Cara Menghapus Akun Google Permanen Hanya dengan 4 Langkah

Cara menghapus akun Google permanen sebenarnya tidak sulit, bahkan bisa hanya membutuhkan empat langkah. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.
Image title
3 Agustus 2021, 11:33
Cara Menghapus Akun Google Permanen Hanya 4 Langkah, Cara menghapus akun Google permanen, cara menghapus akun Google, cara menghapus akun Google di hP
Katadata/Pingit Aria
Pengunaan Google di HP

Setiap pengguna internet pasti sudah akrab dengan Google. Mesin pencari yang satu ini memang hadir dengan berbagai fitur yang mempermudah penggunanya. Mulai dari email yang bisa digunakan secara gratis sampai akses tak terbatas untuk berselancar di dunia maya. Dalam mengakses berbagai layanan yang ada di Google, setiap pengguna internet akan terintegritas dengan akun Google.

Akun Google ini yang akan memudahkan Anda untuk mengunjungi berbagai layanan yang dimiliki Google. Meskipun sangat memudahkan pengguna internet, masih banyak orang yang belum mengetahui cara menghapus akun Google permanen. Alasan untuk menghapus akun Google tentu saja sangat beragam. Salah satunya karena sudah memiliki akun Google lebih dari satu sehingga akun lainnya tidak diperlukan lagi.

Cara Menghapus Akun Google Secara Permanen

Untuk menghapus akun Google secara permanen sebenarnya tidak sulit, bahkan hanya membutuhkan empat langkah saja. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini.

Langkah 1: Membuka akun Google yang akan dihapus

Langkah pertama dari rangkaian cara menghapus akun Google permanen yaitu buka akun Google dengan menggunakan browser. Anda bisa menggunakan browser Google Chrome di PC, laptop, tablet, atau hp, agar prosesnya semakin cepat. Google Chrome memiliki tampilan yang bersih dan sederhana sehingga mempermudah proses penghapusan akun.

Advertisement

Pada halaman pertama Google Chrome, Anda bisa lihat pojok kanan atas, biasanya ada lingkaran dengan foto profil atau inisial dari akun Google tersebut. Klik ikon tersebut, lalu klik menu “kelola akun Google Anda”.

Langkah 2: Buka menu Data & Personalisasi

Setelah berhasil masuk ke akun Google, cara menghapus akun Google di hp secara permanen berikutnya yaitu masuk ke menu "Data & Personalisasi". Pada menu ini Anda bisa melihat segala aktivitas dari akun tersebut, seperti riwayat pencarian.

Langkah 3: Pilih Hapus Layanan atau Akun Anda

Langkah selanjutnya sebagai bagian dari cara menghapus akun Google permanen yaitu memilih opsi “Hapus Layanan atau Akun Anda”. Caranya dengan masuk pada menu "Data & Personalisasi", kemudian pilih “Download, hapus, atau buat rencana untuk data Anda” dan klik “Hapus layanan atau akun Anda”.

Langkah 4:  Hapus akun

Cara menghapus akun Google terakhir yakni dengan klik hapus akun Anda yang ada di menu “Hapus Akun Google Anda”. Setelah itu, akun Google beserta dengan data-data lain seperti email, foto, atau dokumen akan hilang secara permanen.

Risiko Jika Akun Google Dihapus Permanen

Menghapus akun secara permanen berarti Anda siap dengan risiko yang akan ditimbulkan ketika akun tersebut hilang selamanya. Karena akun Google terhubung dengan berbagai layanan Google lainnya, maka ketika akun tersebut hilang Anda tidak bisa mengakses layanan Google lainnya. Berikut ini beberapa hal yang akan hilang jika Anda menghapus akun Google secara permanen.

  1. Data-data dari layanan Google seperti Gmail, Google Kalender, dan dokumen lainnya yang ada di akun tersebut akan hilang.
  2. Anda tidak bisa mengakses layanan dari Google seperti Google Email, Google Drive, Google Kalender, dan Google Play menggunakan akun tersebut.
  3. Berbagai layanan dan konten berbayar yang Anda beli menggunakan akun tersebut seperti YouTube dan Google Play tidak akan bisa diakses lagi menggunakan akun tersebut, dan mengharuskan Anda untuk berlangganan lagi menggunakan akun lain.
  4. Data-data yang ada di Googel Drive juga akan hilang.
  5. Kontak atau nomor hp yang tersimpan di akun tersebut akan hilang.
  6. Tidak bisa mengunduh aplikasi di Google Play Store menggunakan akun tersebut.

Itulah empat langkah menghapus akun Google permanen yang perlu Anda ketahui beserta dengan berbagai risiko yang akan dapatkan jika menghilangkan akun tersebut selamanya. Akan tetapi jangan khawatir, karena Anda bisa tetap menggunakan layanan dari Google dengan membuat akun baru atau menggunakan akun lain. Karena data-data akan hilang setelah Anda menghapus akun, makanya pastikan Anda sudah mengunduh atau backup seluruh data penting yang ada di akun tersebut, sehingga data yang ada di akun tersebut tetap Anda miliki.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait