang benar. Simak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan berikut ini.
Image title
3 Agustus 2021, 11:41
Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan tubuh, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, cara mengonsumsi jeruk nipis yang benar, jeruk nipis, khasiat jeruk nipis, kandungan jeruk nipis
Lisa/Pexels
Buah jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh

Tak hanya untuk masakan, jeruk nipis memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Jeruk nipis kaya akan vitamin C, menyediakan lebih dari 20% vitamin C untuk kebutuhan harian. Kandungan zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, kalium, dan banyak lagi dapat ditemukan dalam jeruk nipis sehingga bermanfaat bagi kesehatan.

Jeruk nipis atau disebut juga key lime berasal dari tanaman Citrus aurantiifolia. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau, memiliki diameter 3-6 sentimeter, dan mengandung cairan asam. Rasa asam tersebut berasal dari asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis.

Jeruk nipis yang sudah matang memiliki kulit kekuningan dan daging buah yang hijau. Jeruk nipis dapat disimpan pada suhu kamar selama 3 hingga 5 hari namun lebih baik disimpan dalam kulkas untuk menghindari paparan cahaya dan udara yang dapat mengurangi kualitas.

Rasa asam dengan sedikit rasa manis dan pahit dalam jeruk nipis adalah alasan mengapa jeruk nipis tidak dimakan langsung seperti buah jeruk biasa. Penggunaan jeruk nipis dapat ditemukan dalam masakan, salah satunya menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis.

Hampir seluruh bagian jeruk nipis dapat bermanfaat, mulai dari daun hingga buah. Adapun manfaat jeruk nipis untuk kesehatan berikut ini.

1. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang bernutrisi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebuah penelitian dalam jurnal Antioxidants tahun 2018 menunjukkan bahwa vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih sehingga bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Dalam penelitian pada manusia, mengonsumsi vitamin C membantu mencegah pilek yang parah dan mempercepat penyembuhan serta mengurangi peradangan. Selain vitamin C, jeruk nipis juga merupakan sumber antioksidan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Melancarkan pencernaan

Jeruk nipis bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dengan memecah makromolekul makanan. Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis mampu merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, empedu, dan asam sehingga merangsang gerakan peristaltik untuk menggerakkan makanan ke seluruh usus.

Kandungan asam yang ada dalam jeruk nipis memiliki manfaat untuk membersihkan sistem pembuangan kotoran pada tubuh. Serat dalam jeruk nipis juga dapat membantu meredakan sembelit. Jeruk nipis merupakan obat pencahar alami yang aman untuk diminum.

3. Melawan infeksi

Sebuah penelitian dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mengungkapkan bahwa mengonsumsi jeruk nipis dapat melindungi tubuh dari berbagai mikroba, virus, dan bakteri termasuk Helicobacter pylori (H. pylori).

Bakteri H. pylori dapat masuk ke dalam tubuh Anda dan hidup di saluran pencernaan. Setelah bertahun-tahun, bakteri tersebut dapat menyebabkan luka pada lapisan perut atau bagian atas usus kecil Anda. Jeruk nipis dapat melawan infeksi akibat bakteri tersebut.

4. Meredakan batuk

Jeruk nipis adalah mengandung senyawa bermanfaat seperti vitamin C, beta-karoten, flavonoid, limonoid dan asam sitrat. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipisyang lebih banyak dibandingkan buah jeruk lainnya. Sebagai asam, ia memiliki kemampuan yang diusulkan untuk memecah lendir, jika batuk produktif.

5. Menurunkan berat badan

Jeruk nipis memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan karena kandungan asam sitratnya. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis mampu meningkatkan sistem metabolisme tubuh sehingga membuat tubuh membakar lebih banyak kalori dan mengurangi penyimpanan lemak. Oleh karena itu, ahli gizi sering merekomendasikan untuk minum segelas air jeruk nipis sesudah makan untuk membantu mencegah makan berlebihan.

6. Mencegah diabetes

Tingginya kadar serat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah. Hal tersebut mampu membantu mengurangi risiko lonjakan gula darah bagi penderita diabetes.

Tak hanya itu, jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah yaitu ukuran yang digunakan untuk menentukan seberapa besar makanan dapat mempengaruhi kadar gula darah. Oleh sebab itu, American Diabetes Association merekomendasikan jeruk nipis sebagai makanan untuk mencegah diabetes.

7. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Frank Hu, profesor kedokteran di Harvard Medical School, menunjukkan bahwa makanan yang mengandung vitamin C memiliki potensi untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Selain itu, serat larut dan zat limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan pembuluh darah sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan potasium dan magnesium dalam jeruk nipis juga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan jantung.

8. Menurunkan kolesterol

Zat hesperidin yang terkandung dalam jeruk nipis memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh. Kandungan kalium alami dalam jeruk nipis dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, sementara senyawa jeruk nipis yang disebut limonin dapat menurunkan kadar kolesterol.

9. Meredakan radang sendi

Jeruk nipis bersifat anti-inflamasi sehingga bermanfaat untuk masalah peradangan sendi. Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah kelebihan asam urat dalam tubuh. Asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis memiliki manfaat untuk melarutkan kelebihan asam urat.

10. Melawan tukak lambung

Ulkus peptikum atau disebut juga tukak lambung adalah gangguan yang muncul pada dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung atau bagian pertama dari usus kecil sehingga menghasilkan asam dan pepsin dalam lumen (lorong berongga tempat darah mengalir).

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang disebut flavonoid (limonin glukosida) yang memiliki sifat anti-karsinogenik, antibiotik, dan detoksifikasi yang mampu memicu proses penyembuhan tukak lambung.

Cara mengonsumsi jeruk nipis yang benar

Jeruk nipis yang mengandung banyak manfaat dapat dikonsumsi dengan cara berikut.

  1. Cuci jeruk nipis sebelum dipotong.
  2. Peras sepotong jeruk nipis ke dalam gelas.
  3. Tambahkan air secukupnya.
  4. Tambahkan irisan jeruk nipis ke dalam gelas untuk menambah rasa.
  5. Minum airnya dalam 1 hari untuk rasa terbaik.

Itulah manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan cara mengonsumsi jeruk nipis yang benar. Rutin mengonsumsi jeruk nipis dapat membawa dampak baik bagi kesehatan tubuh.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait