13 Cara Menghilangkan Stres yang Harus Diketahui

Siti Nur Aeni
8 Oktober 2021, 11:25
13 Cara Menghilangkan Stres yang Harus Diketahui
pixabay.com
Ilustrasi perempuan yang mengalami stres

Pandemi bukan hanya menyebabkan gangguan kesehatan fisik, namun juga menyebabkan beberapa orang mengalami gangguan kesehatan mental. Menurut data, banyak pekerja yang mengalami stres selama pandemi karena adanya perubahan rutinitas kerja. Jumlahnya bahkan mencapai 55 persen.

Advertisement

Kondisi tersebut tentu tidak bisa dibiarkan perlu adanya penanganan yang tepat agar kondisi mental kembali baik. Maka dari itu, kita harus memahami cara menghilangkan stres dengan tepat.

Definisi Stres

Namun sebelum mempelajari cara untuk mengatasi stres, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu definisi dari stres. Menurut penjelasan di Cakrawala Pendidikan, stres adalah tekanan atau sesuatu yang menekan diri individu. Tekanan tersebut menyebabkan ketidakseimbangan harapan dan kenyataan.

Sedangkan dalam Jurnal Edukasi 2(2), definisi stres terbagi menjadi empat macam, berikut penjelasannya.

  • Stres sebagai stimulus

Stres sebagai sebuah stimulus maksudnya kondisi tekanan yang terjadi apabila individu tersebut menjadi bagian dari lingkungan penyebab stres. Misalnya saat menjelang hari raya, kemudian stasiun sangat padat. Individu yang ada di stasiun tersebut, baik petugas atau penumpang yang sulit menghindari situasi tersebut bisa mengalami stres.

  • Stres sebagai respon

Maksud dari definisi ini yaitu kondisi stres yang terjadi akibat respon atau reaksi individu terhadap stressor. Respon tersebut bisa dalam bentuk rasa cemas, panik, malu, gugup, denyut nadi lebih cepat, mual, mulut kering, keringat dingin, dan respon lainnya.

  • Stres sebagai interaksi individu dengan lingkungan

Dalam konsep ini stres tidak hanya dipandang sebagai stimulus atau respon saja. Stres diartikan  sebagai proses individu sebagai pengantar yang aktif dan memberikan pengaruh stres melalui perilaku kognitif atau emosional.

Sebagai contoh ada kondisi lingkungan atau stressor yang sama, namun ditanggapi berbeda oleh tiap individu. Ada yang menganggap hal tersebut bukan penyebab stres, namun ada juga yang menanggapi sebagai penyebab stres.

  • Stres sebagai hubungan individu dengan stressor

Stres ini terjadi ketika stressor berasal dari dalam individu tersebut. Misalnya seseorang yang mengalami konflik internal menyebabkan mudah stres.

Dari beberapa definisi di atas, maka bisa disimpulkan bahwa stres merupakan sebuah respon dari individu akibat kondisi yang kurang menyenangkan.

Penyebab Stres

Tekanan yang dirasakan oleh seseorang tentu saja ada penyebabnya. Menurut penjelasan di dinkes.bantulkab.go.id, stres bisa disebabkan oleh berbagai sumber mulai dari kondisi fisik, psikologis, atau kondisi sosial. Penyebab stres inilah yang kemudian disebut sebagai stressor.

Dalam website tersebut juga dijelaskan ada dua macam kejadian yang menyebabkan stres.

  1. Daily hassles: kejadian kecil yang berulang sehingga menyebabkan stres. Misalnya masalah di tempat kerja, sekolah, dan lain sebagainya.
  2. Personal stressor: sebuah kondisi yang terjadi pada diri sendiri. Misalnya kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terkasih, masalah keuangan, masalah pribadi, dan sejenisnya.

Cara Menghilangkan Stres Menurut Psikologi

Setelah mengetahui definisi dan penyebab stres, maka kini beranjak pada pembahasan tentang cara mengatasi stres menurut psikologi. Mengutip dari Jurnal Ummul Qura 13(1), berikut ini cara untuk melakukan manajemen stres.

1. Meditasi

Meditasi diketahui bisa menjadi cara mengatasi stres yang tepat. Jenis meditasi yang bisa dilakukan antara lain yoga, relaksasi progresif, konsentrasi pada hal-hal yang baik, dan sejenisnya.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa meditasi bisa menyebabkan fisik menjadi lebih tenang. Dengan demikian, pikiran juga bisa ikut tenang dan tubuh berada dalam kondisi seimbang.

2. Melakukan latihan relaksasi autogenik

Relaksasi autogenik merupakan kondisi tenang yang muncul dengan sendirinya. Pelatihan ini berpusat pada gambaran perasaan yang dihayati dengan kejadian tertentu.

Proses tersebut kemudian dikaitkan dengan ingatan sehingga menimbulkan kenangan sebagai pengambaran perasaan. Latihan ini akan membuat tubuh kita bisa menghadapi peristiwa menegangkan dengan tetap tenang.

3. Melakukan latihan relaksasi neuromuscular

Relaksasi neuromuscular merupakan latihan sistematis untuk melatih otot dan sistem saraf. Latihan ini bertujuan untuk mengurangi otot tegang. Dengan demikian tubuh akan lebih rileks.

Cara Mengatasi Stres Melalui Hal Sederhana

Selain ketiga tiga poin yang sudah disebutkan, ada juga cara menghilangkan stres pikiran dengan melakukan hal-hal sederhana. Mengutip dari hellosehat.com dan alodokter.com, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Mencoba tersenyum

Tersenyum bisa menjadi upaya untuk menghilangkan stres. Menurut penelitian di Pshycological Science menyebutkan bahwa tersenyum bisa menyebabkan stres berkurang.

Lakukan senyum walaupun terpaksa sebab dengan tersenyum otot wajah akan berubah. Tersenyum juga akan membuat mood berubah menjadi lebih baik.

2. Bermain bersama hewan peliharaan

Memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing ternyata bisa mengurangi stres. Dengan membelai, memeluk, atau menyentuh hewan kesayangan, ternyata bisa meningkatkan hormon serotonin dan dopamin. Kedua hormon tersebut bermanfaatkan untuk menenangkan pikiran dan otot.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement