Daftar 7 Keajaiban Dunia Baru, Candi Borobudur Tidak Masuk

Dwi Latifatul Fajri
10 September 2021, 15:50
Daftar 7 Keajaiban Dunia Baru, Candi Borobudur Tidak Masuk
ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins/foc/cf

Tujuh keajaiban dunia merupakan tempat bersejarah kuno yang menjadi warisan dunia. Tujuh keajaiban dunia yang terkenal adalah Piramida, Patung Liberty, Menara Eifel, Menara Miring Pisa, Acropolis, dan Tanah Merah Rusia.

Tahun 2000 yayasan Swiss merilis kampanye 7 kejaiban di dunia. Sebenarnya daftar 7 kejaiban dunia sudah disusun pada abad 2 Sebelum Masehi (SM).

Sekitar 100 juta koresponden dari seluruh dunia menyetujui untuk memperbarui 7 keajaiban dunia yang baru. Tahun 2007, dipilih 7 tempat kuno yang menjadi warisan dunia baru. Sayangnya, Candi Borobudur tidak masuk daftar ini.

7 Keajaiban Dunia Baru

Berikut daftar 7 keajaiban dunia baru berdasarkan situs Britannica.com:

1. Tembok Besar Cina

Tembok Besar Cina merupakan kontruksi bangunan terbesari di dunia. Panjang tembok ini adalah 8.850 km (5.500 mil). Tembok besar Cina masuk dalam 7 keajaiban dunia pertama kali pada tahun 1987.

Tembok Cina berperan penting untuk membatasi wilayah perkotaan. Selain itu tembok ini digunakna untuk benteng pertahanan, penanda perbatasan, dan jalur komunikasi.

Proses pengerjaan tembok ini dilakukan selama tiga dinasti. Pertama adalah Dinasti Qin, kedua Dinasti Han, dan penyelesaian pembangunan ketika Dinasti Ming. Pekerjaan dimulai pada abad ke 7 SM dan berlanjut selama dua milenium (2.000 tahun).

Tembok besar memiliki menara suar. Dahulu menara ini digunakan untuk membuat sinyal dari asap ketika siang hari dan api ketika malam hari. Menara suar berfungsi untuk melihat gerak-gerik musuh. Karena selama beberapa dinasti terjadi peperangan.

Dalam tembok ada tiga menara suar yang dibangun diatas tembok. Ada juga menara yang dibangun terpisah untuk mengintai musuh. Bagian tembok berfungsi untuk menghubungkan menara suar, menara pengintai, dan pintu gerbang. Ketinggian tembok bisa berbeda dan tidak rata untuk menghembat bahan dan tenaga.

Ada bagian penting tembok yaitu tembok pelindung, tembok bercelah untuk mengintai, dan tembok melengkung sebagai jalan masuk ke dalam tembok.

2. Chichen Itza

Chichen Itza merupakan bangunan kuno yang berada di Semenanjung Yucatan, Meksiko. Bangunan ini dibentuk oleh suku Maya pada abad ke 9 dan 10 Masehi. Bangunan kokoh ini terpilih sebagai 7 keajaiban dunia pada 7 Juli 2007.

Suku Maya menempati bangunan bertingkat ini selama 200 tahun. Setelah itu mereka berpindah ke daerah pantai di Campeche. Chichen Itza menjadi titik penting kompeks bangunan seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, dan bangunan Seribu Tiang.

Tempat ini digunakan sebagai persembahan saat kekeringan melanda. Penyebabnya karena semenanjung Yukatan tidak memiliki sungai. Hanya ada satu sumber air untuk bertahan hidup. Kemudian bangunan ini berkembang sebagai pusat ekonomi dan politik bangsa Maya. Selain itu, bangunan bertingkat ini sebagai simbol pemujaan dan ilmu pengetahuan.

3. Petra

Petra merupakan situs bersejrah di Ma'an, Yordania. Tempat ini dikenal sebagai bangunan yang dipahat di bebatuan. Petra masuk dalam 7 keajaiban warisan dunia UNESCO pada 6 Desember 1985.

Bangunan ini diperkirakan dibangun awal tahun 312 SM. Petra menjadi simbol Yordania dan tempat wisata populer. Bangunan bersejarah ini berada di tengah Teluk Aqaba dan Laut Mati. Ketinggian bangunan kurang lebih 800 hingga 1.396 meter diatas permukaan laut.

Bangunan ini berada kurang lebih 200 km dari ibukota Yordania. Lokasinya tersembunyi diantara bebatuan dan tebing tinggi. Petra dibangun sebagai tempai memasok air. Bangun tersebut dibangun di antara bebatuan kurang lebih 1,5 kilometer dan kedalaman 200 meter.

Petra dibuat oleh suku Nabatea yang awalnya sebagai suku pengembara. Kemudian bangunan ini dibangun untuk mengumpulkan air bersih ketika bepergian jauh. Kemudian pada abad 4 SM, Petra menjadi pusat perdagangan suku Nabatea.

Salah satu pemahat Nabatea kemudian membuat tempat tinggal, kuil, dan makam menjadi batu pasir. Namun kota ini mengalami pergerseran perdagangan. Bencana alam seperti gempa bumi membuat bangunan ini ditinggalkan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...