Materi Kingdom Protista dan Contoh Soalnya

Siti Nur Aeni
24 September 2021, 13:36
Materi Kingdom Protista dan Contoh Soalnya
pixabay.com
Ilustrasi protozoa

Kingdom protista atau prototisca ditemukan disebut-sebut sebagai makhluk hidup pertama. Pada tahun 1860an John Hogg mengamati protista pertama kali dan melihatnya sebagai bentuk uniseluler primitif dari hewan dan tumbuhan. Kemudian tahun 1866 Ernst Haeckel mengusulkan nama protista pada organisme tersebut.

Mengutip dari Atrium Pendidikan Biologi, protista adalah organisme eukariotik, uniseluler, dan tidak mempunyai jaringan sebenarnya. Sementara itu ciri-ciri morfologis dan fisiologisnya mirip dengan jamur, tumbuhan, dan hewan.

Ciri-Ciri Protista

Untuk lebih memahami tentang kingdom protista, maka kita harus terlebih dahulu mengenal ciri-ciri khususnya. Pada penjelasan di buku “Biologi untuk SMA/MA Kelas X”, ciri-ciri protista sebagai berikut:

1. Struktur tubuh

Umumnya protista merupakan uniseluler atau bersel satu. Namun ada juga yang memiliki banyak sel atau multiseluler. Stuktur selnya sangat sederhana dan biasanya memiliki mitokondria untuk pembangkit energi.

2. Cara hidup

Kelompok organisme ini umumnya masuk dalam ketegori aerob atau membutuhkan oksigen. Namun ada juga yang bersifat anaerob atau tidak membutuhkan oksigen. Sedangkan jika dilihat cara mendapatkan makanan, protista terbagi menjadi heterotrof dan fotoautotrof.

Makhluk hidup ini biasa hidup bebas atau bersimbiosis dengan makhluk hidup lain baik simbiosis mutualisme, komensalisme, atau parasitisme. Protista yang hidup sebagai parasit biasanya menyebabkan beberapa penyakit pada makhluk makhluk hidup lain.

3. Habitat dan reproduksi

Tempat tinggal makhluk ini ada di daerah yang berair, tanah basah, sampah, dedaunan, dan area lain yang cukup lembap. Beberapa jenis protista memiliki alat gerak seperti flagela, silia, dan kaki semu.

Sebagian lagi memiliki pigmen klorofil. Sehingga bisa berperan sebagai produsen dalam rantai makanan. Protista berkembang biak secara seksual melalui konjugasi dan aseksusal melalui pembelahan biner.

Klasifikasi Protista

Protista merupakan kelompok makhluk hidup yang terbagi menjadi tiga kategori yaitu protista mirip jamur, tumbuhan, dan hewan. Bagi kehidupan, kelompok ini memiliki peran tersendiri. Mengutip dari buku “Biologi untuk SMA/MA Kelas X”, berikut ini penjelasan lengkap terkait klasifikasi protista dan peranannya.

Protista Mirip Jamur

Bagian yang pertama yaitu tentang protista mirip jamur terdiri dari jamur lendir dan jamur air. Kemiripan tersebut bisa dilihat dari tipe hidup sama seperti jamur. Untuk lebih memahaminya, berikut ini penjelasan tentang jamur lendir dan jamur air.

1. Acrasiomycota

Jamur lendir seluler atau Acrasiomycota biasanya ditemukan di air tawar, tanah lembap, seresah daun, dan tumbuhan atau batang roboh. Jamur ini bisa menghasilkan sel yang bernama amoeboid. Ketika sel-sel tersebut berkumpul nantinya akan membentuk myxamoeba.

Acrasiomycota bergerak dengan kaki semu. Selain berfungsi sebagai alat gerak, kaki semu ini juga berperan untuk mematikan mikroorganisme lain.

Saat memasuki masa reproduksi aseksual, jamur lendir jenis ini akan membentuk tubuh buah. Kemudian tubuh buah tersebut menghasilkan spora untuk reproduksi sesksual.

Fase haploid merupakan tahapan yang paling mendominasi seluruh siklus hidup protista ini. Contoh acrasiomycota yaitu Dictyostelium discoideum.

2. Myxomycota

Protista mirip jamur selanjutnya yaitu myxomycota atau jamur lendir plasmodial. Jamur ini biasa ditemukan pada hutan basah, batang kayu busuk, tanah lembap, sampah basah, dan kayu yang sudah lapuk.

Ciri-ciri myxomycota yaitu tubuhnya berwarna cerah (kuning atau orange) dan mempunyai struktur vegetatif berupa lendir.

Jamur lendir plasmodial bisa menghasilkan sel hidup bebas bernama Amoeba saat fase vegetatif. Yang membuatnya mirip dengan jamur yaitu proses reproduksinya. 

Reproduksi seksual protista mirip jamur ini yaitu dengan cara singami sedangkan reproduksi aseksual menggunakan spora.

Dalam siklus hidupnya, jenis jamur lendir ini memiliki kumpulas sel amoeboid bernama plasmodium. Fase diploid medomoniasi dalam siklus hidup jamur lendir tersebut. Contoh Myxomycota yaitu Arcyria, Laycogala, dan Physarium.

3. Oomycota

Oomycota atau jamur air memiliki hifa tidak bersekat melintang (seonositik) dan memiliki cabang. Tempat tinggal jamur air ini ada di tempat lembap atau di air. Sebagian bersifat saprofit dan sebagian lainnya bersifat parasit.

Meskipun namanya jamur air, namun protista ini tidak masuk dalam kingdom fungsi karena memiliki beberapa perbedaan.

Pertama dilihat dari pengusun dinding selnya. Dinding sel oomycota terbuat dari selulosa sedangkan fungi dari polisakarida. Kedua, protista mirip jamur ini bisa bergerak menggunakan flagela sedangkan fungi tidak bisa.

Jamur air ini bereproduksi secara aseksual  menghasilkan zoospora. Sedangkan reproduksi seksualnya terjadi ketika gamet jantan dan betina bersatu.

Protista Mirip Tumbuhan

Masih mengutip dari buku “Biologi untuk SMA/MA Kelas X”, klasifikasi protista selanjutnya yaitu kelompok yang memiliki kemiripan dengan tumbuhan.

Kelompok tersebut biasanya disebut juga dengan algae. Untuk lebih mengenal apa itu algae? Berikut ini ciri-ciri dari protista mirip tumbuhan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...