Pakar Kesehatan Prediksi Covid-19 Bakal Lebih Terkendali Tahun Ini

Safrezi Fitra
2 Januari 2022, 10:46
Pakar Kesehatan Prediksi Covid-19 Bakal Lebih Terkendali Tahun Ini
Pexels
Ilutrasi virus Covid-19

Pakar ilmu kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Tjandra Yoga Aditama optimistis pandemi Covid-19 dapat lebih terkendali pada 2022. Optimisme ini dipengaruhi perkembangan vaksinasi yang sudah menjangkau banyak masyarakat dunia.

"Akan makin banyak penduduk bumi dan juga kita di Indonesia yang sudah maupun akan mendapat vaksinasi Covid-19 pada tahun ini, walaupun tentu tidak sepenuhnya merata di seluruh dunia," kata Tjandra Yoga Aditama seperti dikutip Antara, Minggu (2/1).

Advertisement

Mantan Direktur WHO Asia Tenggara itu mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menargetkan 70% penduduk dunia sudah mendapatkan vaksin yang memadai pada pertengahan 2022. Sedangkan untuk Indonesia, cakupannya akan lebih dari itu.

Menurutnya, vaksinasi memadai yang dibarengi penerapan protokol kesehatan, akan efektif mengurangi kemungkinan tertular. Setidaknya ini akan mengurangi kemungkinan jatuh sakit berat dan kematian.

Selain itu, vaksinasi juga akan mengurangi penularan di masyarakat, sehingga situasi epidemiologi di dalam negara dan antarnegara dapat lebih terkendali. "Dengan terbatasnya penularan di masyarakat, maka kita dapat berharap bahwa kemungkinan terjadinya mutasi baru dapat lebih kecil," katanya.

Vaksinasi Tanpa Suntik

Tjandra berharap akan makin banyak varian obat Covid-19 oral yang dapat digunakan pada 2022, misalnya Molnupiravir buatan Merck dan juga Paxlovid buatan Pfizer yang sebagian sedang diupayakan ada di Indonesia.

Tahun ini kedua obat tersebut akan makin banyak diproduksi luas dan digunakan di dunia. Selain itu, dia juga berharap akan ada lagi obat Covid-19 yang mungkin juga akan ditemukan dan digunakan di dunia, baik yang suntikan maupun yang oral.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement