Ikan Badut, Si Kecil yang Lincah dan Berwarna Cerah

Siti Nur Aeni
4 November 2021, 10:21
Penampilan ikan badut yang cantik dan berwarna cerah, sehingga banyak orang yang menyukainya.
pixabay.com
Penampilan ikan badut yang cantik dan berwarna cerah, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Ikan badut atau clownfish menjadi ikan hias yang populer. Ikan ini pernah diangkat dalam film animasi berjudul Finding Nemo. Ikan hias ini dikenal juga dengan nama ikan giru. Ikan ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dan menambah kenekaragaman hayati bawah laut Indonesia.

Berdasarkan penjelasan di buku “Aneka Ragam Ikan Air Laut dan Air Tawar”, dijelaskan bahwa ikan memiliki kurang lebih 29 jenis dengan 19 jenis termasuk genus Amphiprion dan satu lainnya masuk dalam genus Premnas.

Kedua genus tersebut memiliki penampilan yang cantik. Hal yang membedakan yaitu pada Premnas memiliki duri preoperkularis di bawah mata.

Ciri-ciri Ikan Badut

Ikan hias ini memiliki ciri fisik yang mudah dikenali. Dalam buku “Aneka Ragam Ikan Air Laut dan Air Tawar” diterangkan bahwa umumnya ikan ini memiliki warga cerah dengan tubuh belang-belang putih. Ukurannya juga relatif kecil sekitar 10 – 15 cm, dengan sisik yang relatif besar dan sirip dorsal yang unik.

Dalam karya tulis yang dipublikasikan dalam repository.unair.ac.id, ciri-ciri ikan badut sebagai berikut.

1. Bentuk dan warna tubuh

Ikan giru memiliki bentuk badan bulat, panjang, dan pipih. Ukurannya kecil dan gerakannya lincah. Selain itu, ikan ini juga memiliki warna yang terang dengan corak yang cantik. Ikan ini memiliki warna dasar oranye dengan corak belang dibagian kepala, badan dan pangkal ekor.

2. Bentuk mulut dan sisik

Ciri-ciri ikan badut lainnya bisa dilihat dari bentuk mulut dan sisiknya. Ikan ini memiliki tipe mulut terminal dengan ukuran kecil. Sementara itu sisiknya berukuran besar dan stenoid.

Pipi dan operkulum ikan ini juga bersisik. Gurat sisinya memanjang sampai ke bagian belakang dasar sirip punggung dan berlanjut ke dasar ekor. Pre-operkulumnya bergerigi dengan tepi sirip ekor berlekuk.

Jenis ikan hias ini memiliki satu sirip punggung yang terdiri atas 9 – 14 jari keras, 11 – 18 jari lemah, dan sirip dubur terdiri atas 2 -3 jari. Jari-jari keras sirip punggung tidak sama panjang. Sedangkan sirip ekornya berbentuk bundar.

Habitat Ikan Badut

Ikan giru merupakan ikan hias yang hidup di dalam laut. Menurut penjelasan di sebuah karya tulis yang dipublikasikan dalam repository.unair.ac.id, habitat ikan dengan nama latin Amphiprion ocellaris biasanya hidup di terumbu karang atau laguna terlindungi dengan kedalaman maksimal 15 meter.

Ikan ini biasanya ditemukan di utara Australia, Asia Tenggara, dan Jepang. Di Indonesia, ikan guri biasanya ditemukan di perairan Aceh, Belitung, Lampung, Labuan, Pelabuhan Ratu, Kepulauan Seribu, Teluk Jakarta, Bawean, Binuangeun, Jepara, Bali, Flores, Irian Jaya, dan Maluku.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...