Ulasan Tentang Hewan Ovipar yang Perlu Dipahami

Siti Nur Aeni
13 Desember 2021, 15:14
Ayam kalkun salah satu contoh hewan ovipar
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Ayam kalkun salah satu contoh hewan ovipar

Kita mungkin sudah tidak asing dengan ayam, itik, burung, dan jenis hewan bertelur lain. Kelompok hewan tersebut dikenal juga dengan nama hewan ovipar.

Secara umum hewan berkembang biak akibat adanya pertemuan sel kelamin jantan dan betina. Cara berkembang biak tersebut dikenal dengan sebutan perkembangbiakan generatif.

Dalam kingdom animalia, perkembangbiakan generatif secara umum terbagi menjadi tiga kelompok yaitu hewan ovipar, vivipar, dan ovovivipar. Ketiganya mempunyai ciri khusus yang berbeda satu dengan lainnya.

Pada artikel kali ini, kita akan mengulas tentang hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur atau ovipar. Berikut penjelasan lengkapnya.

Mengenal Hewan Ovipar

Menurut penjelasan di “Modul Sistsem Reproduksi Manusia dan Hewan”, kelompok hewan yang berkembang biak secara ovipar adalah hewan yang perkembangbiakan seksualnya ditandai dengan betina dan jantan melepaskan sel benihnya di luar tubuh dan fertilasi terjadi di luar tubuh. Sistem reproduksi ini tidak terjadi kopulasi dan sel telur yang dilepas di luar tubuh sangat permiabel.

Sementara itu, dalam buku “Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI Paket A”, hewan ovipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Hewan yang bertelur adalah hewan betina dan dikenal juga sebagai induk.

Kelompok hewan ini akan mengeluarkan telur dari tubuhnya. Dalam telur terdapat embrio yang memperoleh cadangan makanan dari dalam telur tersebut. Kemudian telur akan menetas dan menghasilkan individu baru.

Ciri-ciri Hewan Ovipar

Kelompok hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur bisa diketahui dari ciri-ciri yang dimilikinya. Mengutip dari buku “Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI Paket A”, berikut ciri-ciri hewan ovipar.

  1. Mengerami telurnya.
  2. Tidak mempunyai daun telinga.
  3. Tidak mempunyai kelenjar susu.
  4. Tidak menyusui anaknya.

Contoh Hewan Ovipar

Dalam buku “Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI Paket A”, juga dijelaskan hewan ovipar terbagi menjadi beberapa kelompok. Berikut ini penjelasannya.

1. Kelompok Unggas

Kelompok unggas yang termasuk dalam hewab bertelur antara lain; ayam, itik, angsa, dan burung. Pada kelompok ini, sistem perkembangbiakannya diawali dengan induk bertelur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...