Vaksinasi 95,5%, Polda Metro: Jakarta Telah Mencapai Herd Immunity

Safrezi Fitra
11 Agustus 2021, 10:22
vaksinasi, jakarta herd immunity, jakarta kekebalan kelompok, kekebalan kelompok, vaksinasi di jakarta, vaksin covid19
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas memasukan cairan vaksin sebelum menyuntikan vaksin Covid-19 di halaman rumah warga saat pelaksanaan vaksinasi yang digelar dari pintu ke pintu (door to door) di Cijantung, Pasar Rebo, Jakarat Timur, Rabu (14/7/2021). Vaksinasi secara "door to door" yang diselenggarakan oleh Badan Inteligen Negara (BIN) tersebut menargetkan sebanyak 19 ribu jiwa di 14 provinsi wilayah episentrum

Polda Metro Jaya menyatakan keberhasilan capaian program vaksinasi telah membuat Provinsi DKI Jakarta saat ini telah mencapai kekebalan kelompok (herd immunity). Program vaksinasi di Ibu Kota telah melampaui rujukan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO) untuk mencapai herd immunity.

"Menurut WHO 70%, hari ini Jakarta sudah sekitar 95,5%, sudah melewati 'herd immunity' WHO," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus dalam keterangan tertulis, Selasa (10/8).

Berdasarkan data yang dirilis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di laman resminya, program vaksinasi di Ibu Kota telah menyuntikkan 12,3 juta dosis vaksin hingga 10 Agustus 2021. Rinciannya, 8,63 juta dosis untuk dosis pertama dan 3,67 juta dosis vaksin kedua.

Untuk vaksinasi dosis pertama capaiannya memang tercatat sudah mencapai 96,5%, jauh lebih tinggi dibandingkan capaian nasional yang baru 24,4%. Namun, jumlah penduduk DKI Jakarta yang sudah mendapatkan vaksin lengkap (sudah dua kali vaksin) di Jakarta angkanya baru mencapai 41,1%.

Yusri mengatakan Program Vaksinasi Merdeka yang dilaksanakan oleh Polda Metro Jaya juga berhasil mendorong Jakarta menjadi provinsi dengan angka vaksinasi tertinggi di Indonesia. Menurutnya, Jakarta merupakan provinsi yang paling cepat melakukan percepatan program vaksinasi.

“Sekarang dalam program percepatan vaksinasi, se-Indonesia Jakarta ini nomor satu. Alhamdulillah," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...